Siapa Saja Pelaku Kegiatan Ekonomi, Berikut Pejelasan Lengkapnya

Pelaku ekonomi terhadap aktivitas ekonomi dapat diartikan secara singkat sebagai kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk mencapai kesejahteraan hidupnya.

Aktivitas ekonomi sering kita temui dikehidupan dan bahkan kita selalu bersinggungan dengan aktivitas ekonomi, misalnya ketika kita membeli bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari, atau seorang distributor yang menyalurkan produksinya kepada toko-toko yang ada dan masih banyak lagi contohnya.

Dalam aktivitas ekonomi tersebut tentunya ada pelaku-pelaku aktivitas ekonomi tersebut.  Secara umum ada tiga unsur dalam pelaku ekonomi antara lain rumah tangga, perusahaan, dan pemerintah.

3 Pelaku ekonomi beserta perannya

Lalu apa saja peranan-peranan yang dilakukan oleh masing-masing bagian pelaku ekonomi? Uraiannya akan dijelaskan sebagai berikut:

Rumah Tangga

Sektor rumah tangga memiliki andil yang besar dalam proses produksi karena rumah tangga menyediakan tenaga kerja, baik berupa fisik maupun otak.

Selain itu, rumah tangga juga menyediakan modal baik berupa tanah, bangunan, peralatan modal, serta berupa uang.

Sektor rumah tangga dapat menawarkan itu semua kepada perusahaan. Sebagai balasan atas faktor produksi yang ditawarkan oleh sektor rumah tangga, maka ia akan mendapatkan balasan berupa pendapatan. Misalnya, tenaga kerja mendapatkan gaji, tuan sewa lahan mendapatkan uang sewa, dan lain sebagainya.

Kemudian pendapatan yang didapatkan oleh sektor rumah tangga akan digunakan untuk dua hal yakni untuk konsumsi dan juga untuk investasi.

Perusahaan

Perusahaan merupakan suatu organisasi yang dibentuk baik oleh sekumpulan orang maupun perseorangan yang kegiatannya adalah menyediakan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sedangkan tujuannya adalah untuk meraup keuntungan sebesar-besarnya. Maka dari tujuan tersebut, perusahaan harus memiliki keahlian untuk mengelola faktor faktor produksi dengan baik sehingga tujuannya untuk mendapatkan profit sebesar-besarnya dapat tercapai.

Dalam menjalankan kegiatan ekonominya, meskipun disini terlihat bahwa perusahaan memiliki peranan yang besar yakni memproduksi barang dan jasa, dalam pelaksanaannya sangat tidak bisa dilepaskan dengan unsur pelaku ekonomi lainnya yakni rumah tangga dan pemerintah.

Pemerintah

Pemerintah yang dimaksutkan sebagai pelaku ekonomi adalah lembaga-lembaga negara yang ditugaskan untuk mengatur perekonomian negara antara lain adalah:

  1. Bank Sentral
  2. Pemerintahan Daerah
  3. Departermen pemerintahan
  4. Parlemen
  5. TNI-POLRI
  6. Dan lain-lain

Pemerintah disini memiliki tugas untuk melakukan pengawasan serta mengatur kegiatan ekonomi yang dijalankan oleh perusahaan dan rumah tangga sehingga dalam pelaksanaannya tidak merugikan pihak masyarakat luas.

Selain mengatur dan mengawasi, pemerintah juga melakukan kegiatan ekonomi sendiri yakni menyediakan kebutuhan masyarakat yang gagal dihadirkan oleh pihak privat dikarenakan sektor tersebut dianggap tidak menguntungkan.

Misalnya, pemerintah membangun jembatan, membangun lapangan penerbangan, gedung sekolah, dan lain-lain. Inilah dasar mengapa ada kegiatan ekonomi sektor swasta dan juga sektor pemerintah.

Untuk menjalankan aktivitas ekonomi ini, pemerintah mendapatkan dana dari pajak yang dikenakan baik pada sektor rumah tangga maupun sektor perusahaan.

Hubungan antar pelaku ekonomi dalam perekonomian dapat dilihat dari tabel dibawah ini:

Fungsi pelaku ekonomi pada perekonomian

Advertisement
Pada nomor satu, ini merupakan penggambaran penawaran berbagai jenis produksi yang telah dihasilkan oleh sektor perusahaan.

Sedangkan pada nomor dua adalah gambaran dari permintaan yang diminta oleh sektor rumah tangga kepada pasar.

Nomor tiga menggambarkan permintaan faktor faktor produksi yang dibutuhkan oleh perusahaan, dan nomor empat adalah penawaran-penawaran yang diberikan oleh sekotr rumah tangga.

Nomor lima adalah pajak yakni pungutan yang diminta oleh negara dari pihak perusahaan atas penjalanan ekonomi dan nomor enam adalah pungutan yang diminta oleh negara dari pihak rumah tangga.

Dari sini kita dapat simpulkan bahwa antar pelaku ekonomi saling berkaitan dan uang tersebut berputar pada pelaku ekonomi tadi. Ada hal yang bisa anda tarik juga utamanya pada proses yang ada pada nomer satu dan dua yakni:

  1. Jenis barang dan jasa apa saja yang perlu diproduksi dapat diketahui
  2. Tingkat harga atas masing-masing barang tersebut
  3. Tingkat produksi atas masing-masing barang tersebut

Itulah penjelasan singkat tentang pelaku-pelaku ekonomi yang ada pada kegiatan ekonomi antara lain rumah tangga, perusahaan, dan juga pemerintah.

Dari ketiganya timbul hubungan timbal balik yang mana menyebabkan proses kegiatan ekonomi itu dapat terjadi. Sekian artikel singkat ini semoga bermanfaat dan mengedukasi para pembaca semua.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *