Advertisement

BPJS Kesehatan: Kelebihan dan kekurangannya Dibanding Asuransi

Kelebihan dan kekurangan menggunakan BPJS kesehatan

Apa saja kelebihan dan kekurangan BPJS Kesehatan dibandingkan dengan asuransi yang sama sama untuk memberikan perlindungan atas biaya pengobatan?

Jika kita membicarakan mengenai asuransi yang ada di Indonesia pastinya tidak selalu mengarah kepada BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan.

Memang saat ini BPJS Kesehatan sedang menjadi topic pembicaran di kalangan masyarakat. Jaminan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah ini diharapkan bisa membantu masyarakat untuk selalu hidup sehat dan memperhatikan kesehatannya.

Saat ini umur BPJS masih terbilang muda, ya. Namun perlu diketahui bahwa jangkauannya sudah hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Tidak dipungkiri bahwa system dan mekanisme yang diberikan oleh BPJS Kesehatan masih terbilang cukup rumit dan sulit, namun pemerintah dan semua pihak yang terkait sampai saat ini masih terus melakukan pembenahan guna memberikan kepuasan bagi seluruh masyarakat yang menjadi pesertanya. Oleh karena itu masyarakat diharapkan untuk terus mendukung program pemerintah ini.

Dari pertama kali didirikan pada Januari 2014 lalu, memang BPJS Kesehatan telah menjadi pilihan favorit masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan yang baik.

Tidak heran jika beberapa hari setelah peresmiannya kantor BPJS Kesehatan langsung kebanjiran pendaftar. Inilah bukti dari kredibilitas BPJS Kesehatan.

Untuk mengantisipasi banyaknya peminat oleh karena itu pemerintah mencoba untuk membukan beberapa kantor cabang di berbagai kota besar di Indonesia.

Ketahui Kelebihan dan Kekurangan BPJS Kesehatan

Tidak bisa dipungkiri bahwa biaya kesehatan kian hari kian naik, hingga membuat sebuah opini bahwa kesehatan itu merupakan suatu hal yang mahal.

Jika dilihat lihat memang benar jika asuransi yang disediakan oleh perusahaan swasta itu cukup mahal untuk ukuran masyarkat Indonesia.

Maka dari itu BPJS Kesehatan ini dihadirkan guna memberikan solusi bagi masyarakat. Tapi hal ini juga perlu anda ketahui bahwa BPJS Kesehatan tidak serta merta terus memberikan manfaat yang besar, ada beberapa hal yang oleh masyarakat dianggapp sebagai kendalanya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasan lengkapnya.

Kelebihan atau Keuntungan Memiliki BPJS Kesehatan

Jika melihat besarnya animo masyarakat untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, tidak bisa ditutupi bahwa kehadiran BPJS Kesehatan ini memang benar benar memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Untuk mengetahui beberapa kelebihannya berikut ini penjelasannya:

#1 Murah
kelebihan pertama yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan adalah biaya iuran yang terbilang murah.

Namun jangan anggap bahwa harga murah juga akan memberikan pelayanan yang murahan pula.

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh para peserta ketika menggunakan fasilitas ini. Mengenai besaran premi yang harus dibayar oleh peserta tergantung dengan jenis kelas yang dipilih.

  1. Untuk kelas I sebesar Rp 81.000,-
  2. Untuk kelas II sebesar Rp 51.000,-
  3. Untuk kelas III sebesar Rp 25.000,-

Dengan biaya ini setiap peserta sudah bisa merasakan berbagai jenis pelayanan seperti halnya pemeriksaan, rawat inap, pembedahan, obat dan lain sebagainya. Dari beberapa kabar yang kami peroleh bahwa cuci darah dan persalinan juga bisa dibiayai oleh pihak BPJS Kesehatan.

#2 Wajib

BPJS Kesehatan ini hadir dan dinaungi langsung oleh pemerintah, oleh sebab itu menjadi peserta di program ini menjadi sebuah keharusan bagi seluruh masyarkat Indonesia.

Hal ini dikarenakan program BPJS Kesehatan telah diatur di dalam Undang undang dan Peraturan Pemerintah.

Jadi inti dari semua ini bahwa jika masyarkat sebelumnya telah memiliki asuransi kesehatan dari swasta maka mereka masih diharuskan untuk memiliki asuransi BPJS Kesehatan.

#3 Tanpa Medical Check Up

Bila anda mendaftar pada asuransi swasta mak sebelumnya anda diharuskan untuk melakukan medical check up untuk mengetahui apakan anda mempunyai penyakit bawaan atau tidak.

Karena jika anda memiliki penyakit bawaan maka pihak pemberi asuransi akan menetapkan premi menjadi lebih besar.

Selain itu untuk pengajuan polis pun juga bisa saja ditolak oleh pihak perusahaan. namun berbeda halnya jika anda mendaftar sebaga peserta di BPJS Kesehatan maka anda tidak akan diwajibkan untuk melakukan medical check up dan berapapun umur anda ketika mendaftar maka tetap saja akan diterima, BPJS Kesehatan tidak membatasi umur bagi pendaftar. Sehingga semua usia bisa mendaftar.

#4 Dijamin Seumur Hidup

Perlu anda ketahui bahwa pihak BPJS Kesehatan berani menjamin pesertanya hingga seumur hidup, berbeda dengan asuransi swasta yang hanya bisa menjamin pesertanya maksimal berumur 100 tahun.

Itupun belum ada berita mengenai asuransi mana yang bisa menjamin pesertanya hingga berumur 100 tahun.

#5 Tidak Ada Pengecualian

Di BPJS Kesehatan tidak ada pengecualian bagi pendaftar. Semua orang bisa mendaftar sebagai peserta.

Namun sedikit berbeda dengan di asuransi swasta, karena jika seseorang yang telah menderita penyakit kronis bukan tidak mungkin akan mendapatkan penolakan dari pihak pengasuransi.

Kalaupun diterima jumlah iuran yang harus dibayarkan akan sangat mahal, bahkan kemungkinan paling buruk polis akan ditolak kalau muncul kebohongan. Klaim juga akan sangat sulit jika anda terdeteksi melakukan kebohongan.

Baca juga ulasan terkait tentang cara membayar iuran BPJS melalui ATM serta artikel menarik lainnya tentang tips memilih produk asuransi yang tepat untuk keluarga.

Kekurangan atau Kelemahan BPJS Kesehatan

Selain memiliki beberapa kelebihan di atas, BPJS Kesehatan juga pastinya memiliki beberapa kekurangan yang dianggap sebagai kendala oleh para pesertanya. Berikut penjelasannya:

#1 Metode Berjenjang

Kekuarangan pertama yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan adalah metode berjenjang ketika melakukan klaim.

Bagi peserta yang dalam keadaan darurat, mereka diharuskan terlebih dahulu untuk memerikasakan diri di Faskes I untuk kemudian dibawa ke rumah sakit namun harus menuggu rujukan terlebih dahulu.

Namun perlu anda ketahui bahwa rumah sakit yang dituju haruslah rumah sakit yang memang sudah melakukan kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Jika tidak maka BPJS Kesehatan tidak akan berlaku. Hal ini tentunya sangat berbeda dengan asuransi swasta yang bisa dilakukan di rumah sakit mana saja.

#2 Hanya Indonesia

Layana kesehatan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan hanya bisa dilakukan di dalam wilayah Indonesia saja, itupun tidak semua rumah sakit bisa melayaninya hanya rumah sakit yang telah bermitra dengan BPJS Kesehatan saja.

Hal ini pun berbeda dengan asuransi swasta yang bisa memproteksi kesehatan pesertanya di rumah luar Indonesia.

#3 Antri Sana Sini

Jika anda berniat untuk mengganti data di BPJS Kesehatan, maka siapkanlah mental anda untuk antrean yang panjang.

Bukan itu saja bahkan ketika akan melakukan pengobatan saja peserta masih diharuskan untuk antri. Inilah yang banya dikeluhkan oleh para peserta.

#4 Jarang Mendapatkan Kelas 1

Kekurangan yang terakhir adalah tidak adanya kesempatan para peserta untuk menadapatkan pelayanan kelas I.

Kendati mereka telah mendaftar pada kelas 1 dan 2, namun pada kenyataannya di lapangan sangatlah berbeda, para peserta sering kali mendapatka fasilitas kelas 3. Inilah yang kemudian menimbulkan banyak polemic.

Setelah anda mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh BPJS Kesehatan, maka diharapkan anda akan lebih cermat dan teliti dalam memilih asuransi kesehatan demi bisa mendapatkan apa yang anda inginkan guna memenuhi kebutuhana anda. pastikan anda tidak salah dalam memilih.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!