7 Tips Agar Bisnis Makin Sukses dan Usaha Tetap Lancar Selama Bulan Ramadhan

Strategi bisnis dan usaha di bulan ramadhan

Setiap tahun bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam. Ya, bulan itu adalah bulan ramadhan. Bulan dimana umat islam menjalankan ibadah puasa. Bulan puasa ini akan segera datang dan semua orang tidak sabar untuk segera menyambutnya.

Pada saat bulan suci ini, orang akan berpuasa selama sebulan penuh. Bagi yang menjalankannya, suasana religius akan sangat terasa pada kehidupan anda. Sebagai pemeluk agama yang taat, anda pasti merasakan perubahan kearah yang lebih baik pada pribadi anda.

Tetapi, dibalik momentun bulan suci ini, anda perlu memperhatikan beberapa hal terutama anda adalah pebisnis yang ingin usahanya terus sukses. Bahkan meskipun anda bukan penganut agama islam, anda perlu tetap memperhatikannya mengingat sebagian besar penduduk rakyat Indonesia adalah pemeluk agama islam.

Beberapa persiapan yang perlu di lakukan pada bisnis dan usaha untuk menyambut bulan puasa

#1 Mengubah tampilan web, dan akun sosial media dengan tema bernuansa ramadhan

Anda perlu mengubah tampilan website perusahaan anda. Ini diperuntukkan terutama untuk website toko online atau biasa disebut e-commerce. Anda perlu menampilkan desain baru khusus tema ramadhan untuk halaman bisnis anda.

Citra visual yang anda tampilkan pada website anda akan membuat suasana bulan puasa semakin terasa. Untuk desain, anda mungkin bisa menggunakan simbol-simbol yang bernuasna islami.

Simbol bernuansa islami seperti gambar masjid, kaligrafi, bedug, gambar orang muslim, dan masih banyak lagi. Anda perlu membuat tampilan sekreatif mungkin agar dapat menarik perhatian pengunjung website anda.

Mengubah tampilan website saat ramadhan sesuai tema secara tidak langsung menunjukkan website anda tetap up to date.

#2 Fokus menjual produk kebutuhan keluarga

Momen yang hanya terjadi sekali dalam duabelas bulan ini sangat berharga bagi masyarakat. Saat bulan puasa hingga hari raya, umumnya masyarakat fokus kepada keluarga mereka.

Momen ini digunakan untuk meningkatkan kebersamaan bersama keluarga pula. Itulah alasan mengapa anda juga perlu fokuskan pemasaran produk anda.

Meskipun demikian, bukan berarti anda tidak memperhatikan produk lainnya juga. Hanya saja, peluang menimbulkan profit yang lebih besar terdapat pada produk kebutuhan keluarga.

Baca juga ulasan terkait mengenai 10 peluang bisnis menjanjikan di bulan Ramadhan serta artikel menarik lainnya tentang strategi meningkatkan keuntungan pada usaha musiman.

#3 Membuat konten promosi yang berhubungan dengan ramadhan

Fakta bahwa Indonesia adalah negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, tentu saja ini berpotensi memiliki konsumen yang beragama islam.

Sejalan dengan hal tersebut, itu artinya peluang meningkatnya penjualan juga semakin besar. Sehingga dalam menyambut bulan puasa ini, anda perlu membuat konten untuk mempromosikan produk anda yang tentu saja bertema ramadhan.

Hal ini dilakukan agar produk jualan anda merebut hati calon konsumen. Contohnya yakni pembuatan iklan yang menceritakan orang yang menyantap produk anda saat berbuka puasa.

#4 Dekorasi tempat usaha atau kantor anda yang bernuansa ramadhan

Menyambut bulan puasa dengan suasana yang berbeda daripada biasanya di tempat usaha ataupun kantor anda tidak ada salahnya.

Hal ini dapat dilakukan untuk menyemarakkan suasana bulan suci. Melakukan dekorasi bertema ramadhan saat bulan puasa ini mungkin akan membuat karyawan anda ataupun konsumen di tempat usaha anda merasa senang.

#5 Mengatur jam operasional saat bulan puasa

Mungkin anda perlu mengatur ulang jam kerja khusus bulan puasa untuk menghormati karyawan anda yang sedang berpuasa.

Terlebih apabila kebanyakan karyawan anda adalah seorang muslim. Anda bisa mempercepat jam kerja. Apabila biasanya hari diluar bulan puasa jam kerja dimulai pukul 9 pagi sampai 5 sore, anda dapat mempercepat jam dimulainya bekerja yakni menjadi pukul 8 pagi dan berakhir pada pukul 4 sore.

Setidaknya, para karyawan bisa menyesuaikan jadwal mereka berbuka puasa dan tidak perlu buru-biru pulang karena waktu jam kerja yang biasanya sangat dekat dengan waktu berbuka puasa.

#6 Mempersiapkan uang THR untuk karyawan

THR atau Tunjangan Hari Raya adalah keberhakan setiap karyawan yang didapatkan setahun sekali. Anda perlu memperhatikan keuangan anda, dan lakukanlah perhitungan secara rinci.

Hitung secara benar dan detail terkait besaran THR yang akan didapatkan oleh karyawan.

Sebaiknya jangan sampai terjadi momen dimana hari raya sudah semakin dekat tetapi anda belum mempersiapkan tunjangan.

Setidaknya tunjangan bagi karyawan tersebut sudah cair paling tidak H-7 sebelum lebaran datang. Hal ini perlu karena para karyawan bisa menggunakan tunjangannya untuk persiapan hari raya bersama keluarganya.

Baca juga tips tentang kiat agar menjadi seorang pengusaha yang handa dan sukses serta ulasan menarik mengenai hal yang harus dilakukan supaya karir semakin cemerlang.

#7 Menjaga kesehatan fisik anda agar siap menjalankan ibadah puasa

Bagi anda khususnya penganut agama islam, anda perlu mulai memperhatikan kesehatan pribadi anda sebelum ramadhan tiba.

Dengan kondisi tubuh yang fit, anda bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik sembari tetap menjalankan aktifitas seperti biasanya yakni rutinitas bekerja.

Itulah beberapa persiapan yang mungkin perlu anda perhatikan dalam menjelang bulan suci ramadhan. Semoga di bulan yang penuh berkah ini, anda dapat menjalankan ibadah dengan khidmat dan juga tetap semangat dalam bekerja.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading...
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!