Advertisement

7 Hal Yang Sebaiknya Dilakukan Ketika Terkena PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja

Solusi ketika mengahadapi masalah PHK perusahaan

PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja sudah tidak asing lagi di telinga kita, dengan kondisi perekonomian yang tidak stabil membuat sebagian perusahaan berskala besar maupun menengah harus mengurangi sebagian besar dari karyawan yang dimiliki untuk menekan beban biaya yang harus dikeluarkan.

Pemutusan ini tidak hanya terjadi di Indonesia saja, namun juga di berbagai belahan negara lainnya. Sehingga membuat angka pengangguran semakin tinggi.

Sebagai karyawan ketika mendengar perusahaan akan melakukan pengurangan tenaga kerja maka mereka akan menjadi sangat khawatir apalagi bagi yang sudah memiliki keluarga. Alasan yang diberikan perusahaan mengenai hal ini pun terkadang tidak bisa diterima dengan akal sehat.

Namun, apa daya jika anda adalah salah satu orang yang terkena dampak pengurangan karyawan ini. Mungkin pada awalnya bukanlah suatu hal yang mudah diterima dan serasa dunia ini sudah akan kiamat. Pada kenyataannya hidup harus tetap berjalan dan harus melewati berbagai hal lainnya.

Sikap yang tepat ketika menghadapi masalah PHK di perusahaan

Sebaiknya anda harus tetap bisa menerima kenyataan dan harus berjuang kembali untuk bisa menikmati hidup kedepanya dengan cara melakukan beberapa hal di bawah ini:

#1 Sikap tenang akan membuat situasi lebih seimbang

Tetaplah berusaha menenangkan pikiran dan jiwa anda saat dinyatakan sebagai salah satu orang yang di PHK. Karena tidak akan ada gunanya apabila anda panik, marah, meluapkan emosi atau bahkan melakukan tindakan buruk terhadap perusahaan. Ini semua tidak akan merubah keputusan yang ada.

Carilah dahulu kepada sumber yang dapat dipercaya mengenai alasan mengapa anda di PHK jangan sampai anda hanya mendengar desas-desus yang belum tentu diketahui secara pasti kebenarannya.

Selain itu anda juga harus menanyakan hak-hak apa saja yang akan anda terima secara jelas dan terperinci, apakah anda akan diberikan pesangon, asuransi atau pun hak lainnya yang wajib di bayarkan perusahaan kepada anda selama bekerja di perusahaan tersebut.

Selama anda masih berada dalam lingkungan perusahaan sembari menyelesaikan segala apa saja yang menjadi hak penerimaan, tetap jaga kondisi hati dan pikiran, jangan sampai terpancing untuk berbuat hal yang bisa merusak nama baik dan reputasi anda. sebab dikhawatirkan bukannya hak yang akan anda terima tapi mengalami urusan hukum yang berkepanjangan.

#2 Tidak perlu menyalahkan pihak tertentu

Ketika perusahaan memutuskan untuk mengurangi jumlah pekerja melalui PHK ini pasti juga sudah dipertimbangan jauh-jauh hari dengan melihat berbagai faktor yang anda dan tentunya perusahaan berusaha untuk tetap menjaga kinerjanya di mata masyarakat.

Karena perusahaan merupakan salah satu roda penggerak perekonomian bangsa. Kemungkian alasannya adalah perusahaan tidak ingin terbawa oleh arus perekonomian yang tidak stabil kondisinya, sehingga diputuskan untuk mengefisiensikan tenaga dan biaya-biaya yang timbul.

Banyak faktor yang menyebabkan PHK dan tidak bisa anda menyalahkan dari pihak perusahaan saja. Jangan pernah menyesali setiap keadaan yang terjadi dan menyalahkan siapapun. Semua pasti ada hikmahnya.

Baca juga ulasan terkait mengenai penerapan etika bisnis dan tanggung jawab sosial perusahaan serta artikel menarik lainnya tentang strategi pendanaan dan pengadaan modal usaha perusahaan.

#3 Jangan pernah merasa terpuruk apalagi menganggap hal ini sebagai kesialan

Memang sangat menyakitkan terkena PHK, namun janganlah mengurung diri dan memikul beban sendirian karena anda tetap harus belajar melatih mental yang kuat dan percaya diri.

