Advertisement

Cara Mengurus dan Tahap Membuat Surat Keterangan Usaha (SKU)

Proses mengurus membuat surat keterangan usaha SKU

Cara Mengurus dan Tahap Membuat Surat Keterangan Usaha  (SKU)

Banyak yang masih belum memahami cara mengurus atau langkah langkah membuat surat keterangan usaha (SKU) yang notabene memang perlu dan dibutuhkan oleh pelaku bisnis.

Pada praktiknya surat keterangan usaha itu sangatlah penting karena untuk dijadikan persyaratan dalam pengajuan kredit modal ke bank atau lembaga keuangan lainnya misalnya untuk keperluan pengembangan usaha.

Seperti namanya kalau Surat Keterangan Usaha (SKU) merupakan surat yang dibuat oleh pihak yang berwenang dalam hal ini adalah keluarahan atau pun kepala desa untuk menjelaskan bahwa nama orang yang tertera dalam surat tersebut merupakan penduduk di RT dan RW yang berada di bawah kelurahan atau desa tersebut dan benar memiliki usaha yang disebutkan didalam nya.

Langkah langkah mengurus pembuatan surat keterangan usaha

Jika anda memiliki niatan untuk mengajukan pinjaman ke bank dan tidak memiliki surat ini maka anda bisa membuatnya dengan tahap tahap sebagai berikut:

Adapun dalam proses pembuatan Surat Keterangan Usaha terlebih dahulu anda harus  mempersiapkan beberapa dokumen pendukung untuk membuatnya di kantor kelurahan dan kecamatan yakni:

  1. Surat Pengantar RT/RW
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku (Asli & Fotokopi)
  3. Fotocopy Kartu Keluarga (KK)
  4. Surat Pernyataan atau Permohonan

Setelah semua dokumen pendukung dalam pembuatan Surat Keterangan Usaha telah anda penuhi maka anda perlu untuk mengikuti beberapa tata cara berikut ini:

#1 Dapatkan surat pengantar dari RT RW setempat

Yang perlu anda persiapkan pertama kali dalam proses pembuatan SKU adalah surat pengantar RT atau RW.

Proses pembuatannya cukup mudah yakni tinggal datang saja ke pengurus RT atau RW setempat maka pihak terkait akan membuatkannya.

Namun dalam proses pembuatannya anda perlu untuk membawa KTP dan Kartu Kelurga. Surat pengantar ini dibeberapa tempat memiliki nama yang berbeda yakni Surat Keterangan Domisili sebagai bukti anda benar tinggal di lingkungan tersebut.

Surat tersebut kemudian ditandatangani oleh RT dan diresmikan oleh RW. Dalam proses pembuatannya ada yang memerlukan biaya ada juga yang tidak memungut biaya tergantung kebijakan dari masing masing pihak yang terkait.

#2 Mendatangi kantor kelurahan (Kepala Desa)

Setelah surat pengantar anda dapatkan maka kemudian bawalah serta dengan berkas yang lainnya ke kantor kelurahan atau kepala desa.

Di sana anda akan diminta untuk mengisi formulir pembuatan surat keterangan usaha. Setelah semua persyaratan anda serahkan maka anda tinggal menunggu SKU jadi.

Mengenai berapa lama waktu tunggunya bisa anda tanyakan kepada pihak terkait. Proses pembuatan SKU sama sekali tidak dipungut biaya.

#3 Bawa berkas ke kantor kecamatan

Setelah Surat Keterangan Usaha jadi maka langkah selanjutnya anda tinggal membawanya ke kantor kecamatan.

SKU tersebut nantinya akan ditandatangani oleh camat dan distempel. Sama seperti di kantor kelurahan proses pengesahan SKU tidak dipungut biaya alias gratis. Umumnya SKU memiliki masa berlaku yakni satu tahun sejak tanggal diterbitkan.

Simak juga ulasan terkait mengenai cara dan prosedur mengurus NPWP serta artikel menarik lainnya tentang cara mendaftarkan merek dagang ke ditjen HKI.

Contoh format Surat Keterangan Usaha (SKU)

Berikut ini adalah contoh format Surat Keterangan Usaha (SKU) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa:

[Kop Surat Kepala Desa]

 

SURAT KETERANGAN USAHA

Nomor:____________

 

Yang bertandatangan di bawah ini, Kepala Desa {Nama Desa}, Kecamatan {Nama Kecamatan}, Kabupaten {Nama Kabupaten}, dengan ini menerangkan bahwa:

Nama                        :

No. KTP                     :

Jenis Kelamin          :

Tempat/Tgl. Lahir :

Agama                      :

Pekerjaan                 :

Alamat                      :

Adalah benar penduduk yang berdomisili di Desa {NamaDesa}, Kecamatan {Nama Kecamatan}, Kabupaten {Nama Kabupaten}.

Berdasarkan pengamatan kami bahwa nama tersebut adalah benar memiliki usaha {Jenis usaha Anda, misalnya warung, bengkel, atau toko} dengan nama {Nama usaha Anda} di wilayah Desa {Nama Desa}.

Adapun Surat Keterangan ini dibuat untuk kelengkapan persyaratan {jenis keperluan, misalnya Pengajuan Kredit ke Bank}.

Demikian Surat Keterangan Usaha ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dan bagi instansi yang berkepentingan menjadi bahan periksa adanya.

Dikeluarkan di : {NamaDesa}

Pada tanggal    : {Tanggal SKU diterbitkan}

Kepala Desa {Nama Desa}
Kecamatan {Nama Kecamatan}, {Nama Kotamadya/Kabupaten}

 

 

({Nama Kepala Desa})

Umumnya pembuatan SKU ini tidaklah dipungut biaya alias gratis namun untuk berjaga jaga tidak ada salahnya jika anda menyaipkan biaya administrasi jika sewaktu waktu diminta.

Pembuatan  SKU bisa dibilang penting karena nantinya akan digunakan sebagai persyaratan pengajuan kredit di bank maupun untuk dilampirkan dalam pengurusan yang berkaitan dengan bisnis lainnya. Dengan memiliki bukti fisik ini maka pihak yang akan melakukan verifikasi keabsahan usaha anda akan semakin percaya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!