3 Kewajiban Karyawan yang Harus Dipatuhi dan Dilaksanakan

kewajiban karywan

Apakah anda kini adalah seorang karyawan pada sebuah perusahaan? Ataukah mungkin anda baru saja diterima bekerja pada suatu perusahaan?

Jika ya, selamat! Anda akan mengabdikan diri anda pada perusahaan tersebut. Seseorang bekerja pada suatu lembaga atau perusahaan tentu ingin mendapatkan haknya sebagai pekerja. Hak-hak tersebut yang paling mendasar adalah mendapatkan gaji. Tetapi, apakah anda telah melakukan kewajiban anda sebagai karyawan?

Kewajiban dan hak adalah sesuatu yang berjalan dengan beriringan. Kewajiban adalah sesuatu yang harus kita kerjakan supaya kita layak mendapatkan hak.

Hak adalah sesuatu yang wajib kita terima ketika kita sudah menjalankan kewajiban. Sebagai seorang pekerja atau karyawan, anda perlu menunaikan kewajiban anda dengan baik sebelum anda menerima hak anda. Setidaknya ada tiga kewajiban dasar para pekerja atau karyawan. Kewajiban tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Kewajiban Taat

Kewajiban pertama yang harus dilaksanakan oleh karyawan atau pekerja adalah terkait ketaatan. Ketika seseorang diterima bekerja pada suatu lembaga atau perusahaan, itu artinya seseorang tersebut harus dan wajib mengikuti seluruh aturan dan perintah yang berlaku.

Misalnya, jam masuk kerja, tupoksi tupoksi pekerjaannya, seragam, aturan-aturan yang berisi larangan atau perintah, dan lain sebagainya. Anda harus mengikuti aturan yang ada agar anda menjadi karyawan yang baik dan profesional.

Tetapi, yang perlu anda ketahui adalah, anda tidak perlu menuruti perintah atau aturan yang mana bertentangan dengan norma dan moral. Jadi anda boleh menaati peraturan selama aturan tersebut masih bisa di nalar akal sehat dan juga tidak terlepas dari norma yang berlaku.

Selain itu, pekerja atau karyawan diperbolehkan untuk tidak menaati suatu perintah atau aturan jika aturan atau perintah tersebut tidak termasuk dalam kontrak atau perjanjian yang telah disepakati sebelumnya.

2. Kewajiban Konfidensialitas

Kewajiban kedua yang harus anda penuhi adalah kewajiban konfidensialitas. Konfidensialitas adalah kewajiban untuk menyembunyikan suatu informasi dari pihak ketiga atau pihak yang tidak terkait.

Maka, kewajiban ini jika dikaitkan dengan peranan anda sebagai karyawan adalah kewajiban anda untuk menyimpan suatu informasi yang anda ketahui di perusahaan yang mana sifatnya sangat rahasia.

Seluruh karyawan yang ada, utamanya karyawan yang memegang bagian penting diperusahaan (misalnya menjadi akuntan, manajer, dan lain sebagainya) wajib menjaga rahasia perusahaan baik ketika masih bekerja disana maupun telah berhenti.

Ini semacam kode etik karyawan yang harus di lakukan oleh karyawan tersebut. Misalnya, anda adalah karyawan yang berada pada bagian dapur sebuah restaurant dan mengerti rahasia bumbu masakan resto tersebut, seandainya anda berhenti bekerja disana dan menyebarkan informasi rahasia bumbu tersebut untuk kepentingan pribadi, tentu hal tersebut sangatlah tidak etis.

Itulah mengapa setiap karyawan harus menjaga rahasia yang ada pada perusahaan tempatnya bekerja sebagai bentuk profesionalitas sebagai karyawan.

3. Kewajiban loyalitas

Kewajiban ketiga yang harus dilaksanakan oleh karyawan atau pekerja pada suatu perusahaan adalah menjadi loyal terhadap perusahaan.

Ini merupakan konsekuensi yang tidak dapat dihindari oleh karyawan atau pekerja tersebut. Ketika ia telah menjadi bagian dari perusahaan tersebut, maka ia harus mengikuti dan mendukung apa yang telah menjadi visi dan misi perusahaan serta tujuan-tujuan yang dimiliki perusahaan.

Maka dari itu, karyawan yang sering berpindah-pindah tempat pekerjaan dinilai kurang baik oleh perusahaan apalagi jika alasannya adalah untuk mendapatkan upah yang lebih tinggi.

Itulah mengapa pentingnya anda bersikap loyal terhadap perusahaan tempat anda bekerja karena rekam jejak anda bekerja disana juga akan mempengaruhi karir anda di tempat selanjutnya.

Untuk memiliki rekam jejak yang baik, setidaknya anda harus bertahan pada pekerjaan tempat anda bekerja selama satu tahun atau lebih. Itu menandakan bahwa anda adalah orang yang berdedikasi tinggi, loyal, serta mampu bertahan dengan ketidaknyamanan yang tidak anda sukai.

Itulah beberapa kewajiban dasar yang harus dilakukan oleh seorang pekerja atau karyawan ketika ia diterima disuatu perusahaan. Kita harus melaksanakan apa yang menjadi kewajiban kita sebelum kita menuntut apa yang menjadi hak kita. Sekian artikel ini semoga memberikan anda manfaat!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *