Alasan Memilih Kuliah Jurusan Teknik Informatika Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

Alasan kelebihan dan kekurangan kuliah teknik informatika

Jurusan Teknik Informatika termasuk jurusan yang tinggi peminat, tapi taukah anda apakah itu jurusan Teknik Informatika? Mungkin ketika mendengar nama tersebut, yang terlintas difikiran kita adalah jurusan yang membutuhkan seorang ahli komputer dengan gadget yang super canggih, kan?

Daripada menerka-nerka apa itu jurusan teknik informatika, mari simak penjelasannya serta kelemahan dan kelebihan berkuliah jurusan IT ini.

Teknik informatika ialah jurusan kuliah yang mempelajari tentang penerapan logika dan informasi yang ada pada komputer.

Benar apabila jurusan ini selalu dikaitkan dengan komputer karena memang jurusan ini adalah jurusan menjurus pada ilmu komputer, jadi bisa dibilang IT ini merupakan anak cabang dari ilmu komputer. Secara khusus, jurusan IT ini akan menangani tentang pengolahan data komputer.

Apa itu logika komputer? Tentu saja berbeda dengan logika manusia yang umum kita ketahui dan rasakan, logika komputer itu terkait dengan bahasa program komputer, basis data, rekayasa perangkat lunak, dan masih banyak lagi.

Apabila memasuki jurusan ini, kita akan mengetahui bagaimana bisa suatu program pada komputer bekerja. Jadi intinya, saat anda berkuliah pada jurusan IT anda tidak akan hanya mengerti dasar-dasar pengoperasian komputer atau hanya mengerti cara memperbaiki komputer yang rusak, lebih dari itu anda akan mengerti dasar-dasar kerja komputer yang tidak banyak diketahui orang awam.

Simak juga ulasan terkait mengenai strategi mencari kerja yang tepat setelah lulus kuliah serta artikel menarik lainnya tentang tips untuk mendapatkan beasiswa kuliah keluar negeri.

Kelebihan dan kekurangan berkuliah jurusan IT

Anda pasti bertanya-tanya apa saja kelebihan dan kekurangan berkuliah jurusan cabang ilmu perkomputeran ini, maka dari itu mari kita simak pertanyaan-pertanyaan umum seputar jurusan ini.

Apakah nantinya ilmu yang kita dapatkan sewaktu kuliah dapat  diaplikasikan pada dunia kerja ataupun aktifitas sehari-hari?

Jawabannya adalah, tentu saja iya. Semua ilmu pada dasarnya bermanfaat dan dapat diterapkan baik di dunia kerja bidang tersebut ataupun pada kehidupan sehari-hari, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Khusus untuk jurusan IT ini malah lebih kentara lagi, mengingat sekarang adalah zaman serba modern. Sekarang ini, segala sesuatu banyak yang telah bergantung pada teknologi informasi dan ini menjadi kelebihan kamu sebagai mahasiswa maupun lulusan jurusan IT.

Apakah kursus komputer sama dengan kuliah jurusan IT?

Pertanyaan ini menarik, lalu mengapa harus bersusah-susah kuliah jurusan IT yang dalam seleksi masuk perguruan tingginya sangat ketat dan memerlukan biaya yang banyak?

Jawabannya adalah, dua hal ini berbeda. Saat anda kursus komputer, yang anda pelajari adalah salah satu materi tentang perkomputeran saja. Berbeda dengan kuliah jurusan IT, anda akan diajari tentang dasar-dasar dan tidak langsung berfokus pada satu materi seperti di kursus.

Mana yang lebih bagus antara kursus komputer dengan kuliah jurusan IT?

Jawaban atas pertanyaan tersebut sebenarnya relatif, tergantung juga dengan motif anda dalam menambah ilmu terkait komputer.

Jika tujuan anda mengikuti kursus komputer untuk mempelajari salah satu materi kemudian untuk bekal anda bekerja, mungkin ini menjadi pilihan yang tepat.

Tetapi perlu diingat, bahwa kursus hanya mempelajari satu materi program komputer sehingga apabila ini kemudian tidak lagi diminati, anda harus ikut kursus dari awal.

Berbeda apabila anda kuliah, anda akan diajari dari dasar-dasarnya kemudian anda bisa memilih fokus yang akan anda pilih. Dengan begitu, anda akan dengan mudah mempelajari program-program atau fokus yang akan anda pilih karena anda telah memiliki dasar ilmunya.

Apa saja yang dipelajari di jurusan IT?

Seperti yang telah sedikit dibahas pada awal artikel ini, pada dasarnya nanti anda akan belajar teknik serta dasar ilmu komputer. Seperti contoh, anda akan belajar mengenai graphic design, pemprograman web, troubleshooting, database, dan lain sebagainya.

Apa peluang kerja lulusan jurusan IT?

Tentu saja adalah hal yang wajar apabila anda bertanya-tanya apa prospek pekerjaan lulusan jurusan IT. Lulusan jurusan IT pada dasarnya diharapkan mampu terjun pada bidang-bidang teknik informatika itu sendiri seperti Software Engineer, Aplication developer, pengembang game, dan lain sebagainya yang berhubungan langsung dengan teknik informatika,

Diluar hal tersebut sebenarnya masih sangat banyak. Lulusan jurusan IT bisa bekerja pada perusahaan-perusahaan nasional maupun multinasional, menjadi PNS, BUMN, bekerja pada perbankan, atau bahkan menjadi pengusaha.

Itulah sedikit mengenai kekurangan dan kelebihan berkuliah dijurusan Teknik Informatika. Berkuliah pada jurusan apapun sebenarnya bagus asalkan sesuai dengan passion kita.

Jangan lupa baca juga artikel tentang alasan kenapa seorang mahasiswa harus memulai bisnis serta ulasan menarik mengenai cara mengatur dan mengelola keuangan pribadi bagi mahasiswa.

Jangan pernah khawatir tidak mendapatkan pekerjaan setelah lulus kuliah karena pada dasarnya apabila kita mencintai apa yang kita kerjakan dan pelajari, pekerjaan akan mendatangi kita dengan sendirinya.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!