Advertisement

9 Hal Yang Menjadi Pertimbangan Saat Akan Proses Jual Beli Rumah

Proses jual beli rumah KPR

Proses dan prosedur jual beli properti khususnya rumah baik yang dalam konsisi masih baru maupun bekas tentunya ada beberapa pertimbangan yang harus anda perhatikan.

Bukan hanya rumah yang cukup luas, nyaman, layak dihuni, tenang dan tentu saja lingkungan yang baik dan mendukung agar rumah yang dihuni menjadi rumah yang benar-benar menjadi tempat tinggal yang diidamkan.

Property dalam bentuk rumah juga merupakan kebutuhan dari setiap orang karena disanalah anda bisa menghabiskan banyak waktu bersama keluarga bahkan juga bisa juga untuk membuka usaha serta menjadi salah satu bentuk investasi yang menguntungkan.

Pertimbangan-pertimbangan di bawah ini yang bisa anda jadikan alasan sebelum memilih dan memutuskan untuk membelinya, antara lain :

1. Faktor lokasi dan lingkungan

Lokasi sangat penting untuk anda pertimbangkan apakah dekat dengan tempat anda bekerja, aman, atau lokasi yang menunjang untuk anda melakukan aktifitas.

Kemudian apakah kedepannya akan menjadi lokasi yang berkembang alangkah lebih baik jika anda meninjau lokasi tersebut sehingga bisa menjadi menjadi bahan perbandingan apabila ada beberapa lokasi lain yang mungkin lebih baik lagi. Pada umumnya jika lokasi masih baru tentu harga yang ditawarkan tidaklah terlalu mahal.

2. Membandingkan harga di pasaran

Jangan mudah percaya dengan harga yang ditawarkan oleh staff pemasar atau pihak marketing. Anda harus aktif mencari tahu untuk harga tanah serta bangunan di lokasi sekitarnya agar apabila memang anda memutuskan untuk memilih rumah tersebut.

Pastikan anda tidak terkena harga yang mahal sehingga menyebabkan anda menjadi rugi. Apabila harga selisih banyak dengan harga pasaran lebih baik anda melakukan negosiasi untuk bisa mendapatkan harga yang sesuai.

3. Ketahui semua fasilitas umum yang tersedia

Setiap developer dalam membangun memiliki fasilitas keunggulan untuk menarik para konsumen. Semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan, harga yang ditawarkan juga semakin mahal.

Lebih cermatlah dalam memilih fasilitas apakah akan membuat anda bisa merasa nyaman dan bermanfaat atau tidak.

Fasilitas yang ditawarkan beraneka ragam mulai dari sport club, taman hijau dan area bermain anak-anak, dekat dengan pusat perbelanjaan dan mall, fasilitas transportasi umum, internet, kabel yang ditanam di bawah tanah dan fasilitas menarik lainnya.

4. Verifikasi Developer

Sangat penting diperhatikan sebelum mengambil unit rumah anda cek terlebih dahulu reputasinya. Apakah setiap bangunan yang dibangun memiliki legalitas, pelayanan kepada konsumen yang baik dan spesifikasi bangunan yang dirancang apakah memenuhi standart.

Bisa anda cari di internet melalui forum atau masuk ke dalam situsnya bahkan tanya kepada beberapa sumber terpercaya mengenai developer yang bersangkutan.

5. Mengukur budget atau keuangan

Uang merupakan komponen yang sangat penting ketika anda akan membeli benda apapun termasuk rumah. Jangan sampai terlalu sangat memaksakan diri walaupun ada bantuan dari KPR saat membeli property.

Setidaknya masih ada sekian banyak dana awal yang harus anda persiapkan agar kedepannya bisa tetap lancar membayar cicilan hingga lunas.

Simak juga ulasan terkait mengenai jenis pinjaman uang dengan jaminan sertifikat rumah serta artikel menarik lainnya tentang solusi bijak menyiapkan uang muka DP KPR

6. Uang tanda jadi serah terima

Jika anda minat sekali dengan rumah yang sudah cocok dengan keinginan, dan sudah melakukan dealing hingga mendapatkan harga yang telah disepakati bersama, perlu anda pertimbangkan juga mengenai berapa besar uang tanda serah terima.

Negosiasikan agar uang tanda serah terima yang menunjukkan bahwa anda serius untuk membeli tidak terlalu besar atau standar minimum dari perusahaan.

7. Pembayaran uang muka (DP)

Uang pangkal atau DP ini diberikan agar konsumen tidak membatalkan pembelian secara sepihak dan biasanya bisa dicicil selama periode tertentu karena ini juga menyangkut komisi staff penjual apabila berhasil membuat deal.

Besarnya DP tergantung dari cara pembayaran apakah akan melunasi secara KPR atau mengangsur kepada developer.

8. Kebutuhan biaya atau dana lainnya

Pembelian unit ruamh ketika akan dihuni atau rumah sudah selesai dibangun maka akan muncul beberapa biaya yang harus anda bayar yang besarnya tergantung dari kebijakan notaris seperti AJB, BPHTB, BBN.

Sehingga dana ini juga harus anda persiapkan sebelumnya. Namun untuk saat ini banyak developer yang menawarkan free dari biaya misalnya free biaya KPR, free biaya PPn ataupun pembebasan biaya lainnya tergantung dari promo developer saat itu.

Baca juga artikel lainnya tentang cara lapor pajak secara online serta ulasan terkait mengenai menentukan jangka waktu atau tenor KPR yang tepat.

9. Temukan KPR yang paling sesuai dengan keuangan anda

Ada beberapa pilihan sebagai cara pembayaran yang ditawarkan oleh developer kepada konsumen yaitu berupa cicilan yang menggunakan perhitungan tanpa bunga atau flat.

Pilihan terakhir adalah memanfaatkan fasilitas KPR (Kredit Kepemilikan Rumah). Namun menemukan bank penyedia KPR ini anda harus jeli agar tidak salah memilih bank yang membebankan bunga tinggi serta jangka waktu cicilan yang kedepannya justru akan membebani anda.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!