Advertisement

Persiapan Modal Awal Untuk Buka Usaha Cucian Motor dan Mobil

modal yang diperlukan untuk buka usaha cuci motor dan mobil

Berapa modal yang diperlukan untuk buka usaha cuci motor dan mobil saat awal merintis bisnis ini tentunya akan tergantung dengan wilayah dimana anda ingin membukanya.

Karena harga setiap peralatan cuci motor sudah pasti akan berbeda pada masing masing daerah sehingga kisaran modal yang harus dipersiapkan juga tidak bisa dibuat secara pasti, akan tetapi pada umumnya hanya akan terpaut perbedaan sedikit saja.

Kiat sukses memulai usaha cuci motor yang sangat menjanjikan

Jumlah mobil dan motor kini semakin meningkat terutama di daerah perkotaan, sudah pasti dengan keadaan ini akan berpotensi membuka peluang bisnis yang menjanjikan.

Beberapa diantaranya ada yang membuka bengkel perbaikan untuk mobil dan motor, ada juag yang membuka usaha salon mobil, serta sebagian yang lain ada juga yang memanfaatkannya untuk membuka usaha cucian kendaraan.

Memang saat ini sudah banyak yang menjalankan bisnis ini, akan tetapi apapun alasannya konsumen tetap berhak memilih mana yang terbaik dari sisi pelayanan dan hasil kerja yang diberikan.

Sementara itu setiap awal merintis sebuah usaha jelas membutuhkan modal dan untuk jenis usaha cuci mobil dan motor sendiri minimal sudah bisa dimulai dengan anggran modal berfariasi antara 5 juta hingga 20 juta rupiah tergantung dari peralatan apa yang akan digunakan.

Semakin bagus alat yang menjadi sarana melayani cuci kendaraan maka akan menjadikan usaha anda tampak lebih professional sehingga konsumen akan lebih tertarik dan ingin mencoba hasilnya.

Berikut ini adalah beberapa peralatan cuci mobil dan motor yang bisa didapatkan dengan ketersediaan modal maksimum sampai 20 juta selain sewa tempat usahanya:

  • 1 Unit Hidrolik Mobil + Oli
  • 1 Unit Kompresor Portable “Mutipro/NLG” 2 PK
  • 1 Unit High Presure Sanchin SCN 30 + Dinamo
  • 1 Unit Tabung Salju Stainless 20 Liter
  • 1 Unit Vacum Cleaner NLG
  • 3 Unit Selang Spiral
  • 1 Unit Air gun Kompresor
  • 1 Unit Tyre Inflator
  • 4 Buah Lap Chamois
  • 30 Liter Shampo ice Cream
  • 10 Liter Semir Ban

Untuk yang memiliki modal terbatas maka masih dapat memperhitungkan option lainnya seperti tidak menggunakan peralatan hidrolik maupun tabung saljunya.

Sementara berjalan dengan peralatan pokok saja sambil mengamati prospek bisnisnya apabila menunjukkan peningkatan maka dapat juga mencoba mencari pinjaman dana modal usaha untuk mengembangkan.

Ketika usaha anda sudah berjalan minimal 2 bulan maka banyak sekali jenis pinjaman uang yang dapat anda ajukan pada lembaga keuangan atau perbankan seperti kredit KUR adalah salah satu produk pinjaman untuk pengusaha.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!