Bagaimana Cara Buka Rekening di Bank Bagi Pelajar Tanpa KTP

membuka rekening tabungan untuk pelajar

Bagi sebagian besar masyarakat perkotaan, membuka rekening di bank sudah pasti hafal. Tapi, bagi masyarakat di luar Jawa, atau bahkan di daerah yang susah terjangkau bank, membuka rekening di bank pertama kali memang bakal jadi pertanyaan awal. Khususnya kamu yang masih pelajar, informasi yang kami sajikan ini mungkin akan sangat berguna.

Bagaimana sih membuka rekening bank pertama kali?

Pada dasarnya, semua bank memiliki prosedur yang mudah untuk membuka rekening pertama kali. Dan semua bank itu pun memiliki prosedur yang mirip. Pertama, siapkan fotokopi KTP untuk pembukaan pertama rekening kamu.

Tapi, saya masih pelajar. Saya cuma punya Kartu Pelajar

Bagi pelajar, beberapa bank memudahkan kamu untuk dibukakan rekening. Jadi, tidak ada pembatasan hanya untuk mereka yang punya KTP saja.

Bank-bank itu memudahkan pelajar untuk bisa memiliki rekening sendiri. Jadi, siapkan fotokopi Kartu Pelajar kamu. Ada kalanya bank meminta secara spesifik tambahan prasyarat lain, misalnya fotokopi KTP orang tua kamu.

Untuk kakak saya, bisa enggak buka rekening di bank yang sama dengan saya?

Bisa. Tentu saja harus punya KTP jika usianya sudah lebih dari 17 tahun. Hal yang sama juga berlaku di Kartu Pelajar, yaitu siapkan fotokopi KTP kakak kamu. Langkah selanjutnya adalah siapkan setoran awal untuk pembukaan rekening.

Oke. Saya sudah punya setoran awal untuk buka rekening nih? Selanjutnya apa?

Nah, kalau sudah menyiapkan setoran awal, langsung deh bergegas ke bank yang mau kamu tuju. Pilihlah bank yang terpercaya.

Pastikan kamu sudah tahu apa saja layanan yang dihadirkan oleh bank tersebut. Masing-masing bank memiliki persyaratan setoran awal yang berbeda-beda.

Ada yang mulai dari 20.000 (misalnya Bank DKI), 50.000, 100.000, 250.000, 500.000, bahkan satu juta. Setiap bank pasti memiliki layanan customer service.

Tanyakan ke mereka mengenai setoran awal, pasti akan dilayani. Dan jangan lupa, jangan takut untuk bertanya. Takut bertanya sesat di jalan lho!

Oke. Kalau selanjutnya bertanya ke bagian customer service, saya pasti berani. Ada hal lain?

Nanti di sana, kamu akan diberi beberapa lembar formulir yang harus diisi. Pastikan semua diisi dengan tepat dan jujur. Pada saat kamu membuat rekening baru biasanya akan diminta Kartu Pelajar asli dan/atau kartu identitas asli calon pemegang rekening nantinya.

Pasti dong, Kak, Kartu Pelajar saya asli. Ada hal lainnya?

Hal penting lainnya adalah ketika urusan administrasi selesai, kamu akan diminta tanda tangan di depan petugas bank. Usahakan jangan berbeda dengan tanda tangan yang ada di kartu identitas kamu. Jika agak berbeda, biasanya kamu akan diminta tanda tangan lagi sampai mirip.

Ada biaya lainnya, enggak?

Beberapa bank mungkin akan membebani kamu dengan biaya materai atau biaya administrasi lainnya. Tapi itu tidak seberapa. Masih terjangkau kok.

Fasilitas lainnya dari bank?

Kalau kamu ingin dibuatkan kartu ATM, langsung katakan kepada pihak bank agar dibuatkan. Beberapa bank bisa membuat kartu ATM pada hari itu juga, tapi ada juga yang membutuhkan beberapa hari kerja.

Nah, ketika kamu sudah terima kartu ATM dari bank favorit kamu, sebaiknya periksa dan dicoba dahulu agar tidak usah bolak-balik jika ada masalah. Jika ada nomor PIN dari bank, usahakan ganti dengan nomor yang mudah dihafal tapi sulit ditebak, misalnya r4h4s1a.

Fasilitas bank lainnya nanti bisa kamu nikmati seiring kebutuhan kamu, seperti e-banking, mobile banking, sms banking, dan lain sebagainya.

Baca juga info terkait tentang jenis jenis ATM BCA dan ulasan terbaru mengenai 12 rekening bank tanpa biaya administrasi bulanan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *