Advertisement

Faktor Penentu Sukses Tidaknya dalam Menjalankan Bisnis Dropship Secara Online

Strategi menjalankan bisnis dropship

Bisnis dropship merupakan salah satu jenis bisnis online yang sedang naik daun. Usaha model dropship ini memang bukan termasuk bisnis baru. Bisnis ini sudah cukup lama ada di tanah air.

Namun demikian, semakin lama bisnis dropship tampaknya semakin diminati oleh masyarakat Indonesia, terutama yang belum memiliki cukup banyak modal untuk memulai usaha. Simak cara kerja bisnis dropship dan keuntungannya bagi anda yang belum sepenuhnya memahami.

Akan tetapi, sistem dropship tetap sama halnya seperti bisnis lain. Ada cukup banyak faktor yang dapat mempengaruhi sukses tidaknya bisnis ini. Jika anda berencana untuk memulai bisnis model dropship, kami sarankan anda mempelajari terlebih dahulu tentang apa saja yang biasanya mempengaruhi kesuksesan dari bisnis model ini.

Anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai apa saja faktor yang menjadi penentu sukses tidaknya usaha dropship di artikel ini.

4 Hal yang menjadi faktor sukses tidaknya bisnis dropship

Banyak sekali orang yang mulai menjalankan sistem dropship ini namun tidak semuanya berhasil mendapatkan keuntungan dan bahkan meningkat menjadi suplier. Jika diperhatikan dari orang-orang yang sudah sukses menjalankannya, ada beberapa hal yang memang sangat mempengaruhi kesuksesan di dalam bisnis ini.

Berikut ini adalah 4 hal yang menjadi faktor vital penentu sukses tidaknya bisnis online dropshiping tersebut:

#1 Jenis barang yang dijual dengan menggunakan sistem dropship

Sukses tidaknya pengusaha dropship pertama kali ditentukan dari jenis barang yang dijual. Tidak semua barang laku dijual secara online.

Bagi anda yang mau mencoba memulainya, pastikan untuk memilih jenis barang yang memiliki repeat order cukup tinggi. Beberapa contoh barang yang cocok dijual dengan sistem dropship adalah seperti kosmetik dan juga fashion.

Kedua produk tersebut adalah jenis produk yang memiliki repeat order cukup tinggi di pasar online. Jadi jika anda baru pertama kali memulai bisnis online ini disarankan untuk mencoba menjual kedua jenis barang tersebut terlebih dahulu.

#2 Pemilihan suplier dropship

Setelah beres memilih jenis produk yang akan anda jual secara online dengan sistem dropship, selanjutnya anda juga harus mencari suplier dropship yang profesional.

Salah memilih suplier dropship akan berakibat fatal bagi usaha dan juga nama anda. Kenapa? Karena dengan menggunakan sistem dropship, anda sama sekali tidak mengetahui kualitas dan kondisi barang yang dikirimkan kepada konsumen anda.

Oleh sebab itu, untuk mengurangi risiko rusaknya nama baik anda dimata konsumen, ada baiknya sejak awal carilah suplier yang sudah memiliki reputasi positif.

#3 Media atau tempat promosi

Tempat dimana anda akan mempromosikan produk secara online juga sangat menentukan sukses tidaknya bisnis dropship yang anda jalankan.

Untuk masalah pemilihan tempat promosi online ini, anda harus benar-benar fleksibel. Intinya, jangan pernah menggunakan tempat promosi online dimana suplier anda juga melakukan promosi.

Misalkan anda mendapatkan suplier dari Tokopedia, anda disarankan tidak mempromosikan di Tokopedia juga. Lebih baik anda pilih marketplace lain seperti Shopee atau Bukalapak.

Selain marketplace, anda juga masih bisa menggunakan platform sosial media seperti Instagram dan Facebook sebagai media promosi.

Kenapa anda sebaiknya tidak mempromosikan produk ditempat yang sama seperti suplier anda? Karena anda tidak akan cukup sulit mendapatkan konsumen. Harga anda jelas tidak akan bisa bersaing. Selain itu, foto-foto produk andapun pasti akan sama seperti suplier anda.

#4 Persaingan produk yang anda jual secara online

Pemilihan tempat promosi juga memperhatikan masalah persaingan produk yang anda jual. Jika tempat promosi anda sudah digunakan oleh banyak penjual online yang menjual produk yang sama, kemungkinan besar anda juga akan sulit mendapatkan konsumen.

Carilah tempat promosi yang persaingannya masih belum begitu ketat. Jangan mencari tempat promosi yang sama sekali tidak ada produk yang anda jual. Karena hal tersebut justru pertanda bahwa di tempat tersebut tidak ada yang tertarik dengan produk yang anda jual.

Memilih usaha dengan sistem dropship memang adalah salah satu jenis bisnis online yang paling mudah dan paling cepat dijalankan. Namun demikian, kurang tepat jika anda mempercayai bahwa bisnis ini adalah satu satunya bisnis online yang paling cepat memberikan keuntungan besar.

Dan perlu anda ketahui bahwasannya bisnis ini akan menjadi salah satu peluang bisnis 2018 yang cukup potensial serta anda harus menyadari karena mudahnya menjalankan bisnis dropship ini, maka bukan anda saja yang berminat untuk menjalankan bisnis tersebut sehingga apapun konsekuensinya anda tetap harus siap dalam menghadapi persaingan bisnis.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *