Kiat Memulai Bisnis Waralaba Beserta Keunggulan dan Kelemahan Dalam Menjalankannya

Bagaimana memulai usaha franchise untuk pemula

Cara memulai usaha franchise atau bisnis waralaba bagi pemula sebaiknya dengan menganalisa beberapa keunggulan serta kelemahan yang ada dalam aktifitas ini sebelum anda terjun secara totalitas didalamnya.

Menemukan produk baru atau setidaknya inovasi dari suatu produk mungkin tidak terlalu sulit. Yang menjadi sulit adalah produk yang kita buat akankah diminati masyarakat? Apalagi apabila masyarakat kurang mengetahui tentang produk itu.

Bagi pebisnis pemula, memulai bisnis dari nol adalah hal yang sangat riskan dikarenakan jam terbang yang kurang pada bidang bisnis. Bahkan ada penelitian yang mengungkapkan bahwa hanya sepuluh persen produk yang baru bisa benar-benar bertahan dan makin berkembang.

Bagaimana memulai usaha franchise agar bisa berjalan dengan baik?

Bagi pebisnis pemula, usaha franchise atau waralaba memang menjadi pilihan yang tepat dengan resiko seminimal mugkin dibandingkan dengan memulai usaha dari nol.

Disisi lain, seorang pemula yang memulai terjun dalam dunia bisnis waralaba akan memperoleh pengalaman yang sangat berharga sehinga kedepannya menjadi lebih siap apabila akan membuat bisnis dengan produk sendiri.

Keunggulan bisnis waralaba atau franchise

Sebelum mengetahui cara bisnis waralaba bagi pemula, anda harus mengetahui apa saja keunggulan bisnis yang lebih dikenal dengan sebutan franchise ini.

  • Kita sebagai investor akan diberi pelatihan dasar tentang segala sesuatu pada bisnis yang kita modali. Misalnya kita berbisnis franchise pada bidang kuliner, maka kita akan diajari cara pembuatan, proses menghidangkan, dan tentu saja kita juga diajari strategi marketingnya.

Bagus sekali bukan? Kita akan belajar bagaimana nantinya menjalankan bisnis sekaligus membekali kita dasar-dasar berbisnis nantinya apabila kita ingin membuka usaha sendiri.

  • Segala sesuatu kebutuhan produk hingga peralatannya sudah disediakan oleh franchisor. Rata-rata franchisor sangat memiliki standar yang tinggi akan produknya, maka dari bahan pokok hingga peralatannya harus sama dan sesuai standar. Kabar baiknya, maka kita tidak perlu susah-susah untuk menyiapkan tersebut
  • Produk tersebut sudah populer. Produk waralaba biasanya sudah terkenal dikalangan masyarakat sehingga kita tidak perlu memperkenalkan produk tersebut dari nol.
  • Karena hal-hal yang disebutkan diatas, maka waktu yang digunakan lebih efektif dan efisien.

Kelemahan bisnis waralaba atau franchise

Nah setelah mengetahui keunggulan dari bisnis waralaba, kita perlu juga mengetahui kelemahannya. Mengapa ini perlu? Agar lebih objektif dan sebagai bahan pertimbangan dalam memulai usaha ini.

  • Usaha yang anda jalani bukanlah milik anda sepenuhnya. Anda hanyalah seorang investor, dan hakikatnya usaha tersebut tetaplah milik franchisor atau pemilik merek tersebut.
  • Apabila suatu saat anda ingin memindahkan tangan usaha anda, anda tidak bisa melakukan itu sehingga otomatis anda akan mengalami kerugian apabila menutup usaha tersebut.
  • Anda harus mengikuti segala aturan dan standart yang dimiliki pihak franchisor
  • Pada hakikatnya saat anda berinvestasi kefranchise, anda menguntungkan pihak franchisor, karena dasarnya bisnis ini adalah bisnis kemitraan.

Simak juga ulasan terkait mengenai 10 Macam usaha waralaba 2018 yang masih sangat menjanjikan serta artikel menarik lainnya tentang contoh usaha franchise makanan dengan modal kecil.

Kiat untuk memulai usaha franchise bagi pemula

Agar bisnis yang akan anda jalankan menuai sukses yang besar, anda perlu memperhatikan kiat atau tips-tips yaitu:

#1 Teliti sebelum menginvestasikan modal anda

Sebaiknya anda tidak hanya mendengarkan penjelasan dari pihak yang menjual slot franchise kepada anda, karena tentu saja ini bersifat subyektif.

Anda perlu menganalisis dan mengadakan riset kecil tentang produk tersebut. Riset bisa dilakukan dengan bertanya kepada khalayak ataupun dengan mengamati langsung pada pasar produk.

#2 Menghindari membeli karena murah

Ini bukan berarti waralaba yang murah artinya tidak berkualitas. Tetapi anda perlu sekali meneliti apakah waralaba ini memiliki sistem manajemen yang kuat, standar yang bagus, dan prospek yang besar.

Tentu saja anda ingin bisnis anda maju kan? Maka ini perlu dipertimbangkan. Jangan sampai anda hanya membeli waralaba karena murah tetapi kualitasnya yang jelek.

#3 Mengetahui tujuan anda

Saat memulai usaha, anda harus sudah tau tujuan anda mengapa anda membuka dan membeli bisnis waralaba ini? Apakah hanya sebagai pekerjaan sampingan, ataukah untuk

Pekerjaan utama, ataukah untuk mencoba-coba. Ini penting agar anda nantinya tidak kehilangan arah saat bisnis ini telah beroperasi.

#4 Sadar akan resiko berbisnis franchise atau waralaba

Setiap bisnis ada resikonya. Resiko setiap bisnis ada dua. Yakni resiko untung dan rugi. Maka anda harus mempertimbangkan matang-matang pula kerugian yang akan anda dapatkan apabila ada faktor-faktor yang kemungkinan datang.

Anda juga harus mengetahui berapa persen tingkat kegagalan para investor yang menginvestasikan modalnya pada waralaba tersebut.

Hal ini akan membantu anda menentukan apakah sebaiknya anda menerukan memilih waralaba tersebut ataukah berganti waralaba yang lain yang memiliki resiko yang lebih rendah bagi pemula.

Baca juga artikel tentang 6 faktor paling umum penyebab kegagalan bisnis serta ulasan terkait mengenai alasan mengapa bisnis waralaba akan menjadi ekspansi usaha yang sangat menguntungkan.

#5 Lebih memilih waralaba yang tidak membutuhkan banyak karyawan

Apabila karyawan yang dibutuhkan untuk bisnis waralaba sangat banyak, anda akan mengeluarkan banyak uang untuk biaya operasional sedangkan keuntungan anda tetap. Ini akan merugikan anda bukan?

Itulah sedikit cara dan tips bagi anda yang ingin memulai bisnis khususnya sistem waralaba. Dalam berbisnis waralaba terdapat kekurangan dan kelebihan, yang tentu saja harus dipertimbangkan matang-matang.

Pada dasarnya waralaba cocok bagi pemula karena kecil resiko kegagalan dibanding dengan memilih membuka usaha sendiri dari nol. Yang harus dilakukan adalah sikap yang selalu kritis, optimis, pantang menyerah, dan mau selalu belajar.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!