Advertisement

Mengenal Sistem Gadai Untuk Mendapat Pinjaman Uang Di Pegadaian

Pinjaman Uang Sistem Gadai di Pegadaian

Salah satu cara yang bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan uang dengan cepat adalah dengan cara gadai. Hal ini sedikit berbeda dengan kredit di bank cara gadai mengharuskan anda menyerahkan barang berharga anda sebagai jaminan untuk bisa mendapatkan uang.

Untuk nama tempat yang memberikan layanan atau jasa gadai adalah pegadaian. Memang tempat ini cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Namun bagi orang orang yang baru menggetahui hal ini mereka akan menganggap bahwa gadai adalah system yang repot karena harus menyerahkan benda berharga mereka sebagai jaminannya.

Prosedur mengajukan pinjaman uang dengan menggadai barang di pegadaian

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh perusahaan pegadaian adalah:

  • Dengan menggadaikan barang berharga anda ke tempat pegadaian, maka barang anda akan aman dan tidak perlu khawatir untuk hilang maupun rusak.
  • Bunga yang diberikan di tempat pegadaian jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan yang ada di bank. Sehingga hal ini memang cocok dengan slogan mereka yakni mengatasi masalah tanpa masalah.
  • Dana yang anda terima akan disesuaikan dengan harga barang yang anda gadaikan, selain itu tersedia pula layanan angsura bagi anda yang tidak mampu membayarnya secara lunas sekaligus. www.pegadaian.co.id

Setelah mengetahui adanya banyak kelebihan yang akan anda terima ketika menggadaikan barang di tempat pegadaian, maka mulai sekarang anda tidak perlu khawatir untuk menggadaikan barang anda sebagai salah satu solusi keuangan.

Selain itu ada hal lain yang perlu anda ketahui yakni tentang persyaratan yang harus dilengkapi juga sanggat mudah. Hal ini memang sangatlah berbeda dengan ketika kita mengajukan kredit di bank selain kita diharuskan untuk memenuhi persyaratan yang begitu banyak, sebelum kredit kita disetujui maka pihak bank akan melakkukan survey terlebih dahulu. Selain itu anda juga akan dibebankan dengan bunga yang cukup tinggi.

Ada 2 jenis gadai yang akan ditawarkan di tempat pegadaian diantaranya adalah:

#1 Gadai Konvensional

Jenis gadai seperti inilah yang sering kali dilakukan oleh kebanyakan orang, yakni dengan menaksir harga dari barang yang akan anda gadaikan.

Setelah itu baru anda akan menerima besarnya dana pinjamannya. Untuk jangka waktu mendapatkan dana dari tempat pegadaian adalah selama empat bulan.

Selain itu sebagai pihak yang akan memberikan dana maka mereka juga akan memberikan besarnya bunga bagi nasabahnya.

#2 Gadai Syariah

Merupakan jenis gadai yang dalam prosedurnya menerapkan aturan aturan hukum islam. Jangka waktu yang ditetapkan oleh perusahaan gadai syariah tidak jauh beda dengan yang ada di gadai konvensional.

Letak bedanya terdapat pada prinsip yang diterapkan yakni penitipan. Besarnya penitipan pun disesuaikan dengan harga taksiran harga barang yang digadaikan.

Jenis barang yang bisa digadaikan sangat beragam yakni bisa barang bergerak maupun barang tidak bergerak. Yang terpentin barang tersebut memiliki nilai jual cukup tinggi sehingga layak untuk digadaikan.

Ada satu hal yang perlu anda ingat yakni jika anda tidak mampu membayar atau menebus barang yang anda gadaikan maka barang tersebut akan dilelang oleh pihak pegadaian.

Setelah terlelang dan kemudian terjual maka anda akan dianggap lunas oleh pihak pegadaian. Sangat mudah bukan?. Ini merupakan salah satu cara yang cukup manjur bila anda membutuhkan dana untuk kepentingan pribadi.

Selain memberikan jasa gadai pihak pegadaian juga melayani penitipan barang barang dalam kurun waktu tertentu. Tentunya jika anda menggunakan jasa ini maka anda akan dikenai biaya administrasi.

Jangka waktu penitipannya pun terbilang cukup terbatas yakni hanya empat bulan. Namun jika anda sampai melampaui batas waktu maka anda akan dikenai biaya tambahan.

Untuk mengambil barang yang anda titipkan ada aturannya yakni sebagai berikut:

  • Bawalah surat identitas beserta dengan surat keterangan barang yang anda gadaikan.
  • Kemudian serahkanlah kepada pihak yang pegadaian

Setelah mengetahui semua prosedurnya maka anda tidak perlu khawatir lagi untuk menggadaikan barang anda ke tempat pegadaian.

Baca juga mengenai program membeli emas dipegadaian mulai dari Rp 5000 saja dan artikel menarik lainnya tentang cara gadai BPKB pada bank BRI untuk memperoleh pinjaman uang dengan proses cepat.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *