Aplikasi Kasir untuk Pelaku Bisnis dengan Ekosistem Bisnis yang Menyeluruh


Aplikasi kasir digital

Di tahun 2018, pertumbuhan bisnis di Indonesia meningkat secara signifikan. Dengan perkembangan teknologi yang pesat pula, semua kebutuhan para pelaku usaha dapat terpenuhi sehingga membantu perkembangan bisnis yang tengah dijalaninya. Dari banyaknya teknologi serta aplikasi yang ada, aplikasi kasir atau Point-of-Sale menjadi hal yang krusial dalam menjalankan bisnis. Pasalnya, kasir adalah tempat cash flow perusahaan dapat dipantau sehingga perkembangan bisnis pelaku usaha dapat semakin maju.

Sebenarnya sistem kasir sudah ada sejak lama, yakni kasir konvensional. Tetapi dengan perkembangan teknologi serta zaman yang begitu pesat, para pelaku usaha butuh sesuatu yang lebih dari sekedar kasir. Aplikasi kasir modern telah berbasis komputasi sehingga dapat terhubung secara daring dan langsung—yang mana ini memberikan banyak keuntungan serta manfaat dibandingkan sistem kasir konvensional. Satu dari berbagai banyak aplikasi kasir modern yang dapat menjadi rekomendasi para pelaku bisnis adalah aplikasi Moka yang merupakan start-up penyedia layanan Point-of-Sale, atau dengan kata lain sistem kasir digital. Dengan aplikasi Moka ini, para pelaku bisnis dapat menciptakan sebuah ekosistem menyeluruh untuk aktivitas operasional sehari-harinya, dalam hal ini utamanya adalah UKM (Usaha Kecil dan Menengah).

Aplikasi kasir digital Moka ini telah dipercaya oleh lebih dari dua belas ribu merchant yang terdapat di 200 kota dan kabupaten di Indonesia. Bahkan, Moka ini telah menjangkau hingga daerah Papua guna melayani bisnis ritel serta jasa. Aplikasi digital Moka yang memiliki visi serta misi untuk menuju ekosistem pelaku bisnis yang menyeluruh ini menjadi pilihan yang tepat bagi pelaku bisnis di Indonesia untuk bersinergi dalam membangun perekonomian di Indonesia.

Kehadiran aplikasi Moka ini sendiri telah mendorong keterlibatan peran digital dalam UKM sehingga nantinya UKM tersebut akan membantu peningkatan pertumbuhan ekonomi tahunan Indonesia yakni dengan persentase 2%, yang merupakan angka yang diperlukan Indonesia untuk mencapai posisi sebagai negara dengan penghasilan menengah di tahun 2025.

Banyak pelaku usaha yang telah beralih dari sistem kasir konvensional ke aplikasi kasir digital Moka dengan persentase Industri Moka sebanyak 64% pada Food & Beverage, sebanyak 22% untuk ritel serta 14% untuk bidang jasa. Angka merchant aktif tersebut telah mengalami kenaikan yang signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya yakni sebesar 60,5% dengan peningkatan transaksi sebanyak 172,5%. Moka juga berperan aktif dalam mengedukasi para pelaku usaha dengan cara menyelenggarakan 102 acara yang melibatkan 97 pelaku bisnis untuk memberi inspirasi dan motivasi untuk pelaku bisnis lainnya.

Guna mewujudkan ekosistem bisnis yang menyeluruh kepada semua aspek dan golongan tanpa pengecualian, maka aplikasi Moka telah merilis berbagai rangkaian produk sebagai jawaban atas permasalahan yang dihadapi para pemilik bisnis dalam menjalankan bisnisnya sehari-hari. Moka sendiri telah menjadi Point-of-Sale yang telah menjalin kemitraan dengan berbagai jenis mobile payment sehingga merchant-merchant yang tergabung dengan Moka bisa mudah menerima pembayaran atau transaksi digital atau cashless langsung dari satu sistem Point of sale (POS). Saat ini partner yang telah menjalin kemitraan dengan Moka antara lain adalah Tcash, OVO, AkuLaku, Kredivo, serta Dana yang merupakan mobile payment terkemuka dengan basis pengguna besar di Indonesia. Tidak hanya itu, terdapat “Moka Capital” yang menyediakan permodalan bagi merchant-merchantnya dengan menjalin kemitraan bersama P2P landing seperti TaraLite, Koinworks, serta Modalku. Sebagai bukti, bahkan sejak Juli 2018 lalu Moka telah berhasil menyalurkan modal untuk pelaku UKM sebanyak lebih dari 10 milyar dengan kurun waktu setengah tahun saja.

Moka dengan segala kelebihannya juga menyediakan “Moka App Marketplace” yang mana aplikasi tersebut dapat langsung diakses oleh merchant yang tergabung dengan Moka guna memperoleh solusi dari aplikasi lainnya. Selain itu, saat ini Moka telah berintegrasi dengan  Sleekr di Moka App Marketplace guna menyediakan solusi bagi perakuntansian merchant yang tergabung dalam Moka.

Itulah sedikit ulasan tentang aplikasi kasir digital Moka. Dengan Moka, pekerjaan yang dilakukan para pelaku bisnis menjadi lebih efektif dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!