Daftar Kuliah Di Luar Negeri: Berikut 8 Hal Yang Harus Dipersiapkan Dengan Matang

Perisiapan dan syarat kuliah di luar negeri

Kuliah keluar di negeri orang bukanlah perkara yang mudah, ada berbagai hal yang perlu anda persiapkan untuk tinggal di sana. Mulai dari proses kesana dan biaya hidup yang rinciannya pasti sudah anda ketahui.

Memang jauh berbeda jika dibandingkan dengan di negara sendiri yang jika anda dalam krisis keuangan makanan 10 ribuan masih bisa anda temui.

Lalu bagaimana kalau di negara orang? Selain anda harus beradaptasi dengan lingkungan dan cuaca di sana yang tentunya berbeda dengan yang ada di Indonesia, anda harus pandai-pandai dalam mengatur keuangan agar tak habis dalam sekejap.

Namun walaupun demikian tak sedikit anak bangsa yang mampu tembus ke sana demi menempuh impian mereka. Tak jarang pula di awal-awal kehidupannya di sana mereka mengalami kesulitan dalam beradaptasi namun lama kelamaan pasti akan terbiasa dengan keadaan yang ada.

Jika anda diberikan kesempatan untuk bisa belajar di sana maka jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan, karena tidak semua orang bisa merasakannya.

Selain itu anda bisa mendapatkan banyak pelajaran berharga di sana yang mungkin tidak pernah anda temui di negara sendiri.

Pengalaman yang berbeda dari pada yang lain tentu akan mengajarkan anda banyak hal. Oleh sebab itu manfaatkanlah kesempatan seperti ini dengan sebaik-baiknya. Namun sebelum mewujudkan impian itu untuk pergi ke negeri orang ada beberapa persiapan penting yang perlu anda perhatikan, diantaranya:

#1 Temukan universitas sesuai dengan minat dan jurusan

Sama halnya dengan di Indonesia, jumlah Universitas atau Perguruan Tinggi di luar negeri sangatlah banyak adanya.

Anda bisa memelih Universitas mana saja yang anda mau. Perlu anda ingat pula bahwa tidak semua universitas di luar negeri memiliki akreditasi yang baik.

Sehingga anda perlu mencari informasinya terlebih dahulu supaya tidak kecewa.

Dan yang tidak kalah pentingnya anda harus menyesuaikannya dengan minat jurusan apa yang anda inginkan dan bisa anda kuasai.

Jangan sampai anda salah pilih dan membuat anda menjadi kecewa akan hal itu. Jika anda sangat menyukai teknologi komputer maka sebaiknya kamu masuk pada jurusan ilmu komputer dan Universitas yang menyediakan jurusan tersebut adalah MIT (Massachusetts University of Technology) di Amerika.

#2 Meyiapkan kebutuhan dokumen penting

Setelah anda menemukan universitas yang mempunyai jurusan yang anda inginkan maka langkah selanjutnya adalah mencari tahu kelengkapan dokumen apa saja yang diperlukan untuk bisa daftar ke sana.

Anda bisa menemukan informasi ini di situs resmi universitas tersebut. Selain itu di sana anda bisa menemukan berapa jumlah biaya kuliah yang dibutuhkan, system perkuliahannya seperti apa  dan lain sebagainya. Dan dokumen terpenting yang harus anda miliki untuk bisa ke sana adalah passport dan visa.

#3 Mempelajari bahasa negara tujuan

Selain dari beberapa dokumen yang harus anda persiapkan, ada hal lain yang juga tidak kalah pentingnya untuk anda persiapkan sedari awal yakni bahasa.

Ini bekal terpenting untuk bisa tinggal di sana. Tentunya kamu tidak mau bukan ketika kuliah di sana mendapatkan nilai yang jelek hanya karena terkendala bahasa.

Mau tidak mau kamu harus kursus untuk mempelajari bahasa dari negara yang akan kamu datangi. Kamu bisa kursus bahasa di tempat-tempat yang memang telah terakreditasi sehingga kamu bisa belajar secara maksimal. Kalau memang anda lagi minim biaya maka anda bisa memilih alternative lain dengan belajar dari internet.

#4 Memperhitungkan anggaran biaya  hidup

Siapapun pasti tahulah kalau biaya kuliah di luar negeri tidaklah murah. Apalagi biaya hidup di sana.

Pada umumnya biaya yang harus anda persiapkan ketika hidup di negara maju seperti Amerika Serikat, dan negara-negara Eropa relative sangat tinggi.

Bayangkan saja hanya untuk makan siang saja anda harus mengeluarkan uang kurang lebih  dollar yang kalau di rupiahkan jumlahnya berkali lipat dengan biaya makan di Indonesia.

Perhitungkanlah secara matang berapa jumlah uang yang anda perlukan untuk hidup di sana selama 2 tahun. Sebenarnya kalau kamu tahu ada banyak kerja part time di negara-negera tersebut, sehingga bisa membantu anda untuk menambal pengeluaran.

#5 Siap secara mental untuk hidup mandiri

Ketika tinggal di luar negeri untuk kuliah sebaiknya ubahlah kebiasaan buruk anda ketika sedang di rumah seperti senang berbelanja atau makan di luar rumah.

Jika hal ini terus anda lakukan maka akibatnya anda akan kesulitan untuk melanjutkan kuliah di sana. Kuliah di luar negeri tidak seenak ketika di dalam negeri.

Ketika di sana tidak memiliki siapa-siapa dan anda terbiasa bermanja-manja dengan orang tua, maka rasanya akan sangat menyakitkan bagi anda.

Namun tentunya hal semacam ini harus anda buang jauh-jauh. Anda dituntut untuk hidup mandiri di sana tanpa bergantung dengan orang lain.

#6 Koneksi atau relationship

Mencari teman di luar negeri terbilang cukup sulit untuk dilakukan apalagi jika anda mencari orang yang sepemikiaran dengan anda.

Bukan hal yang tidak mungkin hal ini akan terjadi karena umumnya masyarakat di sana sifatnya individualistis.

Jika kebetulan di sana ada warga Indonesia lain yang juga bersekolah di sana jangan sungkan untuk berkenalan dan berteman degannya. Ini tentu akan membantu anda hidup di sana ketika tak ada siapapun kerabat yang bisa anda mintai bantuan ketika kesulitan.

#7 Belajar adaptasi

Kuatkanlah mental anda ketika di sana karena dengan begini perjalan hidup anda akan lebih mudah. Apalagi di sana anda akan menemui berbagai jenis orang yang memiliki sikap yang berbeda-beda. Sehingga masalah apapun yang menimpamu tidak akan mudah menjatuhkannmua dalam jurang keterpurukan.

#8 Memanfaatkan beasiswa kuliah keluar negeri

Bagi anda semua yang memiliki niatan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri maka anda bisa memanfaatkan fasilias beasiswa untuk meringkankan beban biaya yang akan anda tanggung nantinya.

Bagaimana caranya? silakan simak ulasan terkait tentang 6 tips cara mendapatkan beasiswa kuliah keluar negeri.

Besasiswa ini biasanya disediakan oleh instansi pemerintah atau keduataan besar yang memang memiliki program menyalurkan mahasiswa ke sana. Oleh sebab itu sedari sekarang persiapkan diri anda sebaik-baiknya untuk bisa meraih impian tersebut kelak.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!