Daftar Komoditas Ekspor Indonesia Paling Tertinggi dan Negara Tujuan

Daftar macam komoditas ekspor Indonesia dan negara tujuan

Apa saja daftar macam macam komoditas ekspor Indonesia beserta negara tujuannya?

Anda tentu tidak asing dengan kegiatan ekspor. Ekspor adalah sebuah proses transportasi barang atau sebuah komoditas dari satu negara ke negeara lainnya.

Kegiatan ekspor biasanya dilakukan oleh sebuah perusahaan baik skala kecil hingga skala menengah untuk dapat bersaing dalam skala internasional.

Indonesia, adalah negara yang kaya akan sumber daya alamnya sehingga menjadikan Indonesia memiliki peran dalam mengekspor komoditas yang penting untuk dunia.

Nilai ekspor di Indonesia sendiri terus mengalami peningkatan pada setiap tahunnya.

Dilansir sebuah portal berita, Tirto.id, Enggartiasto Lukito selaku Menteri perdagangan mengatakan bahwa ada perbaikan terkait kinerja ekspor Indonesia di pertengahan 2017. Pada Juli 2017 tersebut, data ekspor tercatat naik sebanyak 16,8% dibandingkan dengan ekspor pada bulan sebelumnya. Nilai ekspor menjadi 13,6 miliar dolar AS.

Beberapaa negara yang menjadi sasaran ekspor paling besar Indonesia untuk hasil produksi memiliki kecenderungan untuk meningkat setiap tahunnya.

Negara dengan komoditas ekspor paling tinggi disandang oleh negara Paman Sam ini berjumlah 15,1 juta dolar AS (2016) dengan besarnya tren 1,74% yang dihitung dari tahun 2012 hingga 2016.

Kemudian disusul oleh negara Tiongkok dengan tren sebesar -1,09% yang memiliki nilai ekspor tinggi pula di tahun 2016 yakni 10,5 juta US dollar.

Apa sajakah komoditas ekspor negara Indonesia dan di mana sajakah negara tujannya?

Negara kita memiliki banyak komoditas yang dikirim ke banyak negara di dunia. Berdasarkan data yang terdapat pada situs kemenperin, terdapat lebih dari tigapuluh negara yang menjadi tujuan ekspor terbesar untuk kategori produk hasil industri.

Dibawah ini merupakan tujuh komoditas ekspor negara Indonesia dan juga negara-negara tujuannya.

#1 Kategori produk makanan

Produk kategori makanan banyak di ekspor oleh negara Indonesia ke berbagai negara pada banyak negara. Sebagai contoh, Indonsia banyak mengekspor udang yang dibekukan ke Amerika Serikat.

Permintaan udang beku ini merupakan komoditas tertinggi yang diminta oleh negara Amerika Serikat yang setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan.

Contoh merek udang yang berasal dari Indonesia yang sering di ekspor adalah Fresh on Time Seafood. Sedangkan ke negara Tiongkok, Indonesia banyak mengekspor margarin beku.

Salah satu brand yang sudah menembus pasar Internasional adalah Blueband, yang mana sudah amat sering kita dengar.

Saat ini negara kita mendominasi pasar minyak sawit di kancah global dengan angka produksi hingga 31 juta ton setiap tahunnya.

Bahkan Indonesia sempat memiliki rencana untuk mengandalkan produksi sawit hingga tahun 2030. Kenyataannya memang minyak kelapa sawit menjadi industri makanan yang kebanyakan diekspor ke banyak negara misalnya negara Belanda dan Nigeria.

Apa sajakah contohnya? merek ini tentu tidak asing ditelinga kita seperti Kunci Mas dan juga Filma.

#2 Kayu

Komoditi selanjutnya yang dieskpor oleh Indonesia adalah kayu tropis yang merupakan komoditas terbesar didunia.

Nilai ekspor ini dapat mencapai 5 miliar US dollar setiap tahunnya. Komoditi kunci utama untuk kategori satu ini antara lain bubur kayu, kayu lapos, kertas, veneer, mebel, proses pembentukan, serta penyambungan kayu.

Salah satu produk kayu yang sering diekspor ke banyak negara seperti negara Jepang dan Tiongkok adalah produksi dari PT Kayu Lapis Indonesia.

#3 Tekstil

Pada industri tekstil, negara Paman Sam julukan bagi negara Amerika Serikat merupakan pasar terbesar bagi negara kita.

Ada banyak pakaian siap pakai, pakaian rajut, kaoskaki rajut, serta perlengkapan baju lainnya. Untuk kategori pakaian jadi, brand yang biasanya dieskpor oleh negara Indonesia adalah The executive yang biasa ditemui di negara Malaysia, Singapura, serta negara Asia Tenggara yang lain.

Simak juga ulasan terkait mengenai 5 Macam peluang usaha agribisnis yang masih cukup menjanjikan serta informasi menarik lainnya tentang inspirasi memulai usaha kecil dengan omzet yang menggiurkan.

#4 Produk berbahan kulit

Untuk kategori produk ini contohnya adalah sepatu dan alas kaki kulit yang biasanya banyak dikirim negera Asia seperti Tiongkok dan Vietnam.

Permintaan tertinggi dari kulit yaitu antaralain kulit disamak, alas kaki, dan juga sepatu olahraga. Untuk sepatu olahraga yang dikirim ke negara Tiongkok mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari tahun 2015 hingga yakni mencapai angka 66.981,6 US dollar dan mencapai angka 109.034,2 US dollar di tahun 2016.

Bukan hanya Tiongkok, Indonesia juga banyak mengirim barang yang terbuat dari kulit asli dan kulit sintetis ke negara Malaysia, Australia, serta Hawaii. Salah satu merek yang biasanya diekspor antara lain yakni Edward Forrer yang merupakan perusahaan alas kaki dan tas yang berasal dari Indonesia.

#5 Komputer, Optik, serta Barang Elektronik

Industri ini ternyata juga banyak diekspor ke negara lain seperti negara Singapura. Produk yang biasanya dikirim biasanya berupa semi konduktor dan komponen elektronik seperti alumunium electrolytic dan juga tantalum.

Ada juga berupa perlengkapan komputer seperti optical character readers serta document/image scanners.

Apa saja contoh brand yang berasal dari Indonesia? contoh yang sudah amat sering kita tau yaitu Maspion.

Maspion mengekspor barang-barang elektronik kebutuhan rumah tangga seperti blender, setrika, dan kipas angin. Selain Maspion, ada juga Polytron yang memproduksi barang elektronik rumah tangga contohnya Radio dan juga Televisi.

#6 Getah karet

Karet alam di Indonesia produksinya setiap tahun mencapai 3,2 juta ton yang mana angka tersebut menghantarkan Indonesia menjadi eksportir karet yang paling besar kedua di kancah global setelah negara Gajah Putih.

Hasil produksi karet Indonesia yang mampu menembus pasar dunia hingga ke negara Amerika Serikat yaitu ban luar serta ban dalam.

Salah satu brand ban yang berasal dari Indonesia adalah GT Radial yang diproduksi oleh Perseroan Terbatas Gajah Tunggal. PT ini mengekspor ban jenis radial dengan merek GT Radial yang telah dikirim  ke banyak negara di Amerika dan juga Eropa.

#7 Biji Kopi dan Kopi

Kopi adalah salah satu komoditi dunia yang dianggap memiliki kedudukan yang vital. Indonesia boleh berbangga dengan hal ini karena mempunyai banyak sekali jenis kopi dan juga rasa yang berkualitas, yang mana akibatnya menjadikan Indonesia sebagai produsen biji kopi yang paling besar di dunia setelah Brazil dan juga Vietnam.

Indonesia memiliki banyak jenis kopi yang telah diekspor ke banyak negara seperti kopi toraja, kintamani, gayo, dan lain sebagainya.

Brand kopi asal Indonesia yang bernama Kopi Kapal Api bahkan telah menembus pasar global yang dapat dijumpai dinegara seperti Myanmar, Malaysia, serta Austria.

Setiap negara tentu memiliki sumber daya yang berbeda dan hal inilah yang kemudian menjadi alasa terjadinya perdagangan atau pertukaran komoditas antar satu negara dengan yang lainnya.

Dalam hal ini, Indonesia sendiri merupakan negara dengan sumber daya alam yang banyak, yang menyebabkan Indonesia menjadi eksportir beberapa komoditas penting yang telah disebutkan diatas.

Yang perlu di ingat adalah, produk yang diekspor oleh negara kita tidak terbatas oleh merek yang sudah besar.

Produk yang masih dalam kategori menengah pun dapat mengekspor ke luar negeri. Itulah ulasan tentang tujuh komoditas ekspor yang ada di Indonesia beserta negara tujuannya.

Untuk anda para produsen dan atau para calon pelaku usaha jangan bimbang untuk menjual produk anda hingga keluar negeri karena itu amat menguntungkan dan menambah daya saing serta menyumbangkan devisa negara.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!