Ini 10 Aplikasi Pendukung Bisnis yang Wajib Anda Miliki

Aplikasi pendukung bisnis

Berkat kemajuan teknologi, melakukan berbagai hal kini jauh lebih mudah. Salah satu bentuk dari teknologi yang memudahkan ini adalah aplikasi-aplikasi yang bisa diunduh di smartphone. Dengan adanya aplikasi-aplikasi ini, berbagai kebutuhan dapat terpenuhi dengan lebih mudah, nyaman, dan cepat.

Baik itu untuk kegiatan sehari-hari, maupun untuk urusan bisnis. Saat ini, sudah banyak aplikasi pendukung bisnis yang sangat mudah untuk dioperasikan. Bagi Anda yang ingin memudahkan kegiatan bisnis Anda, berikut ini beberapa aplikasi yang dapat memudahkan Anda.

1. Evernote

Evernote adalah salah satu aplikasi yang populer digunakan oleh para profesional. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mencatat ide-ide saat sedang melakukan meeting, brainstorming, dan lain sebagainya. Evernote juga berguna untuk mencatatkan agenda, nomor telepon, dan nomor telepon yang penting.

2. Google Suite

Indonesia kini mulai beranjak ke arah cloud computing atau komputasi awan. Artinya, Anda kini bisa bekerja dengan perangkat apapun, asalkan terhubung dengan jaringan Google. Di dalam Google Suite terdapat Google Drive, Google Docs, Google Sheets, Google Slides, Gmail, dan Google Calendar. Semua hasil pekerjaan Anda akan tersimpan di cloud. Jadi, Anda tidak perlu pusing ketika Anda lupa membawa laptop. Seluruh aplikasi ini akan sangat membantu bagi Anda yang menjalankan bisnis secara mobile.

3. Aplikasi kasir

Aplikasi ini merupakan aplikasi pendukung bisnis yang wajib dimiliki oleh Anda yang menjalankan kegiatan bisnis. Salah satu contoh kemampuan aplikasi kasir adalah, Anda dapat memonitor berapa penjualan harian, mingguan, dan bulanan. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi kasir Anda tidak perlu lagi merekap data secara manual. Sehingga Anda akan bebas repot. Salah satu contoh aplikasi kasir yang cukup banyak digunakan saat ini adalah Moka.

4. Media sosial

Saat ini lebih banyak orang yang mempercayakan media sosial untuk mendapatkan referensi suatu bisnis. Khususnya Facebook, Twitter, dan Instagram. Oleh karena itu, Anda harus mulai membangun persona di akun media sosial bisnis Anda. Selain sebagai media komunikasi, media sosial ini juga berguna untuk memantau tren yang berkembang di kalangan konsumen.

5. Marketplace

Bagi Anda yang ingin berdagang namun terkendala modal. Maka Anda bisa mendirikan toko online untuk menjual barang-barang dagangan Anda. Untuk mendirikan sebuah toko online memang bisa dilakukan di website dari masing-masing marketplace ini.

Namun dengan mengunduh aplikasinya di smartphone, Anda akan lebih mudah menjalankan toko virtual Anda. Di antara aplikasi marketplace yang terpopuler di Indonesia saat ini adalah Bukalapak, Tokopedia, dan Shopee. Jadi, pastikan Anda memiliki ketiganya di smartphone Anda.

6. Xero

Xero adalah aplikasi yang dapat membantu dalam hal accounting atau pembukuan bisnis Anda. Bukan hanya mudah digunakan, aplikasi ini juga dapat menghubungkan Anda ke Bank. Xero juga dapat membantu melakukan pembayaran secara online dengan menggunakan Paypal.

7. My Budget Book

Aplikasi ini bisa menjadi aplikasi pendukung bisnis yang baik karena mampu mencatat pengeluaran-pengeluaran yang digunakan untuk kepentingan bisnis. Oleh karena itu, apabila Anda baru saja merintis bisnis dan belum cukup kuat untuk merekrut pegawai-pegawai baru, maka aplikasi ini dapat melakukannya untuk Anda.

8. Applause

Bisa dibilang aplikasi ini mirip dengan seorang analis bisnis. Aplikasi yang cukup populer ini dapat menganalisa bisnis Anda, kemudian memberikan hasil analisisnya disertai dengan saran-saran untuk meningkatkan bisnis Anda.

9. Feedly

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu Anda membutuhkan berita teraktual untuk referensi. Feedly adalah aplikasi yang dapat membantu Anda mendapatkan berita-berita terbaru karena aplikasi ini terhubung dengan RSS suatu website.

10. Inspigo

Aplikasi ini mungkin tidak berhubungan langsung dengan operasi harian bisnis Anda. Melainkan bertalian dengan otak Anda. Inspigo adalah aplikasi yang menyajikan beragam siaran podcast dari para motivator, praktisi bisnis, dan masih banyak lagi. Jadi, lewat aplikasi ini Anda bisa mendapatkan inspirasi yang berguna untuk mengembangkan bisnis Anda.

Sepuluh aplikasi di atas merupakan aplikasi pendukung bisnis yang wajib Anda unduh di smartphone Anda. Kalau Anda adalah pengguna komputer tablet seperti iPad, tenang saja karena kesepuluh aplikasi di atas bisa diunduh dengan leluasa. Berbekal kesepuluh aplikasi di atas, Anda akan lebih dimudahkan dalam operasional bisnis harian. Jadi, Anda tidak perlu memusingkan detail-detail kecil yang tidak penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!