Bersikap terbuka dan memberikan kesempatan kepada anggota keluarga atau kerabat terdekat untuk memberikan semangat baru dan dukungan bagi anda. Sehingga anda akan merasa lebih lega serta beban yang dipikul menjadi lebih terasa ringan.

Boleh saja anda merasa sedih dan terpuruk, namun janganlah terlalu lama karena anda masih mempunyai jalan yang panjang untuk bisa bangkit dan meraih kesuksesan dalam hidup.

Anggaplah bahwa cobaan ini akan segera berlalu dan tidak akan pernah terjadi lagi dalam hidup anda.

#4 Tetap bersemangat dan loyal

Perusahaan pada umumnya akan memberikan informasi mengenai PHK kurang lebih 1 (satu) bulan dari hari H.

Artinya anda masih memiliki kesempatan untuk tetap bekerja memberikan hasil yang terbaik dan tetap bekerja secara professional selain itu anda masih diberikan waktu untuk mencari pekerjaan di tempat lain.

Sehingga jangan sampai anda meninggalkan bekas yang buruk di hari-hari terakhir anda pada perusahaan tersebut.

Sebab kemungkinan apabila perusahaan telah stabil maka akan memanggil anda kembali karena sikap dan tanggung jawab yang sudah anda berikan.

Tetap lah menjaga nama baik dan komunikasi dengan rekan-rekan sekantor anda. Jangan lupa untuk berpamitan pada saat hari terakhir anda dan tunjukan bahwa anda orang yang berlapang dada menerima kenyataan pahit ini serta senang memiliki teman seperjuangan  dalam bekerja di perusahaan tersebut.

Simak juga artikel inspirasi tentang perusahaan ini memberikan gaji mulai 5 juta hingga 10 juta perbulan serta artikel menarik lainnya tentang strategi jitu untuk mendapatkan kerja yang layak setelah lulus kuliah.

#5 Membuat tindakan yang positif

Anda tidak boleh berada dalam kondisi terpuruk dan malu untuk menatap masa depan anda. Tetaplah selalu bersyukur akan keadaan anda dan selalu berpikir positif.

Kerjakan apa yang menjadi bagian anda seperti tetap berusaha mencari pekerjaan lain yang lebih baik lagi dan berusahalah untuk merubah diri anda untuk menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Cukuplah kejadian yang sedang terjadi pada saat itu untuk disesali saat itu juga tidak pernah melihat kebelakang. Mulailah hari yang baru dengan penuh semangat dan pintu berkat pun menanti anda.

#6 Merencanakan dan planing strategi baru

Seperti tantara yang akan berperang di medan pertempuran harus menyusun siasat terlebih dahulu agar tahu cara mensiasati kemungkinan yang akan terjadi di luar dugaan.

Mungkin pada saat anda mendengar bahwa nama anda termasuk dalam daftar orang-orang yang akan dirumahkan seperti tersambar petir pada siang bolong.

Anda harus segera sadar untuk cepat menyusun strategi baru apa yang akan anda jalani selepas dari perusahaan anda ini. Gunakan waktu sebaik mungkin karena masih ada sisa waktu untuk anda berpikir menjalani hidup kedepannya.

Jika anda ingin menjadi karyawan lagi, bisa anda gunakan internet untuk membantu anda menemukan perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan sesuai dengan bidang anda serta jangan lupa untuk segera mengirimkan berkas lamaran kerja lengkap agar anda tidak terlalu lama bersedih dan menjadi pengangguran.

Tapi apabila anda ingin berniat untuk mencoba membuka usaha baru, perlahan-lahan susun strategi apa saja yang akan anda gunakan untuk mengembangkan usaha tersebut nantinya. Jangan sampai usaha yang akan anda rintis menjadi hancur karena kesalahan anda sendiri.

#7 Saatnya bangkit dan optimis anda mampu menjadi lebih baik

Kejadian PHK bukanlah akhir dari segala-galanya. Sebab apabila anda memiliki pikiran positif dan segera bangkit dari keterpurukan, artinya anda bisa menjadi orang yang lebih sukses dari sebelumnya.

Banyak kisah-kisah menarik dari beberapa orang sukses yang dahulu terkena PHK hingga mengalami stress yang berlebihan.

Tapi karena tekadnya untuk bisa keluar dari rasa sedih yang mendalam, akhirnya bisa mencapai kesuksesan yang lebih daripada menjadi karyawan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!