Harga Emas Naik Atau Turun Ditentukan Oleh 5 Faktor Yang Paling Berpengaruh

Harga emas hari ini

Berapa harga emas hari ini? Investasi dalam bentuk emas mungkin sudah sering anda dengar, dan mungkin membuat anda tertarik untuk menjalaninya.

Berinvestasi emas adalah satu dari sekian banyak cara untuk memperoleh keuntungan selain menabung. Apabila hanya menggantungkan dari tabungan tidak akan cukup mengingat bahwa harga bahan pokok terus mengalami kenaikan yang signifikan setiap tahunnya.

Tetapi meskipun begitu, anda perlu memperhatikan probabilitas harga naik atau turun pada emas yang juga harus anda antisipasi.

Apabila anda tidak mawas serta teliti, bukannya mendapat keuntungan malah anda dapat mengalami kerugian. Tentu saja anda tidak mau itu terjadi kan?

5 Faktor yang sangat mempengaruhi harga emas hari ini

Lalu apa sajakah faktor yang dapat mempengaruhi naik atau turunnya harga emas? Lalu bagaimanakah cara yang tepat untuk mengatasi hal tersebut?

Telah kami rangkumkan dengan singkat dan jelas tentang faktor-faktor serta cara mengatasinya sebagai berikut:

#1 Nilai tukar Dolar Amerika

Faktanya secara umum terdapat hubungan negatif yang ada dari nilai tukar dolar Amerika dengan harga emas dipasaran.

Apabila ternyata US dollar sedang melemah, maka yang terjadi harga emas menguat. Begitu juga sebaliknya apabila US dollar naik, maka harga emaspun akan turun.

Bagaimanakah cara mengatasi hal tersebut? mudah saja, yang perlu anda lakukan adalah rajin serta cermat dalam mengamati tentang berita perekonomian dan keuangan dunia.

Anda dapat mengakses beritanya dengan mudah karena jaman sekarang sosial media membuat semuanya terasa gampang. Juga anda perlu mengamati ketika terjadi resesi global, sebaiknya anda menyimpan beberapa batang emas pada penyimpanan yang aman guna berjaga-jaga.

Simak juga ulasan terkait tentang menabung dan investasi emas di pegadaian mulai dari Rp 5000 saja serta artikel menarik lainnya mengenai Menghitung keuntungan investasi emas di bank syariah.

#2 Jumlah produksi emas dunia

Tingkat kesulitan penambangan emas berbanding lurus dengan tingginya harga emas dipasaran. Mengapa hal ini terjadi? karena apabila tingkat kesulitan dalam menambang emas terjadi, maka mengakibatkan kelangkaan stok emas.

Terlebih apabila ternyata demand dari emas semakin tinggi pula, yang mana artinya para penambang harus menggali lebih dalam.

Saran untuk mengatasi hal tersebut adalah: Anda dapat berinvestasi dalam bentuk lain selain emas. Anda dapat investasi berupa asuransi, perak, mata uang dirham dan lain sebagainya.

Atau apabila ternyata keuangan dunia tengah melemah, anda dapat juga mencoba investasi dalam bentuk properti. Data pula menyebutkan bahwa harga porperti dipasaran selalu naik pada tiap tahunnya.

#3 Kenaikan permintaan pada industri perhiasan dunia

Poin ketiga ini masih berkaitan dengan poin kedua. Sebagai contoh, sebuah perusahaan industri emas meminta 54% emas yang kebanyakan berasal dari India, AS, serta tiongkok, 12% dari industri alat medis juga elektronik.

Data tersebut diambil dari World Gold Council dan juga The London Bullion Market Associaton. Dengan begitu sudah 66% emas yang diminta, maka tidak diherankan apabila harga emas kemudian naik.

Tips yang perlu anda ketahui: Sebaiknya anda tidak berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan.

Mengapa demikian? karena apabila suatu ketika anda ingin menjual emas anda, harganya tidak semahal emas batangan karena emas yang telah dilebur ulang menyebabkan harga emas menyusut.

#4 Bank sentral dunia yang memonopoli emas

Faktanya, ada beberapa bank sentral dunia yan memonopoli pembelian emas seperti Bank Sentral Amerika Serikat yaitu The Federal Reserve System, Jerman dengan Bundesbank nya, serta ECB yang merupakan kependekan dari European Central Bank.

Bank-bank sentral tersebut tidak lagi hanya memonopoli uang kertas, melainkan juga memonopoli pembelian emas. Maka anda tidak perlu heran apabila emas terus naik dan keberadaannya semakin langka, karena para bank tersebut telah dibeli terlebih dahulu oleh mereka sehingga cadangan emas yang dimiliki pun semakin banyak.

Fakta tersebut diungkapkan pada World Gold Council. Untuk mengatasi hal ini sama dengan cara yang disarankan pada tiga poin sebelumnya.

#5 Isu-isu politik dunia seperti terjadinya resesi global, konflik antar negara, juga perang yang menyebabkan harga emas meningkat

Salah satu contoh kasus ini adalah isu Brexit, yaitu keluarnya Inggris Raya dari Uni Eropa yang merupakan hasil dari jajak pendapat dengan Uni Eropa pada 2016 silam. Karena ada isu tersebut, para investor berbondong-bondong memborong emas dengan jumlah yang banyak dikarenakan panik.

Saran untuk anda yakni, sebaiknya ketika ada isu seperti hal diatas anda tidak panik serta mempertimbangkan matang apabila akan membeli emas untuk berinvestasi.

Pada akhirnya, yang perlu anda ketahui adalah berinvestasi emas dapat dikatakan gampang gampang susah. Apabila anda ingin menggeluti bidang ini, pastikan anda mengetahui dengan detail terkait apa-apa yang perlu anda pahami ketika berinvestasi emas. Semoga sukses!

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!