Advertisement

Fungsi dan Aktivitas Tugas Pokok Manajemen Keuangan Dalam Perusahaan

Pengertian manajemen keuangan tugs pokok fungsi dan aktivitas dalam perusahaan

Memahami apa pengertian manajemen keuangan beserta fungsi dan aktivitas tugas pokok dari bagian ini tentunya akan sangat penting ketika seseorang telah terlibat dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Di dalam perusahaan sendiri keberadaannya sangat dibutuhkan dalam hal ini erat kaitannya dengan pencapaian target yang lebih baik dari kondisi sebelumnya.

Definisi dari manajemen keuangan adalah kegiatan yang berhubungan dengan mengelola asset yang dimiliki perusahaan, mendapatkan dan mengelola dana untuk tujuan perusahaan dalam periode yang sudah ditentukan.

Dengan adanya penentuan target, dengan adanya kegiatan ini akan memudahkan penggunaan operasional dana yang dimiliki agar dapat bersaing dengan perusahaan lain serta mencapai pertumbuhan perusahaan ke arah yang lebih optimal.

6 Fungsi utama aktivitas dan tugas pokok bagian manajemen keuangan

Berikut beberapa fungsi manajemen keuangan yang diuraikan dalam penjelasan di bawah ini , antara lain :

#1 Perencanaan keuangan

Perencanan keuangan merupakan daftar mengenai tujuan yang akan dicapai dan bagaimana cara dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Sehingga apabila ada pertanyaan yang bersifat umum, biasanya tidak akan didapatkan jawaban yang akan diberikan kepada masing-masing individu dalam perusahaan akibat dari kondisi, tujuan dan stategi yang berbeda.

Fungsi dari kegiatan ini adalah menetapkan keuangan yang akan digunakan sebagai arus pemasukan dan pengeluaran dalam periode tertentu agar tujuan perusahaan yang sudah ditentukan dapat dicapai.

Biasanya perencanaan keuangan ini meliputi semua biaya yang sudah dirinci secara detail agar sesuai penggunannya.

#2 Anggaran keuangan

Anggaran ini merupakan langkah selanjutnya dari perencaan keuangan dengan terdiri dari detail pengeluaran dan pemasukan yang dibuat dalam bentuk neraca secara terperinci.

Adanya anggaran dalam bentuk neraca akan memudahkan analisa besar kebutuhan untuk jangka pendek dan jangka panjang perusahaan selain itu dapat mengetahui jumlah asumsi modal yang akan digunakan dalam operasionalnya.

#3 Pengelolaan keuangan

Adanya manajemen keuangan yang baik akan membentuk pola pengelolaan yang baik pula. Apabila dilaksanakan dengan tanggung jawab dan benar, maka akan tercipta laporan keuangan dengan pencapaian grafik keuntungan yang diterima perusahaan naik serta tidak adanya data yang tidak sesuai antara penerimaan dan pengeluaran perusahaan.

#4 Menyimpan uang

Fungsi lain dari manajemen keuangan selain sebagai pengelola adalah menyimpan uang yang sudah diterima perusaahaan secara aman dan sudah diverifikasi melalui laporan keuangan terlebih dahulu.

#5 Pengendalian keuangan

Kegiatan ini memampukan mengendalikan penggunaan dana yang ada di perusahaan agar dapat memberikan keuntungan dan tidak digunakan kepada hal-hal yang bersifat tidak efektif dan efisien sehingga merugikan perusahaan.

Baca juga ulasan terkait tentang cara menghitung pajak penghasilan (PPH) serta artikel menarik lainnya mengenai cara menerapkan manajemen keuangan sederhana untuk bisnis kecil.

#6 Pemeriksaan dan pelaporan keuangan

Laporan pendapatan dan pengeluaran yang diberikan kepada pihak pemeriksa keuangan setelah proses pembuatan data yang lengkap dan akurat sesuai dengan kejadian penggunaan dana di lapangan.

Ketika tidak ditemukan adanya penyimpangan atau hal yang mencurigakan, maka laporan tersebut akan dinyatakan sebagai laporan keuangan yang valid serta matang yang akan diberikan sebagai laporan akhir kepada para pemegang saham.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!