Pengertian Perusahaan Multinasional, Ciri, dan Contoh-Contohnya di Indonesia

Pengertian Perusahaan Multinasional Indonesia, Ciri, dan Contoh

Apakah perusahaan multinasional itu? Apasajakah contoh-contohnya? Perusahaan multinasional ialah suatu perushaan yang berada di banyak negara.

Biasanya, perusahaan ini sangatlah besar sehingga memiliki banyak kantor dan cabang di negara-negara lainnya.

Perusahaan multinasional juga disebut dengan PMN atau dalam bahasa inggris disebut sebagai Multinational Corporation (MNC).

Apakah negara kita memiliki perusahaan yang sudah berkelas multinasional? jawabannya adalah, Ya. Indonesia juga memiliki perusahaan bertaraf multinasional.

Lantas apasajakah ciri perusahaan multinasional/PMN/ Multinational Corporation ini? Ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  1. Kegiatan income generating-nya atau pendapatan perusahaan ini tanpa batas, atau dalam arti lain telah melampaui batas negara.
  2. Perusahaan Multinasional memiliki manajemen global yang mana tugasnya untuk mengkoordinasi cabang-cabang yang tersebar dibanyak negara.
  3. Umumnya perusahaan MN ini memiliki kontrol terhadap teknologi serta modal
  4. Mempunyai sistem modal ventura, lisensi, dan juga franchise dengan menggunakan sistem manajemen yang juga melampaui batas negara
  5. Umumnya mempunyai subkontraktor untuk kegiatan produksi
  6. Menempatkan afiliasi pada negara-negara yang telah maju
  7. Memiliki visi serta strategi yang berbasis global

Lalu apasajakah contoh perusahaan Indonesia yang telah mencapai level multinasional? Perusahaan-perusahaan tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

#1 Martha Tilaar Group

Anda tentu tidak asing dengan nama perusahaan ini. Ya, perusahaan ini merupakan perusahaan yang berasal dari Indonesia yang levelnya telah mencapai multinasional.

Merk ini telah masuk kategori Multinational Corporation dengan bukti bahwa ia telah masuk di sepuluh negara Asia Pasifik.

Bisnis yang awalnya dirintis oleh Dr, Martha Tilaar ini memang mengandalkan bahan-bahan alami asli Indonesia yang menjadi poin tersendiri sehingga dapat bersaing dipasar global.

#2 SidoMuncul

Nama perusahaan yang tak kalah familiar ditelinga kita ini ternyata berawal dari industri jamu rumahan yang berada pada kota Semarang.

Kini, ia telah menyentuh pasar ASEAN, Hongkong, Timur Tengah, dan bahkan hingga ke negeri Afrika! Setidaknya ada 250 produk yang merupakan unggulan dari SidoMuncul yang diterima baik di pasar global.

#3 Polygon

Polygon merupakan perusahaan sepeda yang berasal dari Indonesia. Produk yang menjadi favorit dan pilihan bagi masyarakat Indonesia itu sendiri ternyata telah mampu menembus pasar global.

Kini, produk dari Polygon sendiri telah menyentuh hingga enampuluh dua negara di seluruh dunia, bahkan pada German dan Perancis ada setidaknya lima puluh tokonya.

#4 Indomie

Makanan instan yang berasal dari Indonesia ini telah terkenal juga didunia. Makanan yang kerap menjadi andalan bagi anak kos Indonesia ini telah dijual di 80 negara di dunia. Pabrik-pabriknya terdapat di Kenya, Arab, Nigeria, dan lain-lain.

#5 Semen Indonesia

Selanjutnya adalah Semen Indonesia yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pertama yang telah berstatuskan PMN.

Semen Indonesia ini telah berhasil mengakusisi perusahaan asing dan telah sukses memasuki pasar ASEAN dan juga Asia Selatan.

#6 Garuda Food

Produk dari GarudaFood yang sering kita temui di supermarket-supermarket ini ternyata juga telah menembus pasar global.

Produk snacknya telah diterima di banyak negara di dunia. Bahkan, Perusahaan Garuda Food telah berhasil mengakusisi perusahaan asing dan juga mengakusisi pabrik gula Fuhua Jingjiang Yonghe.

#7 Freeport Indonesia

Perusahaan yang bergerak di bidang tambang dan eksplorasi yang mengandung tembaga, perak, dan juga emas ini memiliki wilayah operasi yang berada di dunia. Ketenaran Freeport dimata dunia tidak perlu diragukan lagi.

#8 Bank DBS Indonesia

Perusahaan yang bergerak dibidang logam mulia ini merupakan perusahaan dalam kategori perbankan. DBS Indonesia sendiri merupakan bagian dari grup DBS yang posisinya berada pada negara Singapura.

Baca juga info menarik tentang Pengertian audit manajemen tujuan dan ruang lingkupnya serta ulasan terkait mengenai fungsi dan tujuan manajemen sumber daya manusia.

#9 Unilever Indonesia

Produk dari Unilever ini sangat membanggakan karena ia telah memiliki banyak kantor cabang dan juga manajemen di banyak belahan dunia.

Anda pasti sudah tidak asing dengan produk ini karena hampir semua produk rumah tangga diproduksi oleh PT Unilever ini.

#10 Rohto Laboratories Indonesia

Perusahaan obat tetes mata ini telah mencapai level multinasional. Produk tetes matanya telah diterima oleh banyak masyarakat diberbagai negara di dunia.

Itulah definisi, ciri-ciri, serta sepuluh contoh dari perusahaan multinasional yang berada pada Indonesia. Semoga dengan adanya artikel ini, khususnya para pengusaha dan pebisnis menjadikan hal tersebut untuk motivasi serta inspirasi agar produknya dan perusahaannya mencapai pasar global.

Semua produk diatas pun memerlukan proses dan perjalanan panjang sebelu akhirnya berada pada level tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat, ya! Salam sukses.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!