Advertisement

Terbelit Cicilan KPR: Ada 3 Langkah Tepat Untuk Menyelesaikan Masalahnya

Solusi tepat saat terbelit cicilan KPR

Ketika anda memiliki tanggungan KPR maka membayar cicilan merupakan kewajban rutin bulanan anda setelah sebelumnya pengajuan kredit kepemilikan rumah tersebut disetujui.

Namun ketika anda mengalami kesulitan dalam melakukan pembayaran cicilan maka apa yang akan anda lakukan?

Inilah yang kemudian menjadi masalah rumit bagi anda. Jika boleh kami sarankan ketika masalah ini memang telah membelit anda maka sebaiknya jangan pernah lari dari persoalan.

Masalah keuangan datang dikarenakan ada beberapa faktor salah satunya yakni karena kenaikan suku bunga yang begitu cepat yang tidak dibarengi dengan kenaikan pendapatan anda.

Bahkan ketika masalah ini datang tidak sedikit orang yang akhirnya menyerah dan melakukan pinjaman lain melalui pihak ketiga demi menutup kreditnya yang sebelumnya.

Cara paling bijak mengatasi persoalan hutang cicilan KPR

Sebenarnya tindakan gali lubang tutup lubang bukan solusi akan menyelesaikan masalah anda melainkan justru akan menambah beban.

Ada pilihan cara lain yang mungkin bisa anda lakukan untuk mengatasinya yakni dengan menghubungi segera pihak kreditur dan beritahulah kondisi keuangan anda yang telah mengalami kesulitan, sehingga komunikasi anda tetap akan berjalan dengan baik untuk menunggu langkah selanjutnya.

#1 Berani Jujur – Menyampaikan segala permasalahan

Ketika menghadapi masalah cicilan KPR maupun kredit lain pada umumnya mereka akan justru menghindari pihak bank padahal dengan melakukan hal ini kenyataannya cicilan akan tetap menghantui dan memburu anda.

Yang harus dilakukan adalah berani jujur dengan mengatakan kondisi anda pada pihak bank, dengan ini maka pastinya pihak bank akan memahami situasinya dan komunikasi anda akan tetap berjalan dengan baik.

Dengan begitu maka anda akan merasa lebih tenang dan akan lebih enjoy dalam membayar cicilan pada abulan bulan berikutnya.

Jika anda ingin lebih ringan dalam melakukan angsuaran maka bisa meminta kepada pihak bank untuk menyesuaikan besaran jumlah angusaran tiap bulannya dengan penghasilan yang anda dapatkan sehingg tidak lagi akan merasa keberatan.

#2 Jangan Menunggu Lama – Segera hubungi pihak kreditur

Ketika anda tidak mampu membayar cicilan dan sudah sampai pada masa jatuh tempo maka pihak bank pastinya akan melakukan tindak lanjut pada anda selaku pihak peminjam dana.

Sebelum masalah ini terjadi sebaiknya anda mengambil sebuah tindakan yang bisa membantu meringankan masalah, karena jika anda tidak kooperatif dengan pihak bank maka  mereka pasti akan mengambil sikap yang lebih tegas untuk memperingatkan anda.

#3 Ajukan Restructure – Perubahan nilai cicilan

Restrukturasi merupakan salah satu usaha untuk membayar hutang dengan persyaratan yang lebih ringan dari pada sebelumnya dengan kesepakatan antara pihak kreditur dan debitur.

Tindakan yang ketiga ini bisa anda lakukan sebagai salah satu langkah untuk mengatasi masalah keberatan cicilan. Jangan ragu dalam melakukan tindakan ini karena tidak sedikit para debitur yang berhasil melakukannya.

Langkah Mengajukan Restrukturasi

Jika anda belum terlalu mengetahui prosedur pengajuan restrukturasi maka berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan datang langsung ke bank dengan membawa surat keberatan mengangsur cicilan untuk bertemu pihak marketingnya.
  2. Kemudian setelah anda beretemu dengan pihak marketing maka ungkapkanlah bahwa anda minta waktu perpanjangan cicilan.

Sebenarnya prosesnya hampir sama ketika akan mengajukan kredit, karena data data pribadi anda sebelumnya telah ada dan tinggal melakukan update rekening bank terbaru atau keterangan kerja beserta dengan slip gaji anda.

Sedangkan bagi para pengusaha maka mereka harus mengupdate SIUP atau surat izin usaha, Tanda Daftar Perusahaan dan nota nota atau bukti bukti penjualan.

Jika pengajuan yang anda lakukan disetujui oleh pihak bank maka kemudian pihak peminjam (debitur) akan menjadwalkan waktu untuk melakukan perjanjian dengan pihak bank (kreditur) mengenai kredit restruktur di depan notaris.

Sebenarnya prosesnya cukup mudah asalkan saja anda juga kooperatif dengan mereka sehingga semuanya berjalan lancar. Baca juga syarat dan proses mengajukan KPR pada bank serta ulasan menarik lainnya mengenai 3 macam cara menghitung bunga kredit KPR.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *