Mengajukan Permohonan Kartu Kredit Pertama Kali Pada Saat Yang Tepat

Di era sekarang ini memiliki sebuah kartu kredit adalah hal yang cukup berguna karena cukup banyak kebutuhan yang bisa diselesaikan dengan memakai fasilitas yang satu ini.

Bukan sekedar untuk melakukan transaksi pembayaran saja, bahkan dalam proses pengajuan pinjaman kepada lembaga keuangan, kepemilikan kartu kredit akan sangat membantu supaya dapat dengan mudah di setujui.

Tidak mengherankan apabila memiliki kartu kredit sekarang ini bisa menjadi prioritas bagi seseorang sudah mendapatkan pekerjaan atau penghasilan tetap.

Yang penting untuk diperhatikan adalah kapan saat yang tepat untuk mengajukan permohonannya.

Apabila Anda mengajukan kartu kredit di saat yang kurang tepat, kemungkinan akan sangat berpengaruh pada tagihan kartu kredit sehingga sangat membahayakan kondisi finansial Anda.

4 Hal yang perlu diperhatikan ketika mengajukan kartu kredit pertama kali

Jangan terlalu fokus pada persoalan diterima atau ditolaknya pengajuan kartu kredit Anda, alangkah lebih baik pastikan terlebih dahulu Anda sudah berada pada kondisi yang tepat untuk mempunyai kartu kredit.

Untuk itu simak empat poin penting berikut sebelum Anda mengambil keputusan mengenai kepemilikan katu kredit sebagai fasilitas penunjang transaksi keuangan Anda.

#1 Persyaratan usia minimal bagi pemohon

Pada umumnya pihak penerbit kartu kredit menerapkan peraturan bahwa usia minimal bagi pemegang kartu kredit utama adalah telah menginjak 21 tahun.

Akan tetapi ketika memasuki usia ini mayoritas seseorang itu masih baru saja menikmati pekerjaan tetap untuk pertam kalinya meskipun tidak pungkiri ada juga beberapa orang yang sudah memiliki penghasilan mapan di usia kurang dari 21 tahun.

Jadi apakah memasuki usia ini sudah bisa dikatakan waktu yang tepat untuk bisa mengajukan permohonan kartu kredit? Belum tentu, sebab pihak perbankan masih akan melakukan analisa mengenai kondisi keuangan Anda.

Dengan demikian, akan lebih baik jika Anda tidak terburu buru untuk memiliki kartu kredit meskipun persyaratan usia minimal telah memenuhi dan lebih disarankan agar Anda menata kondisi finansial terlebih dahulu sampai benar benar stabil setiap bulannya.

#2 Memiliki sumber pendapatan secara pasti dan kontinyu

manajemen keuangan yang baik bisnis usaha kecil

Faktor penting kedua dalam proses pengajuan kartu kredit ialah sudah memiliki sumber pendapatan keuangan yang tetap dan pasti.

Dalam hal ini pihak penerbit kartu kredit bukan bermaksud mempersulit pengajuan Anda, akan tetapi hanya untuk mengantisipasi bahwasannya Anda tidak akan menemui kendala mengenai pembayaran tagihan kartu kredit kedepannya.

Bagi para karyawan diberlakukan persyaratan harus dapat melampirkan bukti penghasilan atau slip gaji selama 2 sampai 3 bulan terakhir.

Selain itu, juga ditentukan bahwa minimal penghasilan pertahun harus kisaran antara Rp 36 juta sampai tidak terbatas menyesuaikan dengan jenis kartu kredit yang akan Anda pilih.

Kondisinya akan lebih baik lagi jika pendapatan Anda sudah di atas batas minimal penghasilan seperti persyaratan yang ditentukan oleh bank.

Sebagai contoh apabila pihak bank telah membuat ketentuan mengenai minimal penghasilan ialah Rp 3 juta per bulan, sehingga saat paling tepat anda mengajukan kartu kredit ialah ketika penghasilan Anda sudah mencapai minimal Rp 4 juta per bulan.

Dengan melakukan strategi ini kemungkinan peluang pengajuan Anda disetujui jadi akan lebih besar.

Berikutnya apabila Anda bukan seorang karyawan tetap sebuah perusahaan, maka pihak penerbit kartu kredit akan melihat rekening koran tabungan Anda beberapa bulan terakhir untuk memastikan kondisi arus keuangan Anda.

#3 Memiliki jumlah saldo rekening tabungan yang stabil pada sebuah bank

Cara mendapatkan rekening koran dari bank dan fungsi kegunaannya

Masih berkaitan dengan apa yang telah di singgung sebelumnya, bahwasannya pihak bank penerbit akan menganalisa catatan keuangan khususnya tabungan yang seringkali disebut dengan istilah rekening koran minimal 3 bulan terakhir.

Dengan demikian, sangat penting supaya Anda menjaga kondisi keuangan dalam saldo rekening tabungan tetap stabil.

Artinya, jangan sampai ada catatan pada bulan tertentu yang menunjukan bahwa saldo Anda sangat minim bahkan kurang dari batas minimal penghasilan perbulan.

Tentunya kondisi jumlah saldo dalam rekening tabungan yang stabil juga akan membantu meningkatkan kredibilitas finansial Anda, sehingga akan memberikan peluang besar pengajuan Anda akan disetujui oleh bank.

#4 Apakah kartu kredit ini sudah sangat Anda butuhkan?

Keuntungan yang di dapat dari menggunakan kartu kredit untuk transaksi keuangan

Pada poin yang ke empat ini adalah memastikan sekali lagi apakah anda sudah benar benar membutuhkan kartu kredit.

Jika Anda rasa dengan memiliki kartu kredit akan sangat membantu dalam aktifitas transaksi keuangan, maka tidak ada salahnya mengajukan permohonan kartu kredit yang paling tepat bagi kebutuhan Anda.

Banyak sekali jenis kartu kredit yang bisa Anda ajukan sesuai dengan beragam aktifitas sehari hari sehingga bisa diperoleh benefit yang memang bermanfaat dan tidak sia sia seperti contoh:

  • Kartu kredit Citi Premier Miles – Produk dari Citibank Indonesia ini menawarkan beragam keuntungan yang mengedepankan kenyamanan pemegangnya.

Apakah Anda ingin terbang gratis, mendapatkan lebih banyak rewards, tawaran cash back yang menarik, menikmati rewards points tanpa adanya masa kedaluwarsa, promo dari banyak brand ternama?

Maka dengan memilih jenis kartu kredit tersebut Anda bisa menikmati semua keistimewaannya sehingga cukup berguna menunjang aktifitas keuangan Anda.

  • Kredivo kartu kredit digital – Merupakan aplikasi di smartphone yang memudahkan Anda untuk membeli barang yang Anda inginkan sekarang dan bayar nanti dalam jangka waktu 30 hari tanpa bunga.

Jadi dengan menggunakan aplikasi kredivo ini bisa digunakan untuk membayar di merchant ecommerce seperti Lazada, Shopee, Bukalapak, Lazada, Tokopedia, JD.id, Blibli, dan 200+ merchant lainnya bagi Anda yang gemar berbelanja online.

Anda juga dapat mengajukan pencairan limit kredit untuk mendapatkan pinjaman uang tunai dengan proses mudah tanpa jaminan.

Dimana tempat paling tepat mengajukan kartu kredit?

Untuk mencari tahu mengenai cara kerja kartu kredit beserta prosedur yang dibutuhkan untuk memiliki kartu kredit tanpa harus mendatangi bank penerbit alias cukup melalui situs online, maka kami merekomendasikan agar Anda segera menuju ke https://financer.com/id/

Disana Anda juga akan menemukan banyak informasi mengenai beragam produk keuangan lainnya seperti:

  • Kartu kredit
  • Pinjaman online
  • Asuransi
  • Tabungan dan investasi

Kesimpulannya sebelum Anda berniat untuk mengajukan permohonan pembuatan kartu kredit, sekali lagi pastikan dahulu apakah Anda benar benar sudah sangat membutuhkannya?

Jangan hanya melihat praktisnya, dengan memiliki kartu kredit ini juga membuat Anda berkewajiban agar selalu disiplin untuk membayar sejumlah tagihan yang mana hal ini juga sangat berpengaruh pada histori keuangan yang ada pada di sistem BI checking serta badan OJK/Otoritas Jasa Keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!