Peluang Usaha di Saat Krisis Wabah Virus Corona Pandemi Covid 19

Peluang Usaha di Saat Krisis Wabah Virus Corona Pandemi Covid 19

Peluang bisnis dan usaha yang menjanjikan ataupun menguntungkan di saat menghadapi krisis ekonomi karena dampak wabah virus corona atau pandemic covid19 sebenarnya cukup banyak sekali apabila kita cermat dalam menganalisa situasi.

Sesuai dengan kebijakan pemerintah yang menganjurkan WFH (Work From Home) guna memutuskan penyebaran wabah virus berbahaya saat ini, maka mencari peluang usaha dengan cara bekerja di rumah adalah pilihan yang patut dipertimbangkan.

Krisis ini juga telah membuat beberapa perusahaan terpaksa merumahkan karyawan tanpa digaji penuh dan yang lainnya mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) secara besar besaran.

Namun, bagi kalian yang mengalami nasib ini jangan selalu berkecil hati. Masih banyak yang bisa di lakukan dari rumah supaya tetap dapat menghasilkan uang dengan mencoba peluang bisnis di tengah pandemi corona seperti ide ide di bawah ini.

7 Peluang Bisnis yang Bisa Dilakukan di Tengah Pandemi Corona

Apabila kita sebelumnya memang tidak memiliki bisnis atau usaha, maka bisa di coba saja mulai dengan menawarkan barang milik sendiri yang sudah tidak kita gunakan secara online, karena tren bisnis preloved saat ini juga makin populer lewat kampanye sustainable fashion yang digalakkan.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa peluang usaha yang menjanjikan untuk menghasilkan income di tengah adanya wabah pandemi corona yang melanda dunia.

#1 Bisnis Dropship, Usaha Online yang Menguntungkan dan Tanpa Modal

Cara kerja bisnis dropship

Bisnis dropship adalah salah satu jenis bisnis online yang sangat menguntungkan karena cukup praktis dilakukan tanpa modal sama sekali. Selain mudah dijalankan, bisnis online dengan system dropship juga tidak diperlukan untuk membeli stok barang terlebih dahulu.

Model bisnis ini cukup mudah dijalankan dengan cara menjual barang dari pihak supplier dan meneruskan kepada buyer bisa dengan menggunakan fasilitas gratisan sosial media ataupun situs marketplace seperti bukalapak, sophee lazada dll.

Namun masih banyak orang yang dalam hal ini belum paham perbedaan antara bisnis dropship dengan reseller. Jika reseller maka penjual harus terlebih dahulu menyediakan modal untuk membeli stok produk yang akan dipasarkan, sedangkan system dropship tak perlu melakukan yang demikian.

#2 Jadi influencer di Instagram

Cara mendapatkan uang melalui instagram

Sekarang ini tidak sedikit orang yang bekerja dari rumah saja sebagai Influencer. Dengan memiliki jumlah follower yang tinggi di Instagram, mereka bisa mencoba mengajukan kerjasama dengan perusahaan guna mempromosikan sebuah produk atau lebih dikenal dengan istilah endorsement.

Melalui setiap post dan story yang diupload, perusahaan yang bekerjasama akan membayar sesuai dengan perjanjian.

Murah atau mahalnya bayaran yang diterima sangat dipengaruhi oleh seberapa besar audience atau follower yang kalian miliki di Instagram.

Masih memiliki jumlah followers sedikit bukan satu alasan bagi kalian untuk bercita-cita menjadi seorang influencer. Ada banyak tips dan trik atau tutorial yang bisa kalian temukan di internet untuk mendapatkan followers instagram dengan cepat.

#3 Jual stock foto di internet

Sukses Bisnis Online Mengelola Blog

Ada banyak sekali situs di internet yang memberikan kalian akses untuk memperoleh foto-foto secara gratis ataupun berbayar. Situs seperti ini disebut sebagai stock website, sedangkan orang-orang yang berkontribusi mengirimkan karya grafisnya disebut stock artist.

Nah, jika kalian punya hobi dan skill fotografi, maka dengan cara ini kalian bisa menjual hasil foto kalian sebagai stock foto di situs-situs seperti ini: Shutterstock, Flickr, Unsplash dan lain-lain. Pekerjaan ini tentu terbilang mudah untuk mendapatkan uang saat kita semua di anjurkan tidak boleh keluar rumah karena adanya wabah covid 19 seperti sekarang ini.

Ingin mencoba daftar sebagai stock artist di Shutterstock, berikut link untuk mendaftarnya https://submit.shutterstock.com/?ref=255856039

Ini adalah contoh foto sederhana yang bisa menghasilkan uang dari situs Shutterstock silakan klik http://www.shutterstock.com/g/EXO+apewe?rid=255856039

#4 Dapatkan penghasilan dari Youtube

Mendapatkan Uang Dari YouTuBe

Sudah tidak asing lagi kalau sekarang banyak orang yang bercita-cita ingin menjadi Youtuber karena penghasilannya yang bikin ngiler.

Contohnya Atta Halilintar, dengan jumlah subscriber mencapai 20,4 juta orang, diestimasi dia tekag memiliki pendapatan menyentuh angka US$3,2 juta atau sekitar Rp 44,8 miliar per tahun atau kurang lebih 2 miliar per bulan. Penghasilan dari Youtube fantastis bukan?

Sebagai Content Creator Youtube kamu bisa mendapatkan uang dari internet serta kerjasama membuat konten bersponsor, bergabung dalam affiliate marketing atau menjual produk kamu sendiri di cahnnel Youtube kamu.

Untuk pendapatan Adsense di Indonesia, perhitungan kasarnya adalah kamu bisa mendapat sekitar Rp 7.000 rupiah per 1000 tayangan. Jadi kalau video yang kamu upload ke Youtube mendapatkan 1 juta views, artinya kamu memperoleh setidaknya sekitar Rp7.000.000. Angka yang lumayan banget bukan? Lebih dari UMR berkerja di Jakarta!

Untuk membuat video di Youtube pun sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu cuma butuh kamera (bisa menggunakan kamera HP), laptop atau komputer untuk edit video dan internet untuk mengupload video di akun youtube kalian.

#5 Bisnis Catering Menu Sehat Melayani Pesan Antar

Karena pemerintah menghimbau agar kita mengurangi kegiatan berkerumun di keramaian maka secara tidak langsung hal ini juga mempengaruhi pendapatan pada sektor usaha kuliner bagi yang memiliki bisnis tersebut.

Dari sini maka pilihan terbaik ialah dengan merubah system penjualan secara online atau pesan antar.

Usaha catering dengan menu sehat juga bisa memberi peluang lebih saat ini, mengingat setiap orang membutuhkan asupan gizi yang seimbang untuk menjaga kesehatannya ditengah adanya wabah pandemi virus corona yang melanda dunia.

#6 Produk Kesehatan Masih Dibutuhkan

Dalam situasi krisis seperti sekarang ini produk kesehatan dan sanitasi akan terus menjadi produk yang akan dicari oleh kalangan konsumen di masa pandemi.

Oleh karena itu sudah selayaknya konsumen akan tetap membutuhkan beragam produk kesehatan untuk menunjang produktivitas mereka supaya terjaga dan tetap dalam hidup yang sehat terhindar dari ancaman virus atau pemicu penyakit lainnya.

Kalian bisa mencoba menjual produk minuman kesehatan seperti jus bebas gula, ragam jamu-jamuan, vitamin kompleks, sabun cair, atau perlengkapan kebersihan rumah.

Selain itu selama wabah pandemi masih berlangsung, kalian juga tetap bisa menjual masker dan peralatan perlindungan diri lainnya yang dapat di jual ke rumah sakit dan sebagainya.

#7 Jual Kebutuhan Pokok Sudah Pasti Paling Dibutuhkan

Selama negara kita dilanda pandemi Covid-19, hal ini telah memicu terjadinya peningkatan penjualan kebutuhan bahan pokok di Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Grafik peningkatannya telah mencapai 100 persen dibanding hari biasanya. Hal ini di sampaikan oleh Kepala Bidang Distribusi Pangan atau Manajer TTIC Inti bahwa penjualan meningkat selama pademi karena TTIC sebagai alternatif untuk menyalurkan pasokan pangan di wilayah Jakarta.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Dampak Covid-19, Penjualan Kebutuhan Pokok di Toko Tani Center Naik 100 Persen”,

Dengan demikian, dalam menghadapai masa krisis karena dampak wabah virus corona di Indonesia, bagi para pebisnis atau pengusaha kebutuhan pokok adalah peluang bisnis paling menguntungkan saat ini.

Akan tetapi dengan kejadian ini pula bahwa segala bentuk kegiatan penimbunan kebutuhan pokok yang dapat memicu kelangkaan di pasar tentu saja merupakan tindakan melanggar hukum yang akan di tindak tegas oleh negara.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!