Beberapa Kelebihan dan Kekurangan Tinggal Di Apartemen

Hidup di apartemen

Apartermen adalah salah satu jenis properti yang banyak peminatnya. Apalagi dijaman yang serba canggih dan modern ini, rasanya kurang lengkap apabila belum memiliki apartermen.

Tetapi, apakah memiliki aparterment itu menguntungkan baik dari segi finansial atau lainnya?

Dikota-kota besar sudah banyak sekali apartermen sebagai solusi memiliki hunian mewah dengan tidak perlu sebidang tanah seperti rumah, mengingat bahwa selain harga tanah semakin mahal, jika ada pun keberadaannya jauh dari pusat kota.

Ramainya pembangunan apartemen juga dipengaruhi dengan tingginya animo masyarakat tentang keberadaan hunian modern ini. Biasanya orang memilih tinggal diapartermen agar lebih dekat dengan posisi tempat bekerja sehingga terbebas dari jenuhnya kemacetan yang melanda.

Untuk apartermen sendiri, anda bisa menyewanya atau mungkin membelinya langsung. Setidaknya terdapat kelas-kelas pada apartermen itu sendiri. Kelas tersebut dimulai dari:

  1. Rumah susun
  2. Apartermen Bersubsidi
  3. Apartermen
  4. Kondominium

Lalu bagaimana dengan harga yang ditawarkan? Harga untuk apartermen itu sendiri dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  1. Low end, dengan harga berkisar antara 5.000.000 hingga 6.000.000 per meter persegi
  2. Middle-low, dengan harga berkisar antara 6.000.000 hingga 10.000.000 per meter persegi
  3. Middle-up, dengan harga berkisar antara 10.000.000 hingga 20.000.000 permeter persegi
  4. Luxury dengan harga diatas 20.000.000 per meter persegi

Setelah harga jual apartermen tersebut, bagaimana dengan harga sewanya? Harga sewa apartermen dapat dikelompokkan menjadi:

  1. Tipe studio/tanpa sekat (2.500.000 hingga 6.000.000 perbulan)
  2. Satu kamar (5.000.000 – 10.000.000 perbulan)
  3. Dua kamar (8.000.000 – 15.000.000 perbulan)
  4. Tiga kamar (12.000.000 hingga 30.000.000 perbulan)
  5. Harga sewa luxury adalah (45.000.000 hingga 80.000.000 perbulan)

Dengan melihat baik harga jual maupun harga sewa yang ditawarkan oleh unit apartermen, maka tidak diragukan lagi bahwa pemilik apartermen tersebut dianggap sebagai orang yang “berada”.

Keunggulan tinggal di apartemen

Lalu apa sajakah keuntungan bagi anda apabila anda membeli sebuah unit apartermen? keuntungannya adalah sebagai berikut!

#1 Dekat dengan pusat kota

Menentukan lokasi pabrik dan faktor manajemen operasi industri
Lokasi Strategis

Tentu bahwa lokasi apartermen biasanya amat startegis dan berada pada pusat kota.

Sehingga, bagi anda akan mudah untuk beraktivitas dan mudah untuk mengakses lokasi yang ingin anda tuju. Dengan begitu anda dapat menghemat waktu dan biaya untuk transportasi.

#2 Kehidupan yang serba praktis

Dengan membeli apartermen, anda akan memiliki hidup yang serba modern dan praktis karena semua layanan tersedia bagi anda dan mudah untuk mendapatkan pelayanan tersebut.

Sehingga anda tidak perlu repot-repot menyewa pembantu rumah tangga karena hampir semua bisa anda handle sendiri ketika anda memutuskan tinggal di apartermen.

#3 Kemanan dan privasi anda akan terjaga

Sudah jelas bahwa keamanan dan privasi anda akan sangat diutamakan ketika anda membeli sebuah apartermen dan memutuskan tinggal disana.

Pihak apartermen umumnya menyediakan security dan instrumen keamanan lainnya seperti CCTV untuk memastikan bahwa orang yang berada di apartermen akan merasa aman.

#4 Investasi Jangka Panjang

Jenis Investasi Jangak Panjang Untuk Masa Depan
Investasi Jangka Panjang

Karena apartermen termasuk dalam kategori properti dan dengan asumsi dan fakta bahwa harga properti selalu naik, maka memiliki apartermen adalah salah satu bentuk investasi jangka panjang.

Anda juga dapat membeli apartermen kemudian menyewakannya setiap bulan, apalagi peminat apartermen yang semakin tinggi setiap tahunnya.

Beberapa kelemahan hidup di apartemen

Setelah melihat keuntungan ketika membeli apartermen, rasanya tidak adil apabila tidak menyingkap pula kelemahan-kelemahan atau kerugian yang dapat dialami apabila membeli unit apartermen. Kerugiannya antara lain adalah sebagai berikut:

#1 Luas Ruang

Tentu anda tidak dapat memiliki halaman rumah anda sendiri, atau taman, atau halaman belakang rumah ketika anda membeli apartermen dibandingkan anda membeli rumah.

Juga anda tidak mungkin bisa merubah konstruksi hunian anda karena ukuran dan luas ruangan apartermen anda sudahlah “saklek”.

#2 Valuasi

Kredit Rumah KPR Tanpa Melalui Proses BI checking
Jual Beli Rumah

Menjual apartermen ternyata lebih susah daripada menjual rumah. Mengapa demikian? karena apartermen cenderung lebih sensitif pada pasar properti.

#3 Nilai investasi

Nilai investasi apartermen memang lebih rendah daripada rumah. Mengapa? telah diketahui bahwa rumah sendiri menempati sebidang tanah sedangkan apartermen tidak demikian.

#4 Berlangganan parkir mobil dihunian sendiri

Jika anda memiliki mobil, maka anda harus membayar biaya berlangganan parkir mobil. Memang dari segi keamanan bisa dijamin, tapi tentu membuat anda semakin boros atau merogoh kocek lebih.

Hal ini tentunya sudah kita bahas pada artikel tentang beberapa jenis biaya yang harus dikeluarkan jika tinggal di apartemen.

#5 Resiko gempa dan kebakaran

Hal ini menjadi resiko paling menakutkan ketika kita akhirnya memutuskan membeli dan tinggal disebuah apartermen, Tetapi, biasanya disediakan asuransi untuk itu.

Itulah beberapa kelemahan dan kelebihan ketika anda akhrinya memutuskan membeli unit apartermen.

Jadi, bagaimanakah keputusan final anda? apakah anda jadi membeli ataukah tidak? Semua itu tergantung dengan pertimbangan anda masing-masing. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!