Fungsi dan Manfaat Dari Pendapatan Nasional atau National Income

Manfaat pendapatan nasional brainly manfaat perhitungan pendapatan nasional

Pendapatan Nasional atau National Income menurut Wikipedia merupakan jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh RTK (Rumah Tangga Keluarga) pada suatu negara dari penyerahan faktor-faktor.

Periode pendapatan nasional ini biasanya dalam kurun waktu satu tahun lamanya.

Apakah anda telah mengetahui fungsi dan manfaat dari diketahuinya pendapatan nasional? Berikut akan dituliskan beberapa kegunaannya antara lain adalah sebagai berikut:

#1 Menghitung jumlah pendapatan negara

Sesuai dengan namanya, tentu fungsi pertama dari diketahuinya pendapatan nasional adalah untuk menghitung banyaknya pendapatan yang diterima oleh negara.

Setelah diketahui, maka negara bisa membandingkan dengan pendapatan negara pada tahun sebelumnya dengan tahun pendapatan negara tersebut dihitung.

Maka negara akan mengetahui apakah kondisi ekonomi negara tersebut semakin baik ataukah buruk, sehingga pemerintah bisa segera mengambil langkah bijak untuk mengatasinya.

#2 Mengetahui untung ruginya suatu negara

Setelah dilakukan perhitungan pendapatan negara, maka kita dapat mengetahui besarnya keuntungan maupun kerugian yang ada pada negara tersebut.

Mengetahui seberapa besar keuntungan dan kerugian bisa menjadi ajang untuk evaluasi perekonomian yang tepat bagi negara, agar kerugian bisa ditekan dan keuntungan bisa maksimal.

#3 Mengetahui banyaknya pengeluaran yang dilakukan oleh negara

Apabila anda ingin mengetahui seberapa banyak pengeluaran yang dilakukan oleh negara, maka anda dapat mengetahuinya melalui pendapatan nasionalnya.

Karena nantinya akan tercantum di pendapatan nasional tersebut terkait jumlah banyaknya yang diterima dan juga banyaknya yang dikeluarkan.

Mengetahui banyaknya pengeluaran itu amatlah penting karena bisa menjadi pertimbangan dan evaluasi untuk periode berikutnya terkait belanja negara apakah pengeluaran pada periode tersebut masih berada tahap wajar ataukah sebaliknya.

Baca juga info menarik tentang Standart akuntansi keuangan terbaru di Indonesia serta info terkait mengenai Profesi dan tugas akuntansi perpajakan.

#4 Mengetahui tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara

Pertumbuhan ekonomi suatu negara tentunya menjadi perhatian khusus yang selalu menjadi agenda pemerintah supaya negara tersebut selalu mengalami kenaikan dan bukannya kemunduran.

Tingkat pertumbuhan ekonomi ini nantinya akan dinyatakan dalam bentuk persen.

#5 Sebagai acuan untuk analisis ekonomi

Menganalisa suatu negara sangat dibutuhkan untuk berbagai macam kepentingan. Salah satunya adalah untuk menentukan langkah atau perencanaan selanjutnya yang akan diambil.

Dengan adanya pendapatan nasional, maka kita dapat menganalisis suatu keadaan ekonomi suatu negara.

#6 Mengetahui peranan bisnis di suatu negara

Kita pasti tahu bahwa kontribusi bisnis dalam suatu negara itu penting. Pentingnya bisnis untuk merangsang perekonomian juga ditunjukkan lewat kebijakan-kebijakan pemerintah yang ingin mendorong agar bisnis di negaranya maju bahkan melalui UMKM yang ada.

Dengan adanya pendapatan nasional, maka dapat diketahui berapa besar peranan atau kontribusi suatu bisnis di negara itu sehingga pemerintah juga dapat melakukan evaluasi dan berusaha meningkatkan perekonomian melalui sektor bisnis tersebut.

#7 Untuk acuan membuat kebijakan diperiode selanjutnya

Negara dalam memperbaiki perekonomian negaranya tidaklah berhenti, melainkan terus menerus dan selalu memperbaiki agar keadaan ekonominya semakin membaik dari tahun ketahun.

Dengan adanya pendapatan nasional, negara memiliki acuan dalam menentapkan kebijakan yang ada.

Misalnya, pada pendapatan nasional kali ini pengeluaran sangat membengkak dibagian belanja peralatan negara, maka dapat ditinjau kembali dan dilihat apa yang sekiranya dapat dikurangi.

Tentu saja dalam menetapkan kebijakan ini tak akan jauh dari berbagai faktor yang terlibat di dalamnya seperti hutang negara, keuntungan yang diperoleh negara, dan kerugian yang dialami oleh negara tersebut.

#8 Penggolongan suatu negara

Darimana sih negara dapat dikatakan sebagai negara Industri? atau negara dikatakan sebagai negara agraris? tentu dari besaran pendapatan nasional yang dihasilkan pada suatu sektor tertentu.

Dengan pendapatan nasional, maka kita dapat mengetahui besarnya pendapatan yang ada berasal dari mana dan masuk golongan negara apakah negara kita ini.

#9 Mengukur tingkat kemakmuran

Darimanakah negara dapat mengetahui apakah negara ini merupakan negara yang memiliki tingkat kemakmuran yang tinggi ataukah tidak?

Jawabannya adalah melalui pendapatan nasional. Dengan adanya pendapatan nasional, maka kita dapat mengetahui seberapa tingkat kemakmuran yang dimiliki ataukah rendah atau sebaliknya cukup tinggi.

Itulah beberapa fungsi dari diketahuinya pendapatan nasional atau national income dari suatu negara.

Apakah anda tahu pendapatan nasional Indonesia pada periode sebelumnya? Bagaimana tingkat kemakmuran, pertumbuhan, dan tergolong apakah negara kita? Semoga artikel ini dapat memberi manfaat kepada para pembaca!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!