Keuntungan dan Keunggulan Menjadi Seorang Karyawan atau Pegawai

Keuntungan menjadi karyawan dan pegawai

Selama ini, menjadi karyawan seakan menjadi nomer sekian untuk dipilih sebagai karir impian. Banyak orang yang berfikir bahwa menjadi karyawan akan menjauhkan kita dari kesuksesan dan kaya raya.

Benarkah demikian? Tentu hal ini akan berkebalikan dengan kita yang telah memiliki mental sebagai pebisnis.

Memang, memiliki bisnis yang sukses menjadi keinginan banyak orang. Tetapi, tidak ada salahnya, loh, untuk menjadi karyawan. Andapun memiliki kesempatan untuk menjadi seseorang yang kaya dan sukses.

Sejatinya, seorang karyawan merupakan orang yang bekerja untuk menjalankan bisnis yang dimiliki oleh pengusaha. Dan pengusaha itulah yang membuka peluang kerja bagi pegawai atau karyawan tersebut.

Meskipun demikian, bukan berarti orang yang menjadi karyawan tidak bisa menjadi pengusaha. Banyak sekali cerita inspiratif bahwa pebisnis sukses merintis ide bisnisnya dimulai ketika menjadi karyawan.

Pada dasarnya, antara pebisnis dan karyawan itu memiliki peluang yang sama dalam menjalankan bisnis.

Keduanya sama sama memiliki kemampuan dalam menjalankan bisnis. Yang menjadi perbedaan dari dua hal tersebut adalah, pola pikir yang dimiliki serta keberanian dalam mengambil sebuah tantangan dan resiko.

Yang perlu anda ingat adalah, keduanya memang saling membutuhkan. Pengsaha butuh karyawan dan karyawan pun butuh “lahan” untuk dirinya.

Sebenarnya, menjadi karyawan itu memiliki banyak kelebihan. Apa sajakah kelebihannya? Kelebihannya antara lain adalah sebagai berikut:

#1 Dapat menikmati cuti

Cuti adalah hak istimewa yang dimiliki oleh karyawan. Ia memiliki jatah libur dan juga cuti dimana waktu tersebut ia dapat lepas tanggungjawab dan beban akan tempat bekerjanya.

Sementara menjadi seorang pebisnis tentusaja tidak dapat benar-benar libur, atau setidaknya tidak memiliki libur yang teratur. Hal ini dikarenakan besarnya tanggung jawab pebisnis terhadap jalannya usahanya.

#2 Minim Resiko

Ini merupakan kelebihan yang dirasakan oleh karyawan. Seorang karyawan tidak memusingkan keadaan ekonomi yang mempengaruhi bisnisnya, atau sedikit banyaknya konsumen, dan lain sebagainya.

Seorang karyawan akan mendapatkan gaji yang pas setiap bulannya tanpa perlu pusing memikirkan jalannya perusahaan.

Salah satu resiko kecil yang dirasakan karyawan adalah menerima PHK apabila keadaan perusahaan tersebut sedang buruk atau kinerja yang kita lakukan tidak baik.

#3 Dapat mengajukan cicilan dengan mudah

Memilih jangka waktu tenor cicilan KPR
Cicilan KPR

Taukah anda? Bahwa sebagai pegawai atau karyawan, anda akan dengan mudah disetujui oleh pihak bank atau lembaga keuangan lainnya untuk mengajukan cicilan.

Hal ini dikarenakan, anda karyawan memiliki gaji tetap dengan bukti pula berupa slip gaji. Dengan begitu, anda dinilai “mampu” untuk membayarkan cicilan yang ada disetiap bulan.

Inilah kelebihan atau keistimewaan anda apabila anda menjadi seorang karyawan. Kredibilitas anda cukup terjamin.

Simak juga ulasan terkait mengenai Alternatif pinjaman modal usaha selain KUR serta artikel menarik lainnya tentang tips mengajukan KPR bagi karyawan dan pegawai

#4 Jam kerja yang teratur

Bagi anda yang tergolong orang yang suka sesuatu terorganisir dan terjadwal, menjadi karyawan akan menyediakan hal tersebut.

Anda akan berangkat dan pulang pada waktu yang sama. Kalaupun anda pulang lebih dari jam yang seharusnya, anda akan diberikan gaji tambahan untuk uang lembur.

Hal ini akan berbeda apabila anda adalah seorang pebisnis dan bukanlah karyawan, maka jam kerja anda akan cenderung fleksibel dan tidak teratur.

#5 Terdapat jaminan hari tua atau dana pensiun

Ide bisnis menghasilkan saat masa pensiun
Bisnis saat masa pensiun

Apabila kita bekerja di perusahaan, kita akan memiliki dana pensiun yang akan diberikan pada akhir periode bekerja atau ketika kita berhenti bekerja yang diberikan sebagai pesangon.

Hal ini merupakan kelebihan juga bagi anda sebagai karyawan sehingga anda tidak perlu takut karena ini artinya anda memiliki tabungan dimasa mendatang dalam bentuk dana pensiun.

#6 Lebih fokus dan resiko stres yang cenderung kecil

Sebagai karyawan, kita pasti memiliki jobdesk yang menjadi fokus kita kerjakan sehingga kita dapat mengerjakannya dengan maksimal.

Dikarenakan fokus kita tidak terbagi, maka resiko stres yang kita miliki akan cenderung kecil.

Berbeda dengan pebisnis yang memikirkan hampir seluruh aspek yang ada pada usahanya sehingga memiliki resiko mengalami stres yang tinggi.

Beruntunglah anda yang menjadi karyawan karena hidup anda akan cenderung stabil.

#7 Murah dalam hal asuransi

Asuransi sangat penting diikuti untuk manajemen resiko. Sebagai karyawan, biasanya diwajibkan mengikuti program asuransi yang dipotong secara otomatis setiap bulannya.

Biasanya, iuran asuransi yang diberikan kepada karyawan juga kecil. Ini sangat menguntungkan bagi karyawan.

Itulah beberapa kelebihan yang bisa anda rasakan apabila anda menjadi seorang karyawan.

Menjadi seorang karyawan, bukan berarti anda tidak sukses dan tidak bisa kaya. Semua bisa dilakukan dan dicapai dengan cara dan metode yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat! salam sukses

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!