Advertisement

6 Rahasia Sukses Orang Tionghoa Dalam Membangun Bisnis dan Usaha

Tips Sukses bisnis dan usaha

Kiat sukses bisnis dan usaha ala orang tionghoa – Sebelumnya apakah anda tahu siapa itu Jack Ma? Ia adalah seorang pengusaha yang berasal dari negeri tirai bambu yang sudah sukses dalam usia 50 tahun dan menurut Forbes ia merupakan orang kedua terkaya di China. Kalau untuk ditingkat dunia ia menduduki nomor 33, padahal sebelumnya ia pernah mengalami berkali kali ditolak oleh perusahaan.

Jadi tak perlu lagi diragukan bahwa orang orang China itu memang sangatlah gigih dan pekerja keras, bahkan hal ini telah terbukti dari sejak jaman kerajaan.

Jadi intinya sifat positif mereka itu merupakan warisan dari nenek moyang  mereka. Sungguh luar biasa bukan?. Pantas saja negaranya juga sangat maju.

Pelajari 6 rahasia kesuksesan berbisnis ala orang tionghoa yang sudah mendunia

Tidak sedikit warga China yang sukses di Indonesia. Bahkan mereka juga sangat berjasa dalam mengangkat perekonomian Indonesia di dunia Internasional. Kunci sukses orang Tionghoa ternyata juga diterapkan oleh Jack Ma sang pendiri situs alibaba ini.

Apa saja rahasianya? berikut 6 poin penting yang harus dipersiapkan dalam membangun bisnis dan usaha.

#1 Fokus pada inovasi

Jack Ma merupakan salah satu dari mereka yang sukses di dunia bisnis dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi yang saat itu masih jadi barang baru di dunia. Kejeliannya mampu melihat peluang bisnis yang menggiurkan dari dunia intermet.

Yang menjadi inovasi pertamanya yaitu Alibaba yang merupakan sejenis bisnis jual beli barang secara online.

Memang ketika tahun 1990 – an bisnis seperti ini merupakan ladang emas bagi mereka yang menjalankannya.

Anda sudah bisa membandingkannya dengan yang ada di Indonesia yang mana bisnis online menjadi trending baru dimulai pada tahun 2010.

Bayangkan jarak waktunya, sangat jauh bukan. Mereka yang di China sudah bisa merasakan hasilnya namun kita masih merangkak untuk memulainya.

Setelah sukses dengan bisnisnya tersebut kemudian Jack Ma mulai berinovasi lagi dengan membuat platform atau tempat pembayaran sendiri.

Jadi ketika mereka ingin berbelanja di Alibaba melakukan setoran deposit terlebih dahulu sehingga ketika akan berbelanja lagi maka uang yang ada di deposit itulah yang digunakan.

Inovasi ini memang terbilang cukup mudah ketimbang dengan harus transfer uang atau membayar dengan kartu kredit.

#2 Bisa menyatukan orang

Kita ambil contoh dari Jack Ma. Di dalam bisnisnya sendiri ia tidak memposisikan dirinya sebagai titik sentral dari usahanya. Ia mencoba untuk menyatukan orang orang yang notabenenya dari berbagai macam latar belakang.

Ia meyakini bahwa orang orang akan bisa bersatu bila mereka mempunyai satu tujuan yang sama, bukan dipimpin orang yang sama. Inilah sisi positif dari seorang Jack Ma. Tidak heran kalau ia menjadi orang sukses. Pikirannya begitu luas.

Ia mempunyai keyakinan bahwa bisnis adalah hal yang utama bahkan ia harus mengesampingkan keluarganya demi mencapai tujuannya tersebut. Karena sebuah kesempatan tidak akan datang dua kali.

Jika perlu maka ia harus mengorbankan apa yang dimilikinya, maksudnya masih dalam hal positif, ya.

Jadi sebelum bekerja sama dalam bisnis ia selalu memberi tahukan visi misi perusahaan. karena jika mereka telah mendukung visi misinya maka untuk menuju kesuksesan pun akan lebih mudah.

Baca juga tentang tips sukses belajar bisnis investasi sejak usia muda serta artikel lainnya mengenai cara menjadi sukses dan kaya dengan modal hutang.

#3 Mengambil risiko yang perlu

Ini juga kunci sukses dari orang Tiongkok. Bukan berarti mereka selalu mengambil resiko apa saