Advertisement

Peluang Usaha Rumahan Yang Menjanjikan Dengan Modal Kecil

Ide-peluang-bisnis-usaha-rumahan

Ide bisnis rumahan atau peluang usaha dengan modal kecil yang paling menjanjikan untuk dikelola sendiri atau bersama dengan anggota keluarga sebenarnya sangat banyak ragamnya.

Bahkan tidak jarang dari yang semula hanya sekedar coba coba justru akhirnya menjadi pekerjaan utama dengan potensi penghasilan yang cukup membanggakan.

Kenapa banyak yang menyebut dengan istilah usaha rumahan, hal ini disebabkan karena pekerjaan tersebut dijalankan cukup dari rumah tanpa harus memiliki kantor, ruko maupun tempat dan lokasi usaha khusus yang tentunya memerlukan biaya tidak sedikit hanya untuk memperoleh fasilitas ini.

Jika memang memiliki cukup anggaran modal untuk menyiapkan sarana tersebut, maka alangkah baiknya di simak juga tentang tips cara menentukan tempat dan lokasi usaha yang strategis.

Analisa singkat mencari ide dan gagasan untuk memulai usaha rumahan

Menemukan ide untuk memulai sebuah bisnis rumahan, kerja sampingan, UKM, ataupun kegiatan usaha lainnya, hendaklah kita peka terhadap situasi serta kondisi yang ada disekitar dengan sudut pandang yang cukup luas.

Hal ini bisa dikatakan sebagai cara mengintai sasaran yang akan di capai agar usaha yang dipilih nantinya dapat memperoleh perhatian dari konsumen, kemudian pada akhirnya bisa di konversi menjadi penghasilan dan keuntungan.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang perlu diperhatikan untuk dapat menemukan ide bisnis, dan peluang usaha yang bisa di amati dari lingkup paling kecil yaitu lingkungan sekitar tempat tinggal.

Masyarakat perkotaan padat penduduk

Ini merupakan salah satu spot yang cukup menjanjikan untuk dijadikan lahan usaha rumahan, karena dengan lingkungan masyarakat yang padat, tentunya akan lebih potensial serta sangat berpeluang lebih cepat memperoleh perhatian dari konsumen.

Contoh dan bentuk usaha kecil yang paling tepat pada lingkungan masyarakat perkotaan diantaranya adalah:

#1 Usaha jasa atau pelayanan. Dengan tingkat kesibukan yang padat, masyarakat kota yang pada umumnya memiliki pekerjaan rutin di antaranya sebagai orang kantor, karyawan di sebuah perusahaan, ataupun pekerjaan diluar rumah lainnya.

Dengan demikian mereka cenderung kurang memiliki waktu untuk melakukan hal hal kecil yang sebenarnya adalah bagian dari kebutuhan hidup sehari hari.

Jika kita peka terhadap kondisi seperti ini, maka banyak sekali peluang usaha yang dapat kita bidik seperti melayani jasa panggilan sesuai dengan keahlian yang kita miliki.

Contoh: cuci kamar mandi, tukang pipa, tukang listrik, servis elektronik seperti TV, kulkas, atau bahkan servis HP dan masih banyak lagi. Silakan di simak untuk ulasan lebih detail untuk masing masing poin di bawah ini.

#2 Usaha makanan dan kue gorengan. Dengan modal yang kecil, membuka bisnis jual makanan dengan menu sederhana tentunya juga bisa menjadi peluang yang cukup menjanjikan penghasilan dan menguntungkan.

Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil Yang Menjanjikan

Mengingat betapa sibuknya mayoritas masyarakat perkotaan, sehingga kebanyakan mereka lebih menyukai sesuatu yang instan dengan cara membeli makanan jadi dari pada harus repot meyiapkan atau memasak sendiri.

#3 Usaha reseler untuk produk. Menjadi seorang reseler dari sebuah merek atau produk, memang bisa dilakukan tanpa mengeluarkan modal uang kecuali tenaga dan pikiran.

Pelaku bisnis ini hanya bergerak sebagai media promosi dan akan memperoleh komisi dari hasil transaksi penjualan nantinya.

Beragam bentuk bisnis reseler saat ini tengah menjadi trend untuk kaum ibu ibu bahkan para remaja yang menawarkan barang dagangan hanya dari sebuah katalog, seperti produk produk kecantikan, fashion, hingga peralatan atau perkakas rumah tangga khususnya dapur.

  • Cara menjadi pengusaha reseler tanpa modal
  • Bisnis menjadi makelar tanpa modal untung besar

#4 Membuka bimbingan belajar dan kursus. Ini salah satu bentuk usaha rumahan yang bisa dilakukan oleh mereka yang memiliki pendidikan mumpuni secara akademik dan sanggup menjadi tenaga pengajar yang berkualitas.

Jenis pekerjaan seperti ini nyaris bisa dikerjakan tanpa modal, hanya saja harus memiliki waktu luang serta kemampuan untuk memberikan bimbingan belajar yang sesuai kebutuhan anak didiknya.

Lokasi atau tempat melaksanakan usaha ini bisa di rumah sendiri atau memulainya dengan mendatangi anak didiknya secara privat sebagai tahap promosi agar cukup dikenal oleh masyarakat.

Jika anda adalah seorang guru sekolah, atau masih berstatus sebagai mahasiswa atau bahkan masih dalam masa magang, maka gunakanlah kesempatan untuk dapat membuka usaha bimbingan belajar ini, misalnya khusus untuk anak anak sekolah dasar maupun siswa menengah pertama.

Awalnya bisa dimulai dari warga lingkungan sekitar terlebih dahulu sebagai perkenalan, toh nanti masyarakat juga yang akan menilai hasilnya, kemudian secara otomatis mereka akan menyebarkan informasi mengenai usaha yang telah anda buka karena kualitasnya memuaskan.

Usaha rumahan untuk masyarakat yang tinggal di perkampungan

Berikutnya adalah beberapa contoh ide serta gagasan untuk menemukan peluang usaha dan bisnis yang tepat, jika kita tinggal di wilayah perkampungan atau desa yang tidak terlalu padat penduduknya.

#1 Usaha ternak dengan modal kecil. Pada umumnya bisnis peternakan memang memerlukan modal yang cukup besar, namun tidak menutup kemungkinan bahwa masih ada peluang bisnis dalam bidang ini yang bisa dipilih meskipun dengan keterbatasan modal.

Pada poin ini hanya akan mengulas bentuk usaha dan bisnis ternak yang paling cocok untuk dijalankan dengan ketersediaan anggaran modal kecil, namun tetap berpotensi dapat memberikan penghasilan serta keuntungan yang bisa dikatakan tidak akan mengecewakan.

Seperti misalkan mengelola ternak jangkrik dan semut untuk pakan burung kicau, ternak siput (bekicot), ternak kelinci, ternak merpati dan masih banyak lagi ragam usaha agribisnis yang dapat dijalankan dengan keterbatasan modal.

Sebenarnya pemerintah sudah membuat program yang bertujuan untuk membantu para pelaku usaha kecil dengan bantuan kredit modal usaha. Simak selengkapnya tentang Cara Memperoleh Modal Usaha dari Pemerintah dan Syarat Mengajukan Permohonan KUR (Kredit Usaha Rakyat).

#2 Usaha tambal ban motor. Sepintas bentuk pekerjaan ini memang kurang cocok mengingat di wilayah kampung yang pupulasinya belum sepadat daerah perkotaan.

Akan tetapi jangan pernah meremehkan potensi dari usaha yang satu ini, mengingat jaman sekarang hampir setiap orang sudah dapat dipastikan memiliki kendaraan bermotor sebagai sarana aktifitasnya.

Nah, bisanya di kampung akan sangat sulit ditemui tukang tambal ban, padahal kejadian orang yang mengalami ban bocor hampir setiap hari ada.

Jika anda memiliki cukup waktu luang di rumah, apa salahnya kalau menyediakan alat tambal ban serta memasang papan nama agar mereka tidak perlu melangkah lebih jauh membawa motornya jika mengalami kerusakan ban.

  • Usaha tambal ban dan servis motor

#3 Usaha jualan bensin eceran. Bahan bakar minyak adalah salah satu dari kebutuhan pokok yang sudah tidak bisa ditinggalkan lagi oleh masyarakat jaman sekarang ini.

Jika hendak memulai bisnis ini dengan modal yang terbatas, maka kita tidak perlu untuk menyetok jumlah bensin dalam kapasitas besar selayaknya pertamini.

Karena dikampung pada umumnya sangat jauh dengan SPBU, maka jenis usaha rumahan yang satu ini terbilang cukup potensial dan menjanjikan.

Sebab bisa dipastikan akan tetap memperoleh pembeli atau konsumen serta tidak akan ada kawatir terhadap resiko dagangannya tidak laku terjual.

#4 Penyedia jaringan internet WiFi. Akhir akhir ini kebutuhan akses internet sudah semakin meningkat dan tidak dapat dibendung lagi bahkan sampai ke pelosok pedesaan.

