Advertisement

Transfer Uang Antar Bank Berbeda: Kode BCA, BNI, BRI, Madiri Lewat Mesin ATM

Daftar kode bank transfer atm beda antar bank

Transfer uang melalui ATM berbeda bank seperti BCA, BNI, BRI, Mandiri dan lainnya harus menggunakan kode bank sebelum memasukkan nomor rekening tujuan.

Ambil contoh anda memiliki tabungan bank tahapan BCA sebagai sarana transaksi keuangan dengan fasilitas kartu ATM yang mana pada jenis rekening ini berlaku ketentuan bahwa minimal transfer yang bisa dilakukan adalah sebesar Rp 10 ribu.

Selain fasilitas ATM, nasabah juga bisa transfer menggunakan fasilitas sms banking (anda perlu mendaftarkan nomor terlebih dahulu), maupun menggunakan internet banking (anda perlu memiliki keybca) namun yang paling umum digunakan yaitu transaksi menggunakan kartu ATM karena hampir semua bank memiliki fasilitas ATM.

Untuk transfer uang melalui ATM ke sesama Bank BCA mungkin sudah biasa, namun beberapa nasabah masih ada yang mengalami kesulitan ketika akan mentransfer uang ke bank yang berbeda. Misalnya hendak transfer uang dari bank bca ke bank BNI menggunakan ATM yang mana memerlukan kode bank tujuan agar transaksi bisa diproses.

Simak juga artikel terkait tentang cara mengatasi klik BCA individual terblokir serta ulasan lainnya mengenai cara daftar internet banking BRI dengan cepat.

Kode bank untuk transfer ATM dari BCA ke BNI, mandiri dan BRI

Sebelum melakukan transaksi transfer dana maka pastikan saldo dalam rekening tersebut mencukupi karena transfer uang antar bank berbeda akan dikenakan biaya sebesar Rp5000 per transaksi tanpa memperhitungkan berapapun nominal yang akan di transfer.

Misalkan anda ingin melakukan transfer dari BCA meuju BNI, maka sebelum memasukan nomor rekening BNI anda perlu menambahkan kode bank BNI terlebih dahulu di awal nya.

Sebagai contoh ketika anda ingin transfer uang ke rekening BNI dengan nomor rekening (125679902), maka pada saat memasukan nomor rekening tujuan harus ditambahkan 009, contoh sebagai berikut : 009125679902

Langkah berikutnya adalah memasukan atau memilih nominal uang yang akan di transfer. Jangan lupa untuk memperhatikan nama pemilik rekening tujuan harus sesuai dengan yang anda tuju setelah nominal anda pilih.

Apabila sudah sesuai, maka anda bisa mengikuti instruksi pada layar untuk melanjutkan transfer dan sistem ATM akan memproses transaksi anda.

Transfer ATM ini secara otomatis akan memotong saldo pada rekening bank anda dan dalam hitungan detik nilai uang yng di transfer akan masuk pada rekening tujuan.

Simak juga ulasan terkait mengenai biaya transfer beda bank di indonesia serta artikel menarik lainnya tentang cara transfer uang tanpa menggunakan rekening bank.

Daftar kode bank untuk transfer antar bank berbeda

Kode Bank pada umumnya memiliki 3 digit angka yang harus dimasukkan sebelum nomor rekening tujuan transfer. Berikut ini adalah daftar kode bank yang ada di indonesia:

Kode Transfer Bank

  1. Kode Bank BCA 014 
  2. Kode Bank Mandiri 008
  3. Kode Bank BRI 002
  4. Kode Bank BNI 009
  5. Kode Bank Danamon 011
  6. Kode Bank Syariah Mandiri 451
  7. Kode Bank Permata 013
  8. Kode Bank BTN 200
  9. Kode Bank Muamalat 147
  10. Kode Bank CIMB Niaga 022
  11. Kode Bank BRI Syariah 422
  12. Kode Bank Bukopin 441
  13. Kode Bank Sinarmas 153
  14. Kode Bank Jatim 114
  15. Kode Bank Panin 019

Sebenarnya secara otomatis sistem akan menolak transaksi khusunya transfer apabila anda salah memasukkan kode bank tidak sesuai dengan nomor rekening bank tujuan.

Justru yang perlu diwaspadai adalah ketika anda salah memasukkan nomor rekening tujuan dan tidak memperhatikan nama pemilik rekening yang dapat berakibat salah transfer dan ini tentunya akan sangat fatal.

Advertisement

1 Comment

  1. Anneis

    July 18, 2017 at 6:42 pm

    Berarti uangnya gk terkirim saat kita salah/tdk memasukkan kode banknya ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!