Advertisement

Membayar BPJS Lewat ATM: Perhatikan Tahap dan Rekening Bank Tujuan

Cara Membayar Tagihan BPJS Melalui ATM Mandiri, BRI, dan BNI

Cara membayar iuran BPJS kesehatan paling mudah adalah dengan menggunakan fasilitas transfer melalui ATM dan harap diperhatikan tahap tahapnya beserta nomor rekening bank tujuan.

Tidak bisa dipungkiri jikalau kehidupan manusia semakin hari akan semakin dimudahkan oleh segala pelayanan dan teknologi yang sangat inovatif. Memang tujuan utama adanya teknologi adalah untuk memudahkan dan membantu manusia dalam segala hal.

Ada banyak sekali update teknologi yang tanpa kita sadari kita senantiasa menggunakannya, salah satunya adalah ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Teknologi ini merupakan seperangkat elektronik yang membantu para nasabah bank untuk mengambil dan mengecek rekening tabungannya tanpa harus bolak balik ke bank.

ATM memang memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Bahkan saat ini ATM tidak hanya digunakan untuk mengambil uang saja melainkan melakukan segala bentuk transaksi finansial termasuk sekedar membeli pulsa.

Pembayaran BPJS Lewat ATM

Perlu anda ketahui bahwa saat ini ATM telah menyediakan menu tersendiri untuk melakukan berbagai macam pembayaran, salah satunya yakni untuk membayar BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Lalu bagaimana caranya? Berikut ini penjelesan lengkapnya.

Perhatikan Waktu Pembayaran Iuran

Perlu anda ketahui bahwa BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan haruslah anda bayar dengan teratur dan tepat waktu. Untuk waktu akhir pembayaran yang telah ditetapkan oleh pihak BPJS adalah pada tanggal 10 untuk setiap bulannya.

Jika anda telat dalam melakukan pembayaran maka konsekuensinya anda akan dikenakan dendan sebesar 2%. Oleh sebab itu selalu usahakan untuk membayarnya tepat pada waktunya.

Perhatikan Bank yang Akan Dituju

Setelah anda mengetahui mengenai aturan pembayaran BPJS Kesehatan, maka hal lain yang perlu juga untuk anda ketahui adalah bank yang dituju. Karena tidak semua bank memberikan pelayanan pembayaran BPJS Kesehatan.

Hanya bank bank yang telah bermitra dengan BPJS saja yang bisa memberikan pelayanan ini. Adapun beberapa bank yang memberikan pelayanan ini adalah:

  1. Bank Mandiri
  2. BRI
  3. BNI

Anda bisa datang langsung ke kantor untuk membayar BPJS Kesehatan, namun jika tidak sempat anda bisa melakukannya melalui ATM.

Bahkan sekarang jiga telah tersedia cara yang lebih mudah tanpa harus datang ke kantornya atau ke ATM, anda bisa membayarnya lewat Internet Banking.

Perhatikan Nominal Pembayaran

Selain beberapa hal di atas, ada satu hal lagi yang juga tidak kalah penting untuk anda perhatikan yakni nominal iuran yang akan anda bayarkan. Sehingga secara tidak langsung anda dituntut untuk memiliki saldo yang minimal sesuai dengan iuran BPJS yang akan anda bayarkan.

Oleh sebab itu cek terlebih dahulu saldo anda sebelum melakukan pembayaran. Jika anda datang ke ATM tiba tiba saldo anda tidak mencukupi maka kedatangan anda akan sia sia saja.

Untuk angka atau nominal yang harus anda bayarkan sendiri adalah sesuai dengan nominal saat mendaftar sebelumnya.

Jika anda saat daftar memilih kelas I maka nominal yang harus  anda bayarkan adalah sebesar Rp 59.500, untuk iuran kelas II maka nilainya sebesar Rp 42.500 dan untuk kelas III nominalnya sebesar Rp 25.500.

Langkah – langkah Umum Pembayaran BPJS via ATM

Setelah anda mengetahui semuanya mengenai ketentuannya maka langkah selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Pada umumnya pembayaran BPJS Kesehatan itu memerlukan kode, yakni:

  1. BRI 88888
  2. BNI 88888
  3. Bank Mandiri 89888

Setelah anda menentukan bank mana yang akan anda tuju dan mengetahui kodenya selanjutnya adalah menambahkan 11 digit angka nomor virtual dari belakang di kartu BPJS.

Misalnya saja Virtual Account untuk BRI adalah 8888801308270036. Untuk BNI maka 8888801308270036, dan untuk Bank Mandiri adalah 8988801308270036.

Simak juga ulasan terkait tentang cara cek saldo BPJS ketenagakerjaan serta artikel menarik lainnya tentang cara mengajukan kredit pada BPJS ketenaga kerjaan.

Cara Membayar Tagihan BPJS Melalui ATM Mandiri, BRI, dan BNI

#1 Bayar BPJS Melalui ATM Mandiri

Jika membayar BPJS Kesehatan melalui ATM Bank Mandiri, maka langkah – langkahnya sebagai berikut:

  • Siapkanlah Kartu ATM Bank Mandiri Anda
  • Masukan kartu ATM anda kemesin ATM
  • Pilihlah bahasa kemudian diikuti dengan menekan PIN ATM anda
  • Kemudian pilihlah BAYAR atau BELI
  • Kemudian pilih menu LAINNYA
  • Kemudian lanjutkan dengan memilih menu BPJS
  • Pilih salah satu yang Anda ikuti “BPJS Kesehatan” atau “BPJS Ketenagakerjaan
  • Selanjutnya pilih menu “Individu” jika anda membayarnyarnya dengan individe atau pilihlah “Badan Usaha” bagi yang ingin membayarkan karyawan
  • Setelah itu masukan kode 89888 dan kemudian tambahkan 11 angka dari belakang Nomor Virtual Account (nomor yang ada pada kartu BPJS) lalu tekan “BENAR
  • Masukkan jumlah bulan yang akan anda bayar, kemudian tekan BENAR
  • Kemudian di layar akan muncul konfirmasi pembayarn anda, namun jangan langsung menekan YA tapi ketikkan angka 1 terlebih dahulu.
  • Akhirnya Anda berhasil melaukan pembayaran BPJS melalui mesin ATM

#2 Bayar BPJS Melalui ATM BRI

Jika anda membayar iuran BPJS Kesehatan melalui ATM BRI maka berikut ini langkah – langkahnya:

  • Masukan kartu ATM anda ke Mesin ATM
  • Kemudian pilihlah bahasa dan diikuti memasukkan PIN ATM anda
  • Kemudian pilihlah Transaksi Tunai atau Paket Tunai pada menu di layar
  • Kemudian pilihlah Transaksi Lainnya
  • Pilih Pembayaran
  • Kemudian akan muncul pilihan lagi, lalu pilihlah Lainnya sampai anda jumpai menu BPJS jika belum ada maka pilih lagi Lainnya
  • Kemudian pilih BPJS
  • Pilih BPJS Kesehatan
  • Masukkan nomor Virtual Account
  • Kemudian muncul nama dan sesuaikanlah datanya
  • Masukkan jumlah nominal yang akan anda bayarkan

#3 Cara Bayar BPJS Melalui ATM BNI

Jika anda membayar melalui ATM BNI maka langkah – langkahnya adalah sebagai berikut: Pilih menu “Pembayaran” -> BPSJ ->Masukan Virtual Account ->PilihKelas ->dan selesai.

Itu tadi beberapa informasi mengenai cara pembayaran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan melalui ATM.

Pada dasarnya layanan ini memang diperuntukkan untuk mempermudahkan pekerjaan masyarakat untuk membayarnya tepat waktu dan teratur.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!