Mengingat layanan dari profider seluler yang terkadang masih kurang menggembirakan, maka peluang bisnis menjadi penyalur jaringan internet WiFi adalah salah satu ide usaha yang pantas untuk dilirik.

Beberapa poin di atas adalah termasuk dalam contoh ide serta gagasan dalam melihat situasi atau peluang guna menentukan jenis bisnis atau usaha apa nantinya yang paling tepat untuk dijalankan, sesuai dengan kondisi lingkungan sekitar.

Dengan kebutuhan anggaran modal usaha yang tidak terlalu besar, serta proses pengerjaannya yang dapat dilakukan dirumah sendiri, setidaknya kita bisa merencanakannya mulai sekarang, mana salah satu yang lebih cocok dan kita juga harus mampu untuk mengelolanya.

Usaha rumahan sering pula di anggap sebagai bentuk bagian dari usaha sampingan, karena memang pada dasarnya merupakan sebuah aktifitas yang tidak terlalu besar, dan tidak perlu melibatkan banyak orang untuk dipekerjakan.

Akan tetapi, trend usaha rumah tangga saat ini tidak bisa di anggap remeh atau dipandang sebelah mata lagi. Karena faktanya sudah banyak kisah inspirasi sukses orang orang yang berawal dari sebuah pekerjaan kecil, dan pernah di dianggap sangat sederhana ketika awal merintisnya, namun dapat berkebang luar biasa pada akhirnya.

Mengelola modal kecil dengan mencari peluang usaha yang lebih tertarget dan potensial

Dengan keterbatasan dana modal kecil, maka menemukan peluang usaha yang lebih tertarget dan cukup potensial serta cepat memberikan penghasilan yang menguntungkan adalah mampu mengklasifikasikan terlebih dahulu jenis jenis bentuk bisnis yang akan dipilihnya.

Menggunakan cara ini kita akan lebih cepat menganalisa masing masing pilihan, untuk menentukan mana yang lebih sesuai dan layak untuk dijalankan sekaligus mampu mempertimbangkan faktor resiko kegagalannya.

Beberapa faktor penyebab kegagalan dalam mengelola bisnis dan usaha di antaranya adalah:

  • Tidak menguasai bidang tersebut
  • Sekedar mengikuti trend
  • Bekerja sama dengan orang yang tidak tepat
  • Kurang fokus
  • Terlalu mudah menyerah

Untuk itu, setelah mengetahui sekilas tentang beberapa hal yang dapat memicu gagalnya sebuah usaha, maka dengan memilih jenis peluang usaha rumahan yang paling kita kuasai, atau minimal kita sudah memahami cara kerjanya adalah poin yang lebih baik.

Contoh bisnis rumahan untuk pelajar dan mahasiswa

Berhubung seorang pelajar dan mahasiswa adalah personal yang berpendidikan maka memilih jenis peluang usaha yang erat hubungannya dengan teknologi atau pendidikan akademik adalah sebagai berikut:

  • Bisnis online seperti penulis artikel, Youtuber, Blogger, atau membangun Olshop
  • Membuka bimbingan belajar untuk anak sekolah dasar
  • Jasa printing dan editing
  • Jasa desain grafis dan multimedia

Simak selengkapnya ulasan tentang Kerja Sampingan Paling Mudah Untuk Pelajar Dan Mahasiswa

Contoh bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga

Sebagai seorang ibu rumah tangga tentunya akan banyak memiliki waktu dirumah setelah mengurus segala hal keperluan suami dan anak.

Berikut adalah beberapa contoh peluang usaha rumahan yang dapat dijalankan tanpa beranjak dari rumah dan juga cukup mudah dilakukan oleh ibu rumah tangga.

Masih sangat banyak ragam ide serta bentuk peluang bisnis rumahan lainnya yang dapat menjadi terobosan, serta salah satu cara menambah pundi pundi penghasilan uang, dengan potensi potensi yang cukup menjanjikan hingga jangka panjangnya.

4 Comments

  1. biMbel quBaca

    April 11, 2017 at 8:13 pm

    Artikel yang sangat bermanfaat.
    Saya cenderung untuk bisnis pendidikan anak usia dini. Apalagi kalau mampu memberikan sesuatu yang beda, seperti mampu baca kalimat, menulis karangan sederhana, dan berhitung hingga perkalian puluhan dan pembagian yang hasinya di atas 10, UNTUK anak pra Sekolah Dasar lo… Banyak peminat, otomatis menguntungkan bagi pengelola bisnisnya.
    http ://www.bimbel-qubaca.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *