Keuntungan dan Kerugian Kredit Tanpa Agunan Online

BY AUTHOR

Pada zaman yang semakin berkembang seperti sekarang ini, dunia perbankan di Indonesia juga berubah pesat untuk memenuhi kebutuhan keuangan masyarakat. Berbagai tawaran produk yang diberikan bank kepada masyarakat ini juga semakin memiliki banyak ragam pula. Mulai dari produk pinjaman tunai hingga Kredit Tanpa Agunan (KTA) menjadi sebuah solusi bagi masalah keuangan yang masyarakat butuhkan. Bahkan agar lebih memudahkan masyarakat, bank dan lembaga-lembaga lainnya juga menawarkan produk pinjaman berupa KTA Online.

Pinjaman KTA secara online

Advertisement

Produk KTA secara online ini merupakan jenis kredit yang sedang booming saat ini. Bagaimana tidak, berbagai tawaran kemudahan yang terdapat pada layanannya membuat siapa saja tertarik untuk melakukan pengajuan KTA ini secara online. Produk ini merupakan jawaban kebutuhan masyarakat di jaman digital yang semuanya serba praktis tidak terikat waktu ataupun tempat.

Keuntungan apa sih yang dimiliki KTA online ini?

Tentu saja masyarakat memilih produk pinjaman secara kredit ini karena telah mengetahui beberapa keuntungan yang didapat dibandingkan prdoduk lainnya. Beberapa keuntungan yang dimiliki Kredit Tanpa Agunan Online ini yaitu:

  • Layanan yang diberikan saat memproses pengajuan kredit ini relatif cepat, yaitu hanya sekitar kurang dari 1 minggu saja.
  • Ketentuan dan syarat berupa dokumen pengajuan tergolong ringan untuk dilengkapi
  • Tanpa menggunakan kartu kredit
  • Gaji calon kreditur tidak ditentukan
  • Jika pelunasan dipercepat tidak akan terkena penalty atau biaya tambahan
  • Biaya administrasi tidak dijatuhkan dimuka, namun dipukul rata pada tiap angsuran pembayaran
  • Tenor bersifat fleksibel yaitu mulai dari 6 tahun hingga 1 tahun untuk meringankan angsuran
  • Keamanan terjamin dengan pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), untuk melaporkan jika nasabah merasa dirugikan.

Apakah kerugian dari KTA secara online?

Kemudahan yang diberikan produk KTA online di perkembangan teknologi ini tentunya sangat  memudahkan kebutuhan keuangan masyarakat. Namun setiap produk pinjaman terkait keuangan tentunya selalu memiliki segi positif dan negatif. Selain berbagai macam keuntungan yang sudah disebutkan diatas, Beberapa kerugian yang mungkin terdapat pada Kredit Tanpa Agunan ini bisa saja terjadi, yaitu:

  • Palfon/ pinjaman yang diberikan untuk nasabah hanya sekitar Rp. 10 juta saja
  • Area operasional saat ini juga masih belum meluas
  • Terdapat biaya keterlambatan angsuran pembayaran
  • Tidak memperoleh ansuransi

Berbagai penjelasan terkait keuntungan dan kerugian yang dimiliki oleh produk KTA online ini tentu saja menjadi sebuah daya tarik maupun penawaran kosong semata bagi lembaga peminjaman KTA itu sendiri. Bagian penting yang harus Anda perhatikan sebagai calon nasabah adalah selalu waspada dan mempertimbangkan bagaimana kemampuan finansial yang dimiliki. Artinya, berapapun jumlah pinjaman tunai atau kredit harus sesuai kemampuan untuk mencicil angsurannya tepat waktu.

Selain itu, perlu meneliti dan menimbang lagi terkait pada produk KTA online mana yang akan dijadikan sebagai tempat peminjaman. Terutama jika menemukan model Kredit Tanpa Agunan yang memiliki system bunga rendah atau syarat pengajuan yang sangat mudah. Karena bisa saja saat melakukan cicilan, jumlah besaran suku bunga berubah lebih besar dari jumlah kewajiban yang harus dibayarkan.

Baca juga : Pinjam Uang Lebih Gampang Untuk Modal Usaha

Terakhir, yang paling penting dari meminjam adalah mengembalikan. Dimanapun Anda mengajukan peminjaman, kedisiplinan membayar adalah kunci untuk kelancaran proses seorang kreditur. Jika Anda gagal bayar karena tidak tepat waktu, sangat memungkinkan nama Anda masuk dalam black list perbankan karena telah melakukan tindak kriminal.

Febriyana
Berpengalaman di bidang pemasaran dan menjadi bagian dari team pengembang aplikasi teknologi finansial (fintech)

2 KOMENTAR

  1. maap sy sebagai kerja cuci gosok baju..siang di rmh sy jualan warung kecil kecilan..sy mau pinjam tambahan modal pak..dan kapan cair nya pak ..sy mau pinjam lima juta aja pak ..tolong yah pak…trimaksih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

POST TERBARU