Advertisement

Solusi Bagi Yang Membutuhkan Modal Usaha, Ajukan KTA atau Kredit Multiguna

Pilih KTA dan Kredit multiguna solusi modal usaha

Di jaman yang serba canggih ini seharusnya masalah mencari modal untuk membuka usaha tidak perlu anda khawatirkan lagi. Ada berbagai jenis pinjaman yang bisa anda coba salah satunya adalah KTA (Kredit Tanpa Agunan).

Dengan menggunakan kredit ini maka sudah seharusnya anda tidak khawatir lagi untuk membuka sebuah bisnis dan usaha. Selain itu anda juga bisa menggunakan kredit multiguna dengan agunan yang bisa membantu anda dalam mengatasi keterbatasan modal usaha yang anda miliki.

Biasanya masyarakat memilih KTA ini dikarenakan modal yang dimiliki terbatas dan tidak ada lagi barang yang bisa dijaminkan. Kedua jenis kredit ini sama sama bisa membantu anda untuk mendirikan sebuah usaha.

Perhatikan beberapa faktor ini sebelum memilih KTA atau kredit multiguna

Sebelum benar benar mengambil salah satu krdit dari keduanya tersebut, anda bisa mencoba untuk mengajukan beberapa pertanyaan di bawah ini:

#1 Berapa dana atau modal usaha yang dibutuhkan

Pada umumnya KTA itu memberikan plafon yang lebih kecil ketimbang dari kredit multiguna.

Maksimal plafon yang bisa diberikan umumnya sebesar Rp 300.000.000,00 sedangkan kalau kredit multiguna itu bisa mencapai Rp 10 milyar.

Memang perbedaan jumlah yang cukup jauh, ya. Anda sebagai pemohon hanya bisa mengajukan saja kepada mereka, namun mengenai besar kecilnya dana yang akan cair itu tergantung dari keputusan pihak bank ataupun lembaga keuangan.

Yang terpenting di sini adalah pilihlah jenis kredit sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan anda.

#2 Berapa besar bunga yang mampu anda bayar

Selain dari jenis kredit yang harus menyesuaikan dengan kemampuan anda maka besaran bunganya pun juga tidak kalah pentingnya untuk anda pikirkan.

Pada umumnya kredit multiguna itu menawarkan bunga yang lebih kecil karena adanya barang yang dijaminkan. Selain itu tenor yang diberikan pun lebih lama.

Sedangkan KTA itu menyediakan dana yang lebih kecil dengan bunga yang lebih tiinggi dengan tenor lebih pendek. Oleh sebab itu penting bagi anda untuk memikirkannya dengan baik baik.

#3 Apakah memiliki jaminan berharga

Jika anda lebih memilih kredit multiguna karena lebih menguntungkan, namun pikirkanlah apakah anda punya aset yang bisa anda jaminkan?

Jika tidak maka anda tidak bisa mengambil kredit multiguna ini. Masih ada cara lain yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan sebuah dana yakni dengan mencari pinjaman KTA dengan bunga yang lebih ringan dan kompetitif.

#4 Berapa lama anda sanggup melunasinya

Perlu anda ketahui KTA umumnya menawarkan tenor maksimal 5 tahun, sedangkan untuk kredit multiguna tenornya akan lebih panjang.

Jika anda memiliki kemampuan untuk melunasi kredit dengan jangka waktu yang singkat maka tidak ada salahnya jika anda mengambil KTA.

Nah, jika anda mengambil tenor panjang namun anda melunasinya lebih cepat justru bukan kelegaan yang bisa anda dapatkan namun denda yang mesti anda tanggung.

Karena itulah jika anda mampu menyelesaikannya dengan lebih cepat maka anda bisa menghindari resiko gagal bayar atau pun kena penalty.

Dengan mengambil tenor yang lebih panjang bukan berarti selalu menguntungkan anda, jika suatu saat ada masalah keuangan sehingga anda mengalami kesulitan untuk mengangsurnya maka masalah barulah yang justru akan timbul.

Namun perlu anda ketahui juga kalau tenor yang anda ambil pendek maka besaran cicilan tiap bulan yang mesti anda bayar juga lebih besar. Jadi pertimbangan matang memang perlu untuk anda lakukan.

#5 Kebutuhan mendesak atau masih bisa ditunda

Umumnya pinjaman dana KTA kredit tanpa agunan lebih cepat cair dibandingkan dengan kredit multiguna karena prosesnya tidak memerlukan survey ke rumah. Sehingga anda akan segera mendapatkan dana segar yang anda butuhkan.

Berbeda halnya dengan kredit multiguna yang membutuhkan verifikasi berlapis karena dana yang diberikan lebih besar.

Namun tidak semua kredit multiguna itu memerlukan waktunya yang lama ada juga yang hanya memakan sedikit waktu. Anda perlu untuk melakukan perbandingan antara lembaga satu dengan yang lainnya terkait dengan kredit yang mereka tawarkan.

Jangan ragu untuk tanyakan kepada petugas yang bersangkutan jika anda kesulitan dalam mengakses informasinya melalui internet. Salah satu bank yang menawarkan KTA dan kredit multiguna adalah Bank Chartered yang menawarkan KTA dengan plafon sebesar Rp 300.000.000,00.

Sedangkan dari lembaga pembiayaan ada kredit multiguna dari BFI. Anda bisa menjaminkan motor atau mobil anda untuk mendapatkan dana segar.

Bahkan tenor yang ditawarkan pun sampai 60 bulan dengan durasi proses pencairannya pun hanya dengan hitungan hari.

Kedua jenis kredit ini sama sama menawarkan bantuan bagi anda yang membutuhkan dan dengan cepat entah itu untuk kebutuhan sehari hari ataupun untuk modal membuka usaha.

Untuk itu anda diharapkan lebih bijak dalam memilih keduanya. Sesuaikanlah dengan kemampuan dan kebutuhan anda, jangan sampai nantinya anda salah pilih dan membebani anda. Usahakanlah bahwa anda mampu untuk membayarnya tiap bulan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *