Advertisement

Strategi Tabungan Deposito Menjadi Investasi Yang Sangat Menguntungkan

Strategi investasi deposito

Ingin melakukan investasi yang menguntungkan dengan cara membuka tabungan deposito memang terbilang sangat aman jika anda sudah mengetahui strateginya.

Meskipun saat ini instrumen investasi sudah sangat beragam mulai dari jenis investasi jangak pendek maupun investasi jangka panjang bahkan dengan modal yang sangat terjangkau, namun produk deposito ini adalah yang pantas untuk anda perhitungkan profitnya.

Setiap perbankan yang ada di Indonesia tentunya memiliki layanan deposito yang ditujukan bagi nasabah yang ingin menyimpan uangnya dengan jangka waktu tertentu.

Cara investasi menguntungkan dengan tabungan deposito

Berikut adalah beberapa strategi agar deposito tabungan deposito menjadi lebih menguntungkan:

#1 Tentukan Jangka Waktu

Pada poin pertama sebaiknya anda cermat dalam menentukan berapa lama jangka waktu yang ingin anda rencanakan.

Hal ini akan sangat tergantung dari kondisi keuangan anda meliputi kapan anda membutuhkan dana tersebut, dan apakah anda memiliki cadangan dana lain yang bisa digunakan tanpa harus menunggu jatuh tempo deposito.

#2 Pilih Jenis Depositonya

Karena tabungan ini juga memiliki 2 jenis yang palin umum yaitu deposito berjangka dan  likuid / on call, maka sebaiknya anda mampu menentukan jenis deposito yang sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya, anda ingin berinvestasi dalam jangka waktu 2 tahun dan tidak ingin terjebak dengan tingkat suku bunga rendah, maka jenis deposito berjangka adalah produk yang cocok.

Bila khawatir membutuhkan dana tersebut secara tiba–tiba, coba pertimbangkan jenis deposito likuid / on call.

#3 Bandingkan Besarnya Suku Bunga

Setelah memastikan jenis deposito apa yang paling sesuai dengan keuangan serta kebutuhan, maka tidak kalah pentingnya jika anda juga memiliki sumber informasi mengenai besarnya bunga deposito bank yang anda pilih.

#4 Pisahkan Beberapa Macam Deposito

Jika anda memiliki sejumlah dana yang cukup besar, maka akan lebih disarankan anda membaginya dalam produk deposito dengan jangka waktu berbeda.

Strategi ini memiliki istilah ladderingdan menjadi salah satu cara untuk mengurangi kekurangan sebuah produk deposito. Strategi ini dapat memberi akses likuiditas sebagian dari dana yang anda miliki, dan melindungi dari fluktuasi tingkat suku bunga.

Simak juga ulasan terkait mengenai keuntungan investasi syariah serta artikel menariklainnya tentang kiat sukses belajar investasi di usia muda.

Berikutnya adalah strategi penerapan

Di contohkan seorang nasabah ingin berinvestasi sebesar Rp 150 juta. Jika anda akan menjalankan investasi dengan menggunakan strategi ini, maka anda harus membaginya menjadi Rp 50 juta dengan jangka waktu 1 tahun.

Kemudian Rp 50 juta selanjutnya dengan jangka waktu 2 tahun, dan sisanya selama 3 tahun.

Apabila setiap satu tahapan jatuh tempo, maka anda bisa mengambilnya secara tunai atau menginvestasikannya kembali ke dalam durasi 3 tahun. Maksudnya agar siklus jatuh temponya akan kembali seperti semula.

Beberapa keuntungan melakukan investasi menggunakan deposito adalah:

  • Mendapatkan uang tunai lebih cepat, namun bebas penalti
  • Tingkat suku bunga yang lebih baik, karena deposito cenderung berjangka panjang
  • Kesempatan mendapatkan tingkat suku bunga yang lebih tinggi ketika berinvestasi ulang

Bagaimana lebih mudah dan aman bukan, dibandingkan dengan jenis instrument investasi lainnya, deposito ini tidak menjadikan anda terlibat langsung dalam pengelolaan dananya meskipun tidak dapat dipungkiri bahwa suku bunga yang didapat terbilang sangat rendah.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!