Mengenal Tentang Instrumen Investasi SBR007

Instrumen Investasi-SBR007

Pemerintah terus menerus menciptakan inovasi untuk mendorong kesadaran masyarakat akan investasi. Kali ini, pemerintah menciptakan  sebuah tawaran untuk investasi khususnya disasarkan untuk milenial.

Instrumen investasi tersebut bernama SBR007 yang merupakan investasi obligasi negara yang kepanjangan dari Saving Bond Ritel dengan seri ke 007.

Kapan masa penawaran SBR007 ini? pemerintah menawarkan selama lima belas hari yakni sejak sebelas juli 2019 hingga dua puluh lima juli 2019. Pemerintah sendiri menargetkan setidaknya dua triliun dari penjualan instrumen investasi ini.

Apabila anda tertarik untuk membeli investasi ini, anda sebaiknya mengenalinya lebih jauh dengan memahami fakta-fakta sebagai berikut:

  1. Investasi mulai satu juta-an

Ini merupakan fakta pertama yang harus diketahui oleh semua kaula muda milenial, bahwa anda bisa berinvestasi surat berharga negara dengan modal hanya mulai satu juta rupiah. Maka, generasi milenial tidak perlu takut tidak mempunyai cukup uang ketika ingin melakukan investasi.

Apabila anda tertarik untuk berivestasi, anda bisa memesan surat berharga SBR007 ini melalui duapuluh mitra bisnis yang telah diberi amanat oleh pemerintah. Mitra tersebut ada mulai dari bank hingga fintech.

  1. Kupon minimal

Selanjutnya fakta yang perlu anda ketahui adalah SBR007 ini memiliki kupon mengambang yang mana mengacu pada BI 7 Day Reverse Repo Rate (7-DRRR). Apa maksutnya? maksutnya adalah besaran kupon Saving Bond Ritel ini akan disesuaikan dengan perubahan dari bunga acuan yang di update setiap tiga bulan sekali.

Tetapi, meskipun telah mengacu pada suku bunga bank Indonesia, ia memiliki kupon minimal yaitu sebesar 7,50 persen (6% 7-DRRR + spread 150 bps/ 1,50 persen). Apa maksut dari kupon minimal tersebut? artinya adalah nilai kupon tersebut tidak akan mengalami keanjlokan dibawah 7.50%. Adanya kupon minimal ini membuat anda tidak perlu khawatir untuk berinvestasi SBR007 ini.

  1. Early redemption

Early redemption merupakan solusi atas fakta bahwa investasi SBR007 tidak dapat diperdagangkan sewaktu-waktu. Dengan adanya fasilitas early redemption ini, maka anda dapat mencairkan obligasi surat berharga anda hingga lima puluh persen sebelum jatuh tempo. Sebagai catatan, fasilitas ini dapat diberlakukan untuk mereka yang memiliki jumlah model investasi sebanyak dua juta.

  1. Dijamin oleh negara

Ini merupakan keunggulan investasi ini dibandingkan dengan investasi lain. Terkadang, ada kekhawatiran yang mendera diri dikarenakan takut bahwa investasi yang diikuti palsu, bodong, atau akan merugikan.

Sedangkan  bila anda berinvestasi menggunakan SBR007 maka anda tidak perlu takut karena SBR ini dijamin oleh negara. Perlu diingat pula bahwa negara merupakan “perusahaan” yang sangat kecil kemungkinan mengalami kegagalan atau kebangkrutan. Misalkan akan mengalami hal semacam itu, kemungkinan yang ada sangatlah kecil.

  1. Nilai kupon mengecil

Telah dibahas diawal meskipun kupon dari SBR ini dipatok sebesar 7,50% yang mana angka ini berarti nilai kupon dari SBR itu lebih tinggi diatas bunga deposito bank, tetapi angka tersebut relatif kecil daripada SBR yang ditawarkan sebelum SBR seri 007 ini.

Misalnya, pada SBR006 lalu, nilai kupon yang ditawarkan yakni sebesar 7,95% dan pada SBR005 tingkatnya sebesar 8,15%. Nilai kupon yang terus menurun ini merupakan penyesuaian dengan pasar obligasi yang mana obligasi imbal hasil obligasi mengalami penurunan pula.

  1. Pendanaan untuk Pembangunan

Adanya investasi yang ditawarkan oleh pemerintah ini tujuannya yakni agar mendapatkan dana dari masyarakat demi kelancaran pembangunan di Indonesia. Pada SBR seri 007 ini, pemerintah menargetkan sebesar dua triliun rupiah yang mana hal ini untuk pembiayaan proyek pembangunan pada APBN 2019 nanti.

Jadi, ketika anda memilih untuk berinvestasi menggunakan instrumen obligasi ini, otomatis anda telah membantu kelancaran pendanaan untuk pembangunan negara Indonesia.

  1. Investasi jangka pendek

SBR007 merupakan investasi yang sifatnya jangka pendek. Masa penawaran dari instrumen investasi ini dibuka pada 11 juli 2019 dan kemudian akan ditutup pada 25 juli nanti.

Sedangkan jatuh tempo yang ada yaitu berlangsung selama dua tahun yaitu hingga tanggal 10 juli pada 2021. Maka dari itu investasi ini merupakan jenis investasi jangka pendek Ini baik karena anda tidak perlu menunggu hasilnya terlalu lama seperti ketika anda berinvestasi menggunakan investasi jangka panjang.

Itulah beberapa fakta yang harus anda ketahui tentang investasi menggunakan surat berharga negara SBR007, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi anda!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!