Advertisement

6-M Sebagai Unsur Penting Dalam Penerapan Fungsi Manajemen

6 Unsur Fungsi Manajemen

Dalam penerapan fungsi manajemen memiliki 6 unsur penting yang dalam istilah kerennya sering disebut dengan 6-M.

Semua unsur manajemen ini saling berkaitan erat satu sama lain diantaranya ialah:

  • Man (sumber daya manusia)
  • Money (uang)
  • Materials (bahan baku)
  • Machines (peralatan)
  • Method (metode)
  • Market (pasar)

Apabila ada salah satu saja yang tidak bisa melengkapi, maka fungsi manajemen tidak akan pernah bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Penjabaran mengenai 6 unsur penting dalam fungsi manajemen

Apa saja maksud dan definisi dari penjabaran istilah 6 M diatas, simak selengkapnya uraian dibawah ini:

#1 Man – Sumber daya manusia yang akan menjalankan manajemen

Ini merupakan salah satu unsur manajemen yang paling vital karena manusia adalah yang membuat perencanaan kemudian merekalah yang akan melaksanakan hingga tujuan tersebut dapat dicapai.

Adapun kegiatan yang diterpkan dalam upaya mencapai tujuan bisa tampak dari sudut pandang process, planning, organizing, staffing, directing dan controlling.

Yang mana untuk menjalankan semua itu mutlak membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten dalam bidangnya masing masing.

#2  Money – Uang atau dana yang akan membiayai semua proses

Satuan uang adalah biaya atau anggaran yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan seluruh kegiatan atau aktifitas perusahaan sepanjang masa operasionalnya.

Ketersediaan uang yang mencukupi akan mendukung manajemen berjalan lancar dan leluasa demi mencapai target keuntungan yang optimal.

Uang juga adalah sarana yang sangat vital dibutuhkan oleh manajemen sebagai komponen penting menjalankan fungsi manajemen secara maksimal.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara mengelola keuangan bisnis dan usaha serta artikel menarik lainnya tentang strategi menerapkan cost reduction atau pengurangan biaya.

#3 Materials – Bahan baku produksi

Material atau bahan-bahan adalah suatu obyek yang dibutuhkan oleh individu atau sumber daya manusia dalam menjalankan proses kegiatan produksi.

Persediaan material juga sangat penting dalam proses produksi untuk menghasilkan produk layak jual.

Sampai pada poin ketiga ini masih sangat jelas bukan, betapa erat kaitannya semua unsur manajemen agar dapat terus berjalan sempurna.

#4 Machines – Perkakas atau peralatan yang mendukung semua proses

Mesin adalah salah satu sarana pembantu yang di butuhkan oleh sumber daya manusia guna mempermudah dan mempercepat proses aktifitas sesuai dengan ketentuan manajemen.

Untuk dapat mengolah bahan baku menjadi produk jadi maka dibutuhkan mesin dan perkakas kerja.

Dengan menggunakan bantuan mesin sudah jelas waktu yang diperlukan dalam aktifitas produksi akan lebih efisien.

Mesin dan peralatan juga akan menghasilkan produk yang lebih detail karena sebelumnya sudah melalui tahap ujicoba sehingga akan mengurangi tingkat kesalahan yang disebabkan oleh tenaga manusia.

#5 Methods – Cara atau strategi standar prosedur

Sumber daya manusia dituntut agar menggunakan metode dalam setiap kegiatan atau proses pelaksanaan yang berkaitan dengan semua unsur manajemen.

Ada banyak sekali alternative metode yang dapat dipilih oleh setiap individu manusia dan kembali pada kemampuan masing masing personal.

Dalam penerapan fungsi manajemen sendiri juga sangat dibutuhkan suatu metode atau standard operational prosedure yang disesuaikan dengan kebijakan perusahaan.

Masing masing divisi di dalam sebuah manajemen perusahaan akan memiliki fungsi pokok atau tugas tersendiri dimana semua divisi tersebut tetap saling berkaitan erat dan sepenuhnya mendukung semua aktifitas perusahaan.

#6 Market – Tempat berakhirnya proses produksi hingga menjadi keuntungan

Pasar juga merupakan bagian terpenting bagi semua pelaku industri karena pasar akan menjadi tujuan terakhir bagi sebuah perusahaan untuk mencari keuntungan secara maksimal.

Selain itu pasar juga menjadi penentu kesetablian keuangan perusahaan supaya tetap mampu bertahan.

Pada umumnya mempertahankan pasar adalah  proses paling sulit sehingga untuk mengatasi hal ini sangat diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas baik dan kompeten.

Tanpa adanya permintaan dari pasar maka aktifitas produksi bisa terhenti dan hal ini sudah tentu akan merusak manajemen perusahaan.

Supaya terus mampu menguasai segmentasi pasar, maka pihak manajemen harus memiliki strategi pemasaran yang handal dan dalam hal ini bertujuan untuk bisa meraih banyak konsumen dan memenangkan persaingan.

Dari semua unsur manajemen yang sudah di uraikan di atas tidak akan ada yang bisa berjalan sendiri.

Dalam rangka penerapan fungsi manajemen yang baik secara maksimal dan efisien maka semuanya harus berjalan bersama secara terus menerus sesuai dengan porsinya. <Centrausaha.COM>

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!