Advertisement

Single Mom Harus Bisa Mandiri, Ini Beberapa Solusi dan Jalan Keluarnya

Agar single mom mampu mandiri

Memang menjadi single mom itu tidaklah mudah ketika ditinggal oleh pasangan pastinya seorang perempuan harus tetap kuat dan survive untuk menjalani hidupnya, apalagi sudah memiliki anak maka ia harus tabah dalam merawat dan membesarkan anaknya sendiri.

Tuntutan untuk menafkahi anak dan memenuhi segala kebutuhannya membuat seorang single mom harus bijak dalam mengelola keuangannya.

Walaupun hal ini memang berat tapi seorang ibu tunggal harus tetap teguh menjalaninya, ia tetap harus memberikan yang terbaik bagi anak anaknya dalam segala hal mulai dari kasih sayang, pendidikan dan kebutuhan hidup mereka.

Kiat menjadi seorang single mom yang tangguh dan mandiri

Anak anaknyalah yang menjadi penyemangat seorang ibu untuk terus berjuang mencari nafkah.

Apalagi ketika mereka masih sangat kecil sehingga kebutuhannya dan perhatian tentu lebih banyak dan panjang pastinya.

Masalah seperti ini bisa tambah rumit ketika seorang ibu sebelumnya tidak bekerja. Sehingga mencari nafkah seorang diri menjadi profesi baru baginya.

Berbagai pertanyaanpun akhirnya muncul dan mengganggu pikiran seorang ibu. Bagaimana seorang ibu menghadapi situasi seperti ini? Berikut solusi yang bisa diterapkan oleh seorang single mom.

#1 Gali potensi diri temukan bakat yang ada

Untuk seorang ibu mungkin tidak sempat memikirkan masalah potensi diri karena mereka terlalu sibuk dengan pekerjaan rumah tangganya.

Padahal tanpa anda sadari sebenarnya dalam diri seorang ibu itu pasti memiliki keahlian tertentu misalnya saja menjahit, membuat aksesoris, memasak dan lain sebagainya yang mungkin bisa dimanfaatkan untuk memperoleh tambahan penghasilan sehingga bisa mencukupi kebutuhan rumah tangganya.

Ketika anda ahli dalam memasak maka anda bisa mencoba untuk membuka sebuah catering kecil kecilan sebagai langkah awal, ya walaupun mungkin pekerjaan ini akan membuat anda semakin capek.

Jadi mulai saat ini anda harus menggali potensi tersebut supaya bisa anda manfaatkan semaksimal mungkin demi memenuhi kebutuhan keluarga.

#2 Cari peluang usaha dengan modal kecil

Nah untuk mengurangi resiko dari usaha yang akan anda dirikan maka dapat mencari jenis peluang usaha yang menggunakan modal kecil sehingga anda tidak kesulitan dalam mencari modalnya kemudian mengembalikannya nanti.

Contoh usaha yang bisa didirikan dengan modal kecil yakni bisnis online, menjadi penulis atau membuka warung kecil kecilan di depan rumah.

Semua itu bisa anda lakukan selama anda mampu. Bila anda sudah mencoba menjalankannya dan mengalami perkembagan yang cukup signifikan maka anda dapat memulai untuk melakukan perluasan usaha dengan menanamkan modal yang lebih besar lagi.

#3 Bekerja sebagai freelancer

Ketika anda mengingikan sebuah pekerjaan yang tetap bisa dekat dengan anak dan memiliki banyak waktu dengan mereka maka bisa memilih menjadi seorang freelancer.

Jenis pekrjaan ini memiliki kelebihan yakni anda tidak terikat waktu seperti halnya seorang pekerja full time.

Ada banyak jenis freelancer yakni seperti penulis, writer, web developer, dan lain sebagainya yang mungkin bisa anda coba mulai sekarang.

Dengan mempunyai pekerjaan seperti ini maka anda bisa membagi waktu anda untuk bekerja dan bersama anak anak. Jangan salah ya, pekerjaan ini bisa menghasilkan pendapatan yang hampir sama dengan para pekerja full time bahkan bisa lebih jika anda memiliki potensi dibidangnya.

Simak juga ulasan terkait mengenai peluang usaha sampingan untuk ibu rumah tangga serta arikel menarik lainnya tentang tips agar menjadi wanita dan ibu rumah tangga yang sukses.

#4 Cermat mengatur pengeluaran

Semakin lama pasti beban dan tanggungan untuk menghidupi keluarga akan semakin banyak, karena anak anak semakin dewasa maka biaya yang dibutuhkan pun juga semakin besar.

Oleh karena itu seorang single mom haruslah bijak dalam mengelola keuangan, jangan tetap memikirkan diri sendiri karena sekarang sudah ada anak yang lebih penting dan harus didahulukan dari pada diri sendiri.

Dan usahakan untuk tetap menyisihkan uang anda untuk ditabung sebagai bentuk investasi masa depan anda. Hal ini juga sangat penting untuk menjamin kehidupan keluarga kedepannya.

#5 Mendidik anak untuk mampu mandiri

tentunya seorang ibu tunggal sangat menginginkan segala kebutuhan anak terpenuhi dan tidak pernah ada kekurangan sedikit pun. Nah, untuk itu mulai sekarang anda harus mampu mengkomunikasikan hal ini kepada anak supaya mereka bisa membantu anda sesuai dengan peran mereka masing masing.

Berikan pengertian kepada mereka bahwa kehidupan kita sekarang tidak seperti dulu ketika suami masih ada.

Sekarang anda sudah memiliki tanggung jawab dan beban ganda. Maka dari itu dengan memberikan pengertian kepada anak, maka anda akan bisa sedikit terbantu.

Ajarkan kepada mereka untuk belajar mandiri. Selain bermanfaat bagai anda, hal ini juga baik bagi perkembangan kepribadian anak sendiri. Sehinggan nantinya mereka menjadi lebih berempati pada usaha yang anda lakukan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *