Advertisement

Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak dan IQ Dengan Berlatih Secara Konsisten

Meningkatkan IQ dan kecerdasan otak

Dalam artikel kita saat ini akan kita bahas mengenai cara meningkatkan kecerdasan dan IQ. Walaupun secara penelitian IQ lebih dari nilai rata-rata didapatkan dari genetika, tetapi kenyataannya tidak demikian, karena sebenarnya bisa kita latih. Berikut tips-tips yang bisa Anda lakukan :

Melatih pernapasan

Fungsi dari menarik napas dalam ini supaya darah mendapatkan pasokan oksigen yang tinggi kemudian diedarkan terutama di bagian otak sehingga fungsi otak akan meningkat. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan olah raga pernafasan kapan saja diinginkan.

Membiasakan membuat jurnal

Catharine M. Cox, seorang penulis buku, pernah mempelajari kebiasaan 300 orang jenius seperti Einstein, Isaac Newton dan Thomas Jefferson dan menemukan bahwa mereka merupakan penulis jurnal atau buku harian yang sangat rajin.

Thomas Edison sendiri diketahui sudah menulis sebanyak 3 juta halaman catatan, surat dan sepanjang hidupnya menuangkan pemikiran pribadinya kedalam ratusan jurnal pribadinya.

Selalu terus belajar dan menambah pengetahuan

Saat kita mempelajari hal-hal baru, kita menciptakan bagian aliran arus syaraf baru dalam otak kita. Sehingga selama masih diberikan waktu untuk bisa belajar hal yang baru gunakanlah.

Orang yang dikategorikan “pintar” adalah seorang yang memiliki aliran arus lebih banyak dibandingkan dengan orang lain.

Berlatih membaca dengan cepat

Photo Reading merupakan teknik yang sangat mudah dipelajari dan akan membantu anda memproses informasi tertulis dalam jumlah besar lebih cepat serta membantu  mengingat informasi tersebut lebih baik dibandingkan dengan metode tradisional yang diajarkan di sekolah.

Meskipun kebanyakan teknik membaca cepat mengajarkan anda cara untuk menggerakkan mata anda dengan lebih cepat dalam setiap halaman yang dibaca, photo reading merupakan sistem membaca yang mengajarakan cara menggunakan pikiran sadar dan bawah sadar ketika membaca.

Cobalah dengan beberapa bahan bacaan yang ringan menerapkan tehnik berbeda yang melibatkan pikiran sadar  dan dibawah sadar untuk meningkatkan IQ.

Memiliki waktu istirahat teratur meskipun singkat

Belajarlah pada saat otak Anda berada pada fase setelah istirahat, karena otak lebih relax dan syaraf di dalamnya sudah sipa untuk bekerja kembali.

Pada saat sudah mulai agak Lelah, ambilah waktu untuk beristirahat sejenak bisa dengan menggerakan badan secara ringan maupun jika mata sudah terlalu capai bisa tidur sebentar.

Rata-rata otak manusia bisa bekerja maksimal dalam 20 menit pertama, setelah itu sebaiknya ambil waktu rehat sejenak.

Mengingat informasi dengan akronim

Akronim merupakan bentuk singkatan yang dibentuk dari huruf awal setiap kata maupun pengambilan suku kata yang bisa dijadikan sebuah kalimat mudah di ingat.

Metode ingatan ini akan membantu anda untuk menguasai informasi dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat dan cukup membantu meningkatkan IQ anda. Sebagai contoh kita diharuskan menguasai nama 9 planet di tata surya, sehingga bisa singkat menjadi “Meme Venus Beli Motor Jupiter Satu Untuk Nenek Peyot”

Jangan lupakan sarapan pagi

Sarapan telah terbukti dapat meningkatkan daya konsentrasi, kinerja mental dan daya ingat, kemampuan memecahkan masalah dan mood.

Dalam sarapan mengandung kandungan yang diperlukan tubuh dan terutama otak yaitu glukosa sebagai sumber utama energi.

Makan di pagi hari sebelum memulai aktivitas merupakan kesempatan pertama bagi tubuh untuk mengisi ulang glukosa setelah periode 8 hingga 12 jam tanpa makanan.

Tubuh harus bergerak cukup

Gerakan tubuh dapat membantu dalam perkembangan dan proses belajar. Oleh Dr. Paul Dennison, seorang spesialis pendidikan yang telah mengembangkan olah raga otak (brain gym) selama 25 tahun dan telah diketahui dapat membantu dalam hal

  • Pemahaman
  • Konsentrasi
  • Berpikir secara abstrak
  • Daya ingat
  • Keletihan mental
  • Kemampuan menyelesaikan tugas
  • Keseimbangan fisik dan koordinasi

Cobalah belajar meditasi

Para ahli syaraf mengatakan bahwa meditasi dapat mengubah struktur otak. Hasil scan MRI dari para sukarelawan menunjukkan kegiatan otak lebih banyak dalam sirkuit otak  khususnya dalam memperhatikan sesuatu.

Sebagai contoh hasil penelitian pada saat diteliti menggunakan suara musik yang dialunkan, hasil yang didapat melalui scan MRI adalah orang yang sering bermeditasi hanya terpengaruh sedikit pada area kecil otak yang berfungsi dalam emosi dan pengambilan keputusan.

Sedangkan bagi orang tidak atau kurang bermeditasi menunjukkan hasil yang sangat terpengaruh dengan alunan tersebut.

Kurangi makanan kadar gula tinggi

Karbohidrat dalam bentuk apapun seperti nasi, pasta, ubi, roti putih dan keripik kentang dapat membuat anda merasa lelah, malas dan sulit berpikiran jernih apabila mengkonsumsi dalam jumlah banyak.

Penyebabnya adalah kadar insulin yang dihasilkan dari oleh pankreas untuk menurunkan kadar gula tinggi yang dihasilkan dari makanan karbohidrat.

Mengolah kecerdasan emosional (EI)

Selama bertahun-tahun publik lebih mengutamakan aspek kecerdasan merujuk pada kemampuan berpikir logis seperti matematis, pemahaman ruang, analogi, verbal, dan lain-lain.

Namun dengan seiring berjalannya waktu banyak orang merasa mereka sudah membuang potensi yang dimiliki dengan berpikir, bersikap, dan berkomunikasi dalam cara-cara yang menghambat peluang mereka mencapai kesuksesan.

Kecerdasan emosi diakui sebagai kemampuan meta fisik yang memungkinkan untuk memanfaatkan kemampuan serta bakat secara optimal.

Menggunakan waktu dengan baik

Gunakan setiap waktu anda ketika tidak terisi aktifitas apapun. Seperti pada saat mengantri bisa digunakan dengan bermain tebak kata, maupun pada saat berada di dalam transportasi umum dan belum sampai ke tujuan bisa diisi dengan membaca buku.

Baca juga artikel menarik tentang kiat sukses mengembankan bisnis kecil dengan cepat serta ulasan terkait mengenai cara mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri.

Olahraga pagi (joging)

Olah raga yang mengolah detak jantung sehingga mengeluarkan keringat bisa membuat otak kembali bisa bekerja secara optimal.

Para ahli pun berpendapat dengan adanya aktifitas seperti lari maupun aerobic dapat mempertajam kecerdasan, meningkatkan mood dan bisa mencegah hilang ingatan dalam jangka waktu yang lama.

Melatih semua indera

Menurut pendapat rara ilmuwan otak manusia belajar paling efektif melalui kegiatan-kegiatan yang melibatkan berbagai panca indra.

Semua kalangan usia dapat belajar dengan baik ketika menggunakan semua pancaindera yang dimilki seperti pengecap dan perasa, pendengaran, perabaan, penglihatan dan emosi.

Seorang penulis buku bernama Mike Adams dalam bukunya menjelaskan bahwa anak yang diberikan pelajaran mengenai arti kata “tanpa bobot” secara verbal atau lewat ucapan hanya memperoleh informasi mengenai kata tersebut melalui 1 indera saja yaitu pendengaran.

Tetapi dia belum mengerti apa arti kata tersebut. Sehingga bisa kita beri pengertian lewat pelatihan indera yang lain seperti tunjukkan anak film mengenai astronot yang melayang di udara yang mengasah indrera penglihatan.

Setelah itu minta anak untuk melompat menggunakan trampoline serta berteriak “tanoa bobot”. Dengan begitu anak akan memahami arti kata tersebut.

Melatih gelombang otak alpha

Penelitian menemukan bahwa kondisi ideal untuk belajar adalah ketika otak sedang dalam kondisi santai tetapi tetap fokus dan terjaga. Dalam keadaan ini gelombang otak berjalan sekitar 8 hingga 12 siklus per detik yang dikenal dengan istilah kondisi alpha.

Mengonsumsi antioksidan

Fungsi antioksidan utamanya adalah untuk melindungi dan memperbaharui sel yang ada di seluruh tubuh manusia. Otak adalah organ paling penting, sehingga perlu kita jaga dengan mengkonsumsi seperti kismis, bayam, bawang putih, dan keluarga berry yaitu strawberry, cranberry, blueberry, cranberry.

Memainkan ituisi

Dalam mengumpulkan berbagai informasi gunakanlah intuisi atau kemampuan memahami sesuatu tanpa melewati penalaran rasional yang mana dengan cara ini akan mengasah kecerdasan otak serta meningkatkan IQ secara cepat.

Dengan mengandalkan intuisi berarti memperluas kewaspadaan dan mengarahkan anda pada alam bawah sadar untuk mengumpulkan informasi dari lingkungan sekitar anda.

Meningkatkan kemampuan memori

Nama lain dari sistem ini adalah sistim objek angka berfungsi untuk mengingat daftar kata dengan mudah dan dihubungkan dengan angka yang diwakili oleh kata-kata tersebut. (1-10, 1-100, dan seterusnya).

Sebagai contoh, jika anda diminta untuk menghapalkan beberapa benda dalam waktu singkat, bisa anda gunakan tehnik disesuaikan dengan angka yang cocok. Pada saat diminta untuk menyebutkan kembali, Anda bisa mengingat angka yang berurutan dengan gambar yang ditangkap oleh panca indera penglihatan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!