Advertisement

Peluang Usaha Agribisnis: 5 Jenis Bisnis Bidang Pertanian Berikut Ini Sangat Menjanjikan

Usaha bidang agribisinis pertanian yang menguntungkan

Peluang usaha agribisnis di bidang pertanian yang sangat menjanjikan dan menguntungkan khususnya bagi masyarakat Indonesia ini sebenarnya sangat banyak sekali mengingat wilayah atau letak geografisnya yang sangat tepat dan strategis berada di iklim tropis.

Negara kita tercinta Indonesia merupakan negara yang memiliki tingkat kesuburan yang tinggi karena adanya gunug yang mengelilingi negara kita ditambah dengan banyaknya bekas letusan gunung berapi yang mengeluarkan material berfungsi untuk menambah kesuburan tanah.

Contoh hasil pertanian adalah padi, jagung, sawit, dan berbagai sayuran serta buah-buahan lainnya. Mayoritas penduduk Indonesia adalah petani meskipun lahan untuk saat ini sudah semakin sempit karena adanya perluasan pemukiman dan bangunan yang berdiri.

Memilih usaha di bidang pertanian yang sangat menguntungkan untuk ditekuni

Dengan alasan bahwa sektor pertanian merupakan distributor pangan yang mutlak dibutuhkan untuk kelangsungan hidup masyarakat, selain bercocok tanam untuk bahan pangan pokok, berikut ini ada 5 peluang bisnis di bidang pertanian yang juga sangat potensial dan menjanjikan yaitu:

#1 Penyedia bibit tanaman berkualitas

Sebagai pemula yang belum mengenal usaha di bidang pertanian menjual bibit memang bukanlah hal yang mudah apalagi jika anda belum memiliki pengalaman sama sekali.

Tapi jangan langsung putus asa, anda bisa belajar dari berbagai penyuluhan yang biasanya dilakukan oleh dinas pertanian di lingkungan anda tinggal, selain itu bisa juga belajar melalui orang-orang yang memang memiliki keahlian di bidang bibit tanaman.

Bahkan saat ini informasi mengenai teknik dan cara pertanian modern sudah banyak tersedia di internet khususnya dari Youtube.

Jika anda sudah mahir menyediakan bibit yang berkualitas maka para petani sudah jelas akan berbondong bondong menuju lokasi pembibitan anda dan inilah peluang bisnis yang sangat menguntungkan untuk anda bidik.

Baca juga artikel lainnya tentang cara budidaya ikan nila dengan mudah di sekitar rumah serta ulasan terkait mengenai beberapa jenis usaha ternak yang menguntungkan di lahan sempit.

#2 Pertanian sayuran organik

Semakin banyaknya himbauan mengenai cara hidup sehat tidak hanya cukup dengan berolah raga saja tetapi juga ditunjang dengan makanan yang sehat.

Makanan organik adalah salah satu pilihan terbaik untuk saat ini karena penggunaan pupuk yang tidak terlalu banyak bahan kimia atau menggunakan pupuk organic, kemudian juga tidak menggunakan zat kimia pestisida dan peptisida.

Sehingga produk sayuran ini banyak diincar oleh masyrakat luas serta sudah banyak sajian makanan mewah juga menggunakan sayuran organik dibandingkan dengan yang non-organik.

Kandungan serat yang tinggi serta banyak zat-zat yang baik untuk tubuh dihasilkan dari tanaman organik ini. Selain itu tanaman organik bisa anda kerjakan dengan sistim hidroponik yang tidak perlu menggunakan media tanah yang luas. Cukup dengan media tanam yang sederhana sebagai cara penanamannya dan bisa dilakukan pada lahan yang sempit atau sekitar rumah anda.

#3 Budidaya tanaman hias

Tanaman hias merupakan salah satu pilihan usaha bidang pertanian yang sangat menguntungkan karena banyak orang yang menyukainya selain untuk mempercantik hunian, kantor atau sebagai spot area hijau di lokasi fasilitas taman umum perkotaan.

Banyak sekali jenis tanaman hias yang bisa dijadikan sebagai bisnis bahkan dengan jangkauan pasar yang luas seperti anggrek dengan berbagai bentuk dan warna yang menarik, kemudian beragam jenis tanaman yang dikerdilkan atau bonsai yang bisa tumbuh hanya berupa daun saja atau juga dengan buahnya.

Tanaman hias bisa dikelola dengan murah bahkan untuk saat ini juga bisa dengan cara hidroponik untuk menyiasati lokasi yang terbatas dan sempit.

#4 Distributor peralatan pertanian atau menyewakan

Dahulu alat-alat yang digunakan untuk menunjang pertanian tidak secanggih dan secepat saat ini. Misalkan saja dahulu membajak harus menggunakan tenaga sapi atau kerbau, saat musim panen tiba harus menggunakan ani-ani untuk memisahkan antara padi dengan jerami dan masih banyak alat tradisional lainnya.

Namun untuk saat ini sudah banyak alat yang digunakan untuk menunjang pertanian dengan teknologi modern seperti traktor, alat penanam bibit segala tanaman, alat pemisah padi dengan jerami dan masih banyak alat canggih lainnya yang berhubungan dengan pertanian.

Dengan demikian jika anda bisa menyediakan beragam alat pertanian ini dengan cara sewa ataupun menjulanya, tentu saja akan sangat membantu para petani untuk melakukan proses bertani dengan lebih cepat dan praktis.

Simak juga ulasan terkait mengenai peluang bisnis dan usaha yang cocok di kampung atau desa serta artikel menarik lainnya tentang cara budidaya belut menggunakan media drum.

#5 Konsultan dan ahli pertanian

Bagi anda yang masih kuliah ataupun yang sudah lulus di jurusan pertanian tidak ada salahnya apabila membuka usaha dibidang konsultan pertanian.

Karena saat ini pemerintah pun juga memberikan perhatian penuh pada sektor pertanian untuk bisa menghasilkan panen yang berkualitas dan bermutu tinggi.

Banyak pengetahuan yang anda miliki untuk diaplikasikan dan disalurkan kepada para pengembang tanaman agar para petani bisa menjadi lebih kreatif dalam mengelola lahan yang ada dengan pencapaian hasil panen yang melimpah. (centrausaha.com)

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!