5 Langkah Tepat Saat Kehilangan Kartu Kredit Sebelum Disalahgunakan Orang Lain

Solusi kehilangan kartu kredit

Pernah mengalami kehilangan kartu kredit? Sebagian dari Anda mungkin pernah mengalaminya dan itu merupakan hal yang sangat menyebalkan.

Bagi yang sudah mengalami, hal pertama yang paling sering dirasakan adalah rasa panik akibat rasa terkejut pada kejadian tersebut. Masalahnya, sudah siapkah Anda ketika berada di posisi itu?

Tidak bisa dijawab sekarang, namun yang pasti hilangnya kartu kredit dapat terjadi pada kondisi apapun dan dimanapun. Karena itu, meskipun tidak sepenuhnya siap, setidaknya Anda sudah menyiapkan diri Anda terhadap hal terburuk.

Langkah bijak ketika anda kehilangan kartu kredit

Nah, apa saja yang mesti dilakukan ketika kehilangan kartu kredit? Ini dia ulasannya.

1. Ingat kapan terakhir menggunakan kartu kredit

Ya, hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika kehilangan kartu kredit adalah dengan mencoba mengingat kembali kapan Anda menggunakannya.

Rincinya, coba ingat kembali dan buat perkiraan jam berapa Anda memperkirakan kartu itu sebelum hilang? Jika tidak yakin, coba ingat kapan terakhir kali Anda melihat atau menggunakannya.

Jika Anda sudah tahu persis kapan Anda kehilangan kartu kredit itu. Selanjutnya, coba ingat kembali di mana Anda terakhir kali membawanya atau menggunakannya. Karena ha l itu akan memudahkan kita untuk menemukan kembali kartu itu. Kalaupun sudah tidak ada (setelah dikonfirmasi ke tempat hilangnya kartu), segera telepon bank.

2. Segera telepon pihak bank, lalu blokir kartu

Seperti yang sudah disebutkan di atas, hal selanjutnya yang mesti dilakukan adalah menghubungi pihak bank. Jangan khawatir bank tidak akan melayani permintaan Anda.

Sebab semua bank di Indonesia yang mengeluarkan produk kartu kredit sudah memberikan layanan khusus terhadap masalah ini sepanjang jam dan hari. Jika Anda belum memiliki nomor call center bank, segera cari tahu dengan browsing di internet atau bertanya pada kerabat.

Nanti, pada saat konfirmasi, biasanya bank akan menanyai identitas diri dan beberapa informasi lain sesuai kebutuhan.

Sebagai saran, coba tanya kepada pihak bank untuk mengecek apakah ada transaksi yang terjadi pada saat kartu kredit hilang. Jika tidak ada, sebagai langkah pengamanan, segera blokir kartu kredit untuk meminimalisir aksi pembobolan.

3. Buat laporan kehilangan di kantor polisi

Setelah melakukan konfirmasi kepada pihak bank, untuk mengaktifkan kembali atau membuat kartu baru, bank biasanya akan meminta Anda memenuhi beberapa persyaratan.

Salah satu yang paling sering diminta adalah membuat laporan kehilangan di kantor polisi sesuai domisili tinggal. Lakukan segera, agar pergantian kartu dapat dilakukan lebih cepat.

Caranya mudah kok, cukup datang ke kantor polisi terdekat dari tepat tinggal, lalu mereka akan memproses surat kehilangan yang diminta. Namun ingat, pembuatan surat tidak bisa diwakilkan, dengan kata lain Anda mesti datang sendiri.

Setelah polisi memberikan surat kehilangan yang diminta, segera fotokopi agar Anda memiliki salinan datanya. Lalu pergi ke bank dan bertemu customer service untuk meminta pergantian dan pengaktifan kartu kredit baru.

Prosesnya tidak lama, tidak sampai satu jam, yang penting segala persyaratan yang diminta sudah disiapkan. Sehingga si customer service tidak perlu ribet-ribet menyiapkan data lain atau meminta Anda datang kembali akibat ada persyaratan yang kurang.

4. Update akun yang berhubungan dengan kartu kredit lama

Apakah Anda menggunakan kartu kredit tertentu yang memberikan layanan pembayaran tagihan otomatis untuk tiap tagihan? Atau mungkin kartu Anda terhubung ke akun Paypal.

Kalau begitu, segera hapus atau update akun-akun itu. Kenapa? Karena bisa saja Anda masih memiliki tagihan yang datang ke nomor kartu kredit lama.

Selain itu, kalau Anda pengguna PayPal, bisa jadi orang yang mengirim uang masih belum mengetahui kalau Anda sudah menggunakan kartu kredit baru.

Karena itu, coba ingat kembali di mana saja Anda menghubungkan kartu kredit dengan layanan lain lalu segera update.

5. Cermati tagihan di kartu kredit baru anda

Sekali lagi, cek tagihan kartu kredit Anda, bahkan hingga saat tagihan kartu baru tiba. Dalam hal ini, centrausaha.com ingin mengingatkan Anda kalau tagihan kartu baru terkadang bisa lebih banyak dari biasanya. Karena ada kemungkinan tagihan yang belum dibayar atau terpending akibat hilangnya kartu kredit lama akan digabungkan dengan kartu baru tersebut.

Untuk selanjutnya, sebagai langkah antisipasi ketika hal serupa terjadi di lain hari. Mulailah untuk menuliskan nomor penting, mulai dari bank, rumah, dan nomor kartu kredit di tempat khusus untuk memudahkan Anda dalam penanganan pertama kartu hilang.

Nah, sudah tahu kan apa yang mesti dilakukan ketika kartu kredit hilang? Memang, momen tersebut bisa dibilang sangat menyebalkan. Namun, hal itu jangan sampai membuat Anda terjebak dalam rasa kesal. Utamakan kehati-hatian ketika menggunakan kartu kredit ya Sob!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *