Advertisement

Lowongan Kerja: Profesi Yang Menjanjikan Lulusan Akuntansi

Lowongan kerja kuliah jurusan lulusan akuntansi

Mencari lowongan kerja yang menjanjikan bagi lulusan akuntansi sesuai dengan profesi yang diharapkan sebenarnya sangat banyak dan terbuka luas khususnya dibidang bisnis.

Bisa dibilang bahwa akuntansi akan selalu dibutuhkan dalam bidang bisnis apapun karena merupakan bagian penting dan vital pada sebuah sistem administrasi perusahaan.

6 Profesi paling menjanjikan untuk lulusan Akuntansi

Berikut ini adalah lowongan kerja yang memiliki prospek cukup menjanjikan bagi para lulusan kuliah jurusan akuntansi:

#1 Menjadi seorang akuntan

Profesi seorang akuntan merupakan salah satu bidang pekerjaan yang sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan, khususnya adalah perusahaan yang besar yang telah memiliki manajemen lengkap.

Seseorang yang dipilih sebagai akuntan akan bertanggung-jawab penuh atas semua bentuk laporan keuangan atau financial statment dalam sebuah perusahaan tempat ia bekerja.

Dengan demikian, profesi akuntan begitu penting dan dibutuhkan dalam menganalisis data keuangan yang meliputi permodalanan, laba rugi, serta keluar masuk uang yang akan mempengaruhi berbagai kebijakan arah perusahaan selanjutnya.

#2 Internal Auditor

Sebagai seorang internal auditor memiliki tugas untuk memeriksa atau mengaudit secara menyeluruh bagian manajemen perusahaan untuk mengetahui kinerjanya.

Semua laporan keuangan harus dipastikan sesuai dengan perhitungan sebenarnya atau asli (real) oleh seseorang yang berprofesi sebagai auditor ini.

Selain itu Internal auditor berkewajiban agar dapat memastikan bahwa bagian manajemen sudah mengerjakan semua tugas beserta fungsinya dengan tepat dan efisien demi prestasi perusahaan yang memperkerjannya.

Sumber rujukan: www.loker.id

#3 Akuntan pemerintah

Bagi lulusan akuntansi yang kebetulan diterima bekerja sebagai seorang akuntan pemerintah artinya ia memiliki tugas utama untuk menyusun laporan keuangan pemerintah.

Tugas lainnya adalah melakukan audit terhadap setiap instansi pemerintahan diberbagai tingkat dapil.

Perbedaan dengan akuntan sebuah perusahaan, untuk pemerintahan ini tidak menggunakan sudut pandang masalah untung rugi melainkan adalah penerapan aturan sesuai dengan ketetapan yang dibuat oleh pemerintah itu sendiri.

Baca juga:

#4 Akuntan pajak

Lowongan kerja untuk akuntan pajak akan mencari seseorang yang nantinya ditugaskan untuk menghitung nilai nilai pajak sebuah perusahaan.

Tidak hanya mendata perhitungan jumlah atau nilai pajak yang harus dibayar, melainkan juga harus mampu untuk membuat analisa kemudian memberikan masukan kepada manajemen agar dapat menekan harga pajak.

Bukan bermaksud untuk mencurangi peraturan perpajakan, namun lebih mengedepankan sebuah kebijakan yang lebih efisien untuk perusahaan.

#5 Akuntan publik

Ini justru kebalikan dari profesi seorang internal auditor yang hanya bertugas mengaudit bagian dalam perusahaan.

Akuntan publik merupakan pihak independen dari luar perusahaan yang memiliki tugas untuk mengaudit laporan keuangan atau financial statement meliputi:

  • General Audit Services
  • Investigation Services
  • Management Advisory
  • Representation
  • Assistence Services

#6 Profesi akuntan pendidik

Terakhir lowongan kerja untuk lulusan akuntan yang paling menjanjikan adalah sebagai seorang akuntan pendidik.

Akuntan pendidik memiliki tugas memberikan materi didalam maupun diluar kelas yang mana lebih umum disebut sebagai seorang dosen yang mengajarkan mata kuliah bidang akuntansi.

Selain itu juga memiliki kesempatan untuk menjadi seorang konsultan terkait masalah akuntansi.

Peluang kerja lainnya adalah menjadi bagian dari sebuah lembaga riset atau penelitian yang secara khusus mendalami persoalan serta isu akuntansi yang tersebar dimasyarakat luas. Simak juga tentang contoh usaha kecil yang menjanjikan dan menguntungkan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!