Sering Stres & Tertekan dengan Pekerjaan Kantor? Pahami Hukum Parkinson dalam Manajemen Waktu dan Cara Mengatasinya

Mengatasi stress dan tertekan pekerjaan

Anda pasti pernah berada di situasi dimana anda merasakan sangat setres dengan pekerjaan kantor yang ada.

Semakin mendekati deadline, anda semakin merasakan setres yang menjadi-jadi.

Jika begini, banyak sekali akibat yang ditimbulkan seperti kesehatan diri yang terganggu, pekerjaan rumah yang terbengkalai, hingga menyebabkan pertengkaran dengan orang terdekat.

Sempat berfikiran untuk resign dan mencari pekerjaan yang lebih tidak menyebabkan stres. Apakah anda pernah merasa demikian?

Stres dalam menghadapi pekerjaan kantor bisa timbul karena berbagai faktor seperti misalnya ada pekerjaan diluar kantor yang menganggu fikiran, tingkat kesulitan tugas yang membutuhkan tenaga serta perhatian ekstra, dan banyak lagi.

Tetapi tahukah anda bahwa terkadang rasa stres yang ada lebih karena disebabkan kegagalan seseorang dalam melakukan manajemen waktu? Lalu apa hubungannya dengan Hukum Parkinson yang menjadi judul artikel diatas?

Hukum Parkinson atau Parkinson’s Law yang berbunyi, “Work expands to fill the time available for its completion”. Hukum yang dicetuskan oleh Cyril Northcate Parkinson ini memiliki arti dalam bahasa Indonesia bahwa suatu tugas akan membengkak dalam persepsi yang gunanya untuk mengisi waktu yang tersedia untuk menyelesaikannya.

Apa arti dari hukum tersebut? Artinya yakni apabila kita mendapatkan suatu deadline tugas dalam waktu satu bulan padahal sejatinya pekerjaan tersebut dapat dikerjakan dalam jangka waktu dua jam, maka tugas tersebut akan mengalami pertambahan kerumitan dan semakin menjadi berat agar dapat “mengisi” waktu dalam sebulan tersebut.

Kenyataannya, jangka waktu yang disediakan untuk mengerjakan tugas kantor tersebut bukannya malah meringankan tetapi menambah beban tertekan dan menjadi setres. Apakah anda telah menyadari hal semacam itu?

Bisa jadi rasa stres dan tertekan yang anda rasakan selama ini karena anda kurang memahami konsep Hukum Parkinson ini. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya? Beberapa tips dibawah ini mungkin membantu!

#1 Menyusun skala prioritas tugas

Meskipun anda mendapatkan tugas kantor, bukan berarti kemudian anda mengabaikan semua pekerjaan anda yang lainnya.

Disinilah pentingnya anda kemudian membuat list tentang skala prioritas anda. Usahakan menyusunnya dengan seobjektif mungkin dan juga berdasarkan rentang waktu batas pengerjaan tugas-tugas anda.

Ingat, Hukum Parkinson itu berlaku pada semua aspek, bukan hanya pada tugas kantor anda saja.

Anda bisa menuliskan susunan skala prioritas yang telah anda buat pada sticky note di kamar, meja kantor, atau dimanapun yang mudah untuk anda lihat.

Atau, anda bisa menuliskan pada note yang ada di gadget anda sehingga anda dapat melihatnya setiap saat.

Jangan lupa juga untuk menghapuskan setiap list tugas yang telah anda laksanakan sehingga anda semakin terpacu untuk menyelesaikan semua list tugas yang anda miliki.

Baca juga tips mengenai cara melamar pekerjaan supaya cepat diterima serta ulasan menarik tentang tips manajemen waktu bagi seorang pebisnis.

#2 Jangan Menunda!

Penyakit ini sering dilakukan oleh siapapun yang biasanya merasa memiliki waktu untuk bermalas malasan.

Tetapi yang perlu anda ingat, bahwa karena Parkinson Law ini menjadikan tugas anda semakin susah dan rumit dalam persepsi, itulah mengapa anda tidak boleh menunda pekerjaan yang anda miliki.

Selagi ada kesempatan sebaiknya anda mengerjakan tugas tersebut. Apabila anda disiplin dalam manajemen waktu untuk menyelesaikan tugas, anda akan merasa berterimakasih dengan diri anda sendiri di waktu kedepannya karena terbebas dari rasa stres.

#3 Membuat deadline untuk diri sendiri sesuai dengan perkiraan waktu penyelesaian tugas

Terkadang tidak bisa dipungkiri bahwa deadline yang sesungguhnya diberi, membuat diri kita tetap merasa memiliki banyak waktu untuk menyelesaikannya.

Maka dari itu, anda sebaiknya membuat deadline untuk diri anda sendiri dan tentunya jauh lebih singkat dari deadline yang telah ditetapkan.

Caranya yang pertama adalah perkirakan terlebih dahulu berapa lama estimasi waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tersebut, dan kemudian persingkat waktu deadline nya.

Dengan begitu anda akan semakin terpacu untuk menyelesaikan tugas tersebut, dan kerumitan serta tingkat stres yang akan anda rasakan akibat hukum parkinson ini akan semakin kecil.

Itulah pembahasan tentang Hukum Parkinson dalam manajemen waktu serta cara untuk mensiasati hal tersebut.

Bagaimana? kini anda tahu, kan, bahwa beban stres yang anda rasakan bukan serta merta hanya karena anda memang tidak sanggup untuk mengerjakan tugas tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!