Emas vs Bitcoin: Investasi Mana Yang Lebih Baik dan Menguntungkan

Keuntungan investasi bitcoin dan emas

Antara investasi bitcoin dan emas mana yang lebih baik dan menguntungkan? Keduanya memang sama sama dari hasil menambang dan memiliki nilai yang sangat signifikan akan tetapi sangat berbeda karakternya.

Sudah terjadi sejak dahulu kala bahwa untuk melakukan transaksi menilai sebuah barang selalu menggunakan emas karena benda ini memiliki nilai yang tetap dan menjadi benda paling berharga.

Dahulu emas mulai dipergunakan sebagai alat tukar ketika emas dicetak berbentuk keping-keping koin. Pada masa sekarang emas dipergunakan sebagai perhiasan yang umumnya dipakai oleh wanita yang tentunya merupakan benda high end, dan juga emas dipergunakan untuk investasi yang sangat menjanjikan.

Jaman sekarang telah banyak terdapat transaksi digital salah satunya dengan menggunakan bitcoin. Apa itu bitcoin?

Bitcoin adalah uang elektronik yang di adakan pada sekitar tahun 2009, penemunya yaitu Satoshi Nakamoto menggunakan sebuah database untuk pendistribusiannya. Bitcoin adalah uang yang unik, ia tersimpan di wallet pada komputer anda.

Uniknya, jumlah uang bitcoin terbatas hanya hingga 21 juta di dunia. Untuk saat ini uang bitcoin ada pada versi beta dan akan terus menerus di kembangkan oleh penemunya.

Meskipun demikian, bitcoin sudah sangat tekenal dan banyak sekali perusahaan yang menggunakan bitcoin sebagai transaksi perusahaannya seperti Reddit, WordPress, dan lain sebagainya.

Kemudian kita mulai membandingkan antara emas dan bitcoin. Secara basik keduanya sama-sama didapatkan melalui proses penambangan.

Tentu saja anda telah mengetahui bahwa emas di dapatkan dengan cara menambang langsung di alam, sedangkan untuk penambangan bitcoin sendiri dilakukan secara digital.

Bagaimana prosesnya? yakni melalui memecahkan puzzle atau persoalan matematis yang mana ia memiliki level kesulitan dan algoritma tertentu.

Lantas bagaimana antara trading emas dengan trading bitcoin? Keduanya memiliki perbedaan di dalam hal transaksi harga.

Ketika akan menentukan harga bitcoin ada kecendurungan menggunakan perkiraan atau spekulasi. Sedangkan dalam menentukan harga emas ada faktor yang amat vital yang mana itu mempengaruhi pergerakan harga emas.

3 Analisa yang mempengaruhi nilai investasi bitcoin dan emas

Mari kita simak setidaknya ada tiga perbedaan antara transaksi bitcoin dan emas yang mana hal ini cukup berpengauh terhadap nilai investasi pada keduanya:

#1 Ketika terjadi krisis ekonomi, emas dapat memainkan peran dengan baik

investasi emas di bank syariah

Mungkin inilah salah satu hal yang sangat kentara dalam membedakan bitcoin dengan emas. Sejak zaman dahulu kala, bahkan sebelum ditemukannya uang, emas dianggap sebagai aset pelindung.

Uniknya ketika bahkan uang dapat mengalami penuruan nilai atau inflasi, emas nilainya tidak mengalami inflasi bahkan nilainya akan semakin tinggi.

Bagaimana dengan bitcoin? bitcoin tidak dapat seperti itu. Belum ada yang mengetahui bagaimana bitcoin memainkan perannya saat krisis ekonomi terjadi, karena saat tahun peluncurannya yaitu 2009 belum ada masalah pada moneter dunia.

#2 Dalam trading, keuntungan emas lebih jelas kentara

Trading Bitcoin VS Emas, Mana yang Lebih Untung?

Dolar AS sangat di pegaruhi oleh nilai harga emas, terutama pada dunia trading. Apabila ada di situasi dimana nilai USD semakin melemah yang diakibatkan karena tidak ada peningkatan dalam suku bunga, justru nilai emas makin meningkat.

Selain hal tersebut, nilai emas memang selalu cenderung naik setiap tahunnya.

Bagaimana trading bitcoin sendiri? perlu di ingat bahwa trading bitcoin hanya terlaksana antara penjual dan pembeli.

Sedangkan nilai profit dari bitcoin itu sendiri ditentukan dari selisih harga jual dan beli yang dilakukan penambang bitcoin dengan pembeli bitcoin itu sendiri.

Fakta tersebut menyebabkan harga bitcoin bisa sangat melonjak karena tidak adanya yang mengatur terkait harga bitcoin itu sendiri.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara belajar bisnis trading forex untuk pemula serta artikel menarik lainnya tentang tips memilih perusahaan investasi yang terpercaya.

#3 Ketiadaan regulasi menyebabkan bitcoin dapat di manipulasi

Keuntungan Kelemahan Resiko Investasi Bitcoin

Seorang penulis Currency Wars, Jim Rickards menyatakan bahwa bitcoin ini sebagai layaknya the oldest fraud in the book.

Tidak adanya alat pengendali atau regulasi menyebabkan bitcoin dapat dijual secara bebas tanpa ada limit harga alias dapat di manipulasi harganya.

Sedangkan emas sendiri sangat berbeda dengan bitcoin, investor akan lebih percaya dan merasakan aman apabila bertransaksi emas baik fisik dan non fisik, maupun memiliki emas itu sendiri di karenakan emas memiliki regulasi yang menjadi pengatur serta pelindung transaksi.

Dengan adanya regulasi ini pula, berarti harga emas dapat secara tidak langsung dikontrol berdasarkan permintaan pasar dan banyaknya ketersediaan emas.

Itulah perbedaan antara emas dan bitcoin. Meskipun emas tergolong alat transaksi konvensional, ia memiliki nilai yang cenderung stabil sepanjang waktu dan meskipun bitcoin merupakan alat transaksi yang tergolong baru tetapi tidak ada salahnya anda juga mencobanya.

Untuk menentukan instrument investasi ataupun trading apa yang anda pilih, tentunya hal ini adalah sangat subjektif.

Artinya bisa saja bitcoin lebih cocok untuk saya dan bisa saja anda sebaliknya. Semoga dengan adanya perbandingan di atas anda menjadi lebih bijak dalam menentukan. Salam sukses!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!