5 Manfaat dan Tujuan Diferensiasi Produk Beserta Keuntungannya

Keuntungan, manfaat dan tujuan diferensiasi produk dan contoh

Apa saja contoh manfaat dan tujuan diferensiasi produk beserta keuntungan yang bisa diperoleh perusahaan dalam dunia bisnis dan usaha?

Dalam menawarkan sebuah produk dibutuhkan nilai diferensiasi supaya produk tersebut memiliki perbedaan dari kompetitor sejenis. Dengan adanya perbedaa yang ada, hasilnya adalah produk anda memiliki uniqueness atau keunikan sehingga strategi pemasaran anda akan semakin lancar.

Mungkin anda bertanya, apasih sebenarnya yang disebut dengam diferensi produk? lalu apa kaitannya dengan fungsinya untuk pemasaran?

Diferensiasi produk ialah kegiatan dalam memodifikasi produk agar produk lebih menarik, perubahaan yang diterapkan adalah untuk mengubah karakter dari produk itu.

Untuk menciptakan hal tersebut, anda perlu melakukan penelitian pasar dengan cukup serius dengan tujuan dapat menciptakan produk yang berbeda serta pengetahuan tentang produk kompetitor.

Dengan mengadakan penelitian pasar, harapannya adalah produk yang telah mengalami modifikasi tersebut dapat lebih memiliki manfaat untuk konsumen sehingga otomatis banyak yang tertarik dengan produk tersebut.

Yang perlu anda ketahui adalah, diferensiasi produk dapat dilakukan melalui menguah kemasan produk, tema, bentuk, bahan, rasa, warna dan lain sebagainya yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan.

Beberapa manfaat dan tujuan perlunya diferensiasi pada produk yang di pasarkan

Tentu saja diferensiasi pada perusahaan tersebut memberikan banyak keuntungan serta memiliki peran tersendiri. Berikut ini adalah manfaat dari diferensiasi produk yang anda perlu ketahui:

#1 Produk lebih gampang di ingat

Dasarnya semua orang, dalam hal ini merupakan konsumen, akan lebih mudah untuk tertarik pada sesuatu yang berbeda ketimbang pada sesuatu yang sama.

Apabila kemudian mereka tertarik, tentu saja itu akan membuat mereka lebih mengingatnya. Hal inilah yang juga berlaku pada produk anda nantinya.

Jikaa produk yang anda tawarkan terlihat lebih unggul atau menonjol daripada produk pesaing sejenis, maka tentu saja yang menonjol tadi yang akan lebih membekas diingatan masyarakat.

Apabila masyarakat sudah mengingatnya, maka tentu saja besar kemungkinan terjadi transaksi berikutnya.

#2 Produk yang memiliki diferensiasi menjadi lebih unggul

Manfaat selanjutnya yaitu terciptanya keunggulan tersendiri dibandingkan produk yang lainnya. Dalam melakukan sebuah usaha, memang benar bahwa keunggulan suatu produk dapat dilihat dari berbagai aspek seperti manfaat, tampilan produk, harga yang lebih miring, dan lain lain.

Prodik yang memiliki diferensiasi terhadap produk lainnya besar kemungkinan menjadi unggulan karena memiliki nilai plus pada tampilannya serta pandangan yang lebih membangkitkan gairah konsumen.

Umumnya, sebuah produk yang sama akan dinilai umum begitu produk dengan nilai perbedaanya ini keluar. maka dari itu, diferensiasi dapat menjadi salah satu dari teknik atau strategi agar produk anda terlihat lebih menonjol serta unggul ditengah-tengah ketatnya persaingan bisnis serupa.

#3 Harga jual dari produk yang akan lebih tinggi

Sejatinya, konsumen tidak akan merasa terbebani apabila anda menaikkan harga produk anda (yang tentusaja berbeda dengan produk serupa) apabila produk anda memang telah diminati.

Mengapa demikian? karena konsumen memiliki kecenderungan untuk selalu berebut atau memburu sebuah produk yang memili ciri khas/keunikan.

Hal ini dapat anda perhatikan langsung pada contoh kasus barang yang berlabel limited edition atau edisi terbatas. Faktanya, harga dari produk ini biasanya lebih tinggi daripada harga produk yang lain yang sudah ada dipasaran.

Meski para konsumen harus merogoh kocek yang cukup dalam, tetapi konsumen tersebut akan merasa puas karena produk yang ia beli tidaklah sama dengan produk lainnya.

Disamping hal tersebut, juga ada kemungkinan banyak pelanggan yang tidaksegan untuk berebut demi memperoleh produk yang spesial.

Simak juga ulasan terkait mengenai tips dan strategi menentuakan harga jual produk serta artikel menarik lainnya tentang alasan penyebab produk tidak laku di pasaran dan cara mengatasinya.

#4 Mengatasi kejenuhan pasar

Penjualan sebuah produk tentu saja akan mengalami masalah naik turun apabila terjadi kejenuhan pasar. Dengan fakta tersebut, anda dapat menciptakan diferensiasi produk saat para konsumen sudah mulai bosan dengan produk yang biasanya ditawarkan.

Dengan kemunculan produk yang berbeda, ini akan berdampak munculnya lagi selera para pelanggan anda untuk kembali berbelanja produk anda.

Maka dari itu, anda perlu menciptakan sebuag program yang sifatnya memperbaharui produk setiap jangka waktu tertentu guna menyegarkan kembali hobi pelanggan untuk berbelanja.

#5 Terciptanya product image

Product image atau citra bisnis terkadang lahir dari hal kecil atau remeh, yang mana amat tak terduga tetapi tetapi memiliki uniqueness atau keunikan.

Maka dari itu anda tidak perlu ragu untuk mencoba menampilkan hal yang berbeda serta unik agar tercipta sebuah citra produk.

Apabila anda telah memiliki sebuah product image yang kuat dan baik, anda kemudian dapat menentukan strategi positioning yang pas sesuai dengan target pasar yang anda tuju.

Tetapi, hal yang perlu anda ingat adalah sebaiknya hindari membuat produk yang terlalu kontroversi yang mana dapat menyebabkan produk kurang dipercaya oleh masyarakat luas.

Dari beberapa hal yang telah dibahas diatas, kita kini telah mengetahui bahwa sebuah produk diferensiasi ialah suatu hal yang amat dibutuhkan sebagai salah satu pendukung strategi pemasaran yang mana ini diperlukan oleh setiap perusahaan.

Guna mendapatkan sebuah diferensiasi produk yang tepat guna dan terjauhkan dari penggunaan keuangan perusahaan secara berlebihan, maka diperlukan riset yang mana perlu investasi waktu dan juga uang.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!