Merasa Tertekan dan Tidak Nyaman Di Tempat Kerja, Berikut Cara Mengatasinya

Merasa tidak cocok dan kurang nyaman di tempat kerja

Tentang masalah merasa tidak di anggap, tidak cocok, tertekan dan tidak nyaman di tempat kerja dengan rekan ataupun situasi lingkungan pekerjaan memang bisa saja terjadi pada siapa saja.

Semua pasti setuju bahwa lingkungan kerja seharusnya adalah lingkungan yang nyaman dan kondusif untuk di “tinggali”.

Dengan begitu, maka kita dapat menjadi pekerja yang produktif. Tidak dipungkiri juga bahwa ketika kita sudah menjadi pekerja pada suatu perusahaan, maka dapat dipastikan setidaknya hampir separuh waktu kita tentunya berada pada kantor atau perusahaan kita.

Lalu bagaimana apabila lingkungan kerja kita menjadi tempat yang sangat kita ingin hindari? Akhirnya, bekerja menjadi moody dan rasanya ingin cepat-cepat pulang.

Biasanya hal ini dikarenakan kita memiliki masalah dengan rekan kerja atau mungkin atasan, sehingga kita tidak nyaman untuk bekerja ditempat tersebut.

Atau mungkin, ternyata masalahnya malah muncul dari pekerjaan itu sendiri? Tentu hal tersebut bisa membuat anda pening sendiri.

Situasi dan banyak pertimbangan yang menyebabkan kita tidak bisa resign, entah dengan alasan belum menemukan ganti pekerjaan baru, sebenarnya cocok dengan gaji dan tunjangan yang diberikan, dan masih banyak alasan lainnya sehingga anda memutuskan harus membuat diri anda nyaman ditempat kerja anda tersebut.

7 Tips cara mengatasi rasa tidak nyaman dan agar betah di tempat kerja

Apabila keresahan tersebut yang menganggu anda, maka anda menemukan artikel yang  tepat. Berikut dituliskan beberapa cara untuk mengatasi masalah atau perasaan tidak nyaman di tempat kerja anda!

#1 Fokus

Kunci bangkit dari usaha yang bangkrut

Ketika anda fokus, maka segala hal yang ada disekitar anda akan menjadi tidak relevan.

Misalnya, anda tidak nyaman dengan rekan kerja anda yang cenderung tidak profesional. Maka yang perlu anda lakukan adalah fokus mengerjakan bagian anda dan mulai mengabaikan rekan kerja anda tersebut.

Dengan begitu, anda akan melupakan sedikit rasa tidak nyaman anda ditempat kerja anda tersebut.

Selama rekan anda tidak menganggu apa yang anda kerjakan, maka sebaiknya anda mengabaikan dia saja dan fokus pada pekerjaan anda.

#2 Bersikap Profesional

Anda pasti pernah mendengar slentingan yang berkata, “Kalau di kantor sebaiknya hindari baper”.

Ini maksutnya anda tidak perlu sungkan ketika rekan kerja anda melakukan sesuatu diluar tugasnya atau melakukan hal yang merugikan anda.

Anda sebaiknya mengingatkannya dengan profesional tanpa mengurangi rasa hormat kepada rekan kerja anda.

Simak juga ulasan lainnya tentang Apakah PNS boleh mendirikan usaha? serta info menarik mengenai Tips mencari tempat magang kerja yang digaji untuk memulai karir.

#3 Menjaga Hubungan Baik dan Berperan Aktif

Tips sukses berkarir menjadi karyawan berprestasi

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah menjaga hubungan baik anda dengan seluruh rekan kerja dan juga atasan, juga berperan aktif dalam hal yang berkaitan dengan pekerjaan ataupun yang menunjang pekerjaan anda.

Anda perlu berpartisipasi dengan kegiatan sosial dikantor, dalam artian tidak benar-benar menarik diri.

Hal tersebut menjadi wajar apabila anda kurang nyaman di kantor ketika anda tidak mengenal dengan baik rekan kerja anda satu sama lain sehingga menyebabkan situasi menjadi canggung.

#4 Mengerti Tanggung Jawab Anda Sendiri

Anda tentu jengkel dengan rekan kerja anda yang tidak mengerti tugas yang harus dilakukannya?

Sebaiknya, anda jangan sampai melakukan juga hal yang seperti itu. Anda harus tahu tanggung jawab anda serta tugas-tugas anda di kantor sehingga tidak menyebabkan atasan atau rekan anda menjadi jengkel karena terus-terusan mengingatkan anda.

Apabila sudah begitu, lingkungan kerja menjadi tidak nyaman kan? Maka kini evaluasilah diri anda, apakah anda telah mengerti dan telah melaksanakan tanggung jawab anda?

#5 Mau Belajar

Sukses Bisnis Online Mengelola Blog

Anda sebaiknya menjadi pribadi yang menerima kritik dan saran dengan terbuka, terlebih apabila hal ini menyangkut karir anda.

Anda harus menjadi orang yang luwes sehingga mampu belajar banyak hal baru atau mungkin memperbaiki apa yang selama ini anda ketahui kalau-kalau ada perubahan yang diperlukan.

Apabila anda telah mengembangkan sikap terbuka dan mau belajar, maka masalah pekerjaan tentang tidak nyamannya pekerjaan yang anda lakukan bisa teratasi.

Ketika anda kesulitan memahami sesuatu atau merasa ada pekerjaan yang perlu diperbaiki cara kerjanya, anda bisa menyampaikan hal tersebut ke HRD anda. Anda tidak perlu sungkan karena umumnya HRD akan memahami anda dan mencari jalan keluar yang baik demi kenyamanan bersama.

#6 Menciptakan Suasana Kerja yang Menarik

Ciri ciri usaha kecil menengah (bisnis mikro) di Indonesia

Anda sebaiknya tahu betul apa yang anda inginkan dan butuhkan. Misalnya, anda akan semangat bekerja apabila meja kantor anda didesain yang menarik dan sedemikian rupa.

Atau, anda tidak bisa mendengar suara kebisingan sehingga anda memutuskan bekerja sambil menggunakan headset.

Bisa jadi kurang nyaman yang anda rasakan adalah akibat dari tidak nyamannya anda dengan lingkungan anda bekerja sehingga anda perlu setidaknya “mendesain ulang” lingkungan kerja kecil anda untuk kenyamanan kerja anda sendiri.

Anda bisa mengajukan atau mempertanyakan hal tersebut kepada HRD sehingga diizinkan untuk mungkin menambah properti atau mengurangi demi kenyamanan anda bekerja.

#7 Bertahan

Bila masalah-masalah yang ada tidak dapat anda hadapi dengan baik serta anda juga belum memiliki pekerjaan yang baru atau alasan-alasan lainnya untuk membuat keadaan tempat kerja anda berubah menjadi nyaman, maka langkah terakhir yang harus anda lakukan adalah bertahan.

Anggaplah hal ini sebagai tantangan bagi anda dan menempa diri anda menjadi pribadi yang tangguh serta kuat di lingkungan kerja. Apabila anda bisa melawan ketidaknyamanan anda, maka anda akan semakin tahan banting nantinya ketika menemukan pekerjaan yang sekiranya lebih tepat untuk anda.

Itulah beberapa cara dan tips yang dapat anda lakukan apabila anda memiliki masalah atau kurang nyaman berada pada lingkungan anda bekerja.

Pada dasarnya anda harus ingat apa tujuan anda bekerja dan motivasi apa yang anda miliki untuk bertahan dipekerjaan tersebut sehingga segala permasalahan dapat diatasi dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat, ya! Salam sukses.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!