3 Jenis Pinjaman Dana Pendidikan Tanpa Jaminan Untuk Pelajar atau Mahasiswa

Pinjaman dana pendidikan untuk mahasiswa kuliah di luar negeri

Sudah menjadi informasi umum bahwa perbankan tidak menyediakan pinjaman untuk pendidikan. Tetapi masih ada fintech yakni lembaga online yang dapat meminjamkan dana tanpa jaminan serta prosesnya yang cepat untuk biaya pendidikan.

Lalu bagaimanakah cara mengajukan pinjmannya? Lembaga apa namanya?

Di Indonesia selama ini bahwa pelajar yang ingin bersekolah tetapi tidak memiliki dana tidak dapat mengajukan dana pinjaman baik pada perbankan maupun perusahaan finansial lainnya. Sayangnya di negara kita ini belum ada Student Loan seperti yang ada di Amerika yang mana peminjam bisa membayarkannya saat setelah bekerja.

Mengapa di negara kita ini belum ada pinjaman khusus biaya pendidikan? Mengapa tidak dapat dipinjam untuk membiayai kuliah?

Bank menyediakan kredit bagi orang yang sudah memiliki gaji, apabila pengaju belum memiliki penghasilan rasanya hampir tidak mungkin bank memberikan kredit. Maka dari itu pinjaman untuk mahasiswa tidak ada karena mahasiswa belum berpenghasilan.

Sebelumnya hanya ada satu bank dari BUMN yang bisa meminjamkan uang untuk mahasiswa tanpa suatu jaminan tetapi prosesnya terkenal sulit dan juga lama.

Sebenarnya apabila di amati, peluang pasar untuk peminjaman dana bagi mahasiswa sangat besar melihat banyaknya mahasiswa yang butuh dana. Tetapi siapakah yang berani dan mampu meminjamkan dana kepada mahasiswa? siapakah yang mampu mengambil potensi ini?

Pinjaman dana pendidikan secara online dari perusahaan fintech

Pada situasi mahasiswa membutuhkan pinjaman dana untuk pembiayaan pendidikan, sedangkan perbankan tidak mampu menjawab masalah ini, fintech saat ini hadir untuk mengatasinya.

Yang paling penting dan perlu di ingat bahwa Fintech bukanlah pinjaman lunak, bagaimanapun ia tergolong pinjaman kredit yang komersial. Simak lebih detail mengenai pengertian P2P lending sebagai perusahaan keuangan berbasis online.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki fintech sebagai penyedia biaya pendidikan di antaranya ialah sebagai berikut:

Prosesnya secara online dan lebih cepat

Untuk pengajuan pinjaman, peminjam dapat mengajukan secara online dengan cara mengirim email kepada instansi penyedia pinjaman Fintech. Jadi anda tidak perlu repot-repot mendatangi kantor karena semua proses dapat diselesaikan lewat online.

Persyaratannya yang mudah

Persyaratan yang harus dipenuhi untuk calon peminjam ialah sebagai berikut:

  • Pihak penjamin, harus ada orang yang menjamin peminjam ini. khusus pihak penjamin haruslah memiliki penghasilan yang tetap.
  • Peminjam sudah terdaftar sebagai siswa diploma, akademi, S1 maupun S2 atau yang lainnya yang setara di Indonesia dan program pendidikan tersebut sudah berjalan
  • Melengkapi dokumen seperti NIK, KTP, KTM, serta surat persetujuan wali
  • Bagi siswa baru wajib melampirkan surat penerimaan mahasiswa baru yang didalamnya mencantumkan nama, institusi, serta program apa yang anda ikuti
  • Bagi siswa yang aktif menyertakan transkrip akademik dan bukti riwayat pembayaran

Pinjaman tanpa jaminan

Produk pinjaman oleh perusahaan fintech ini tanpa suatu jaminan atau agunan. Ini merupakan kabar baik bagi mahasiswa karena pada umumnya mahasiswa belum memiliki barang yang cukup berharga untuk menjadi suatu jaminan.

Pelajar dapat mengajukan pinjaman

Selama ini telah diketahui bersama bahwa peminjam di bank hanyalah boleh seorang yang sudah berpenghasilan, tetapi Fintech hadir sebagai suatu inovasi sehingga pelajar pun bisa meminjam dana untuk pendidikannya.

Kini saatnya kita simak apa saja yang menyediakan pinjaman dana bagi mahasiswa dan bagaimana cara kerjanya:

#1 Dana Cita

Dana Cita ialah lembaga yang bertujuan memperluas akses bagi mahasiswa dengan jalan menjembatani kesulitan dalam pembiayaan pendidikan.

Melalui Dana Cita ini mahasiswa dapat memperoleh peminjaman dana untuk membiayai pendidikan vokasi dan perguruan tinggi.

Jumlah dana yang dipinjamkan ialah maksimal total biaya yang harus dibayarkan pada instusi tersebut, tetapi ini tergantung dengan kesanggupan pembayaran pinjaman. Waktu pengembalian pinjaman ialah hingga dua kali waktu pendidikan tersisa.

Apa sajakah persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon peminjam? syaratnya adalah sebagai berikut:

  • Mengisi pendaftaran pada website Dana Cita dengan cara menginput email pribadi yang masih aktif untuk dikirimkan formulir lewat email
  • Mengisi formulir secara lengkap dan mengirimkannya ulang melalui email
  • Apabila anda lulus dalam 24 jam anda akan mendapat pemberitahuan penawaran
  • Berdasarkan email penawaran tersebut, segera submit dokumen-dokumen yang diminta
  • Apabila anda lulus verifikasi, kemudian yang selanjutnya adalah penandatanganan MoU antara anda dan pihak peminjam
  • Pencairan akan langsung kepada lembaga anda menuntut ilmu

Simak juga ulasan terkait mengenai Rekomendasi tempat pinjaman uang online cepat cair serta artikel menarik lainnya tentang tips mengatur dan mengelola keuangan pribadi mahasiswa.

#2 DanaDidik

DanaDidik ialah lembaga menyediakan pengumpulan dana untuk biaya pendidikan tinggi dengan cara memfasilitasi pencari menemukan pihak yang bisa mendanai. Persyaratannya adalah sebagai berikut:

  • Hanya menerima mahasiswa program D1, D2, D3, serta S1 dalam negri dan sedang menempuh program tersebut. Selain ke empat itu tidak akan dierima.
  • Mahasiswa ada pada waktu maksimal 18 bulan sebelum lulus dengan memprioritaskan mahasiswa yang sedang menempuh semester 4 atau kurang.
  • Dana pembiayaan berkisar antara 2 hingga 10 juta
  • Masa pengembalian pinjaman yakni hingga 30 bulan setelah lulus
  • Memiliki penjamin yang nantinya akan bertanggung jawab penuh secara hukum. Penjamin minimal berusia 21 tahun dan masih memiliki kekerabatan dengan peminjam

Setiap peminjam di DanaDidik akan melewati verifikasi dan survey sebelum dana tersebut diturunkan. Verifikasi sangat beragam dari kampus tempat menuntut ilmu, keluarga, dan lain sebagainya.

Serta menariknya, selama peminjam pada waktu sebagai pelajar danadidik menerapkan bunga 0%. Apabila peminjam telah lulus dan sudah berpenghasilan, pembayaran pinjaman ini menerapkan sistem bagi hasil yang akan dijelaskan sebagai berikut:

Pinjaman         Persentase Angsuran Setelah Bekerja

<= 2 juta              10% dari gaji

<= 5 juta              15% dari gaji

<= 8 juta              25% dari gaji

<= 10 juta            30% dari gaji

Contoh:

Mahasiswa meminjam sebanyak Rp 2 juta  dengan kurun waktu 6 bulan lagi lulus dan 30 bulan pelunasan sejak lulus, maka angsurannya yaitu:

  • saat masih kuliah angsurannya ialah Rp 2 juta/36 bulan = Rp 56,000 setiap bulan tanpa bunga
  • Setelah lulus dengan gaji Rp 1 juta per bulan, cicilan adalah 10% x 1 juta = Rp 100 ribu setiap bulan
  • Setelah lulus dengan gaji Rp 5 juta per bulan, cicilan adalah 10% x 5 juta = Rp 500 ribu setiap bulan

#3 KoinWorks

KoinWorks menyediakan pinjaman bagi mahasiswa, salahsatu produknya yakni bernama KoinPintar. Selain berbasis online, KoinPintar menyediakan pinjaman tanpa suatu agunan apapun. Kemudian pada perusahaan ini juga memiliki instrument investasi online yang menguntungkan untuk anda coba.

Periode pinjamannya yakni 6, 12, 18 hingga selama 24 bulan dengan pinjaman mencapai 250 juta. Untuk bunga yang dibebankan yakni 0,75% setiap bulannya. Hal yang perlu anda ketahui saat meminjam dana pada KoinPintar adalah sebagai berikut:

  • Pinjaman akan diberikan kepada peminjam yang institusi tempatnya belajar telah bekerjasama dengan KoinPintar karena dana akan langsung disalurkan ke institusi tersebut
  • Total pinjaman yakni maksimal 80% dari biaya pendidikan
  • Memiliki penjamin yang mana penjamin tersebut memiliki penghasilan

Pembiayaan pendidikan ialah tantangan dan juga masalah yang harus bisa diselesaikan dengan salah satunya melalui cara meminjam dana.

Biasanya masyarakat mempercayakan setiap pinjaman kepada bank tetapi karena bank tidak dapat meminjamkan dana untuk biaya pendidikan, muncullah Fitench untuk mengambil peluang.

Ada tiga lembaga yang bisa mendanai biaya pendidikan seperti yang telah disebutkan diatas. Dalam memilih lembaga mana yang anda pilih untuk membiayai pendidikan anda, anda harus memperhatikan baik-baik syarat dan ketentuan yang berlaku.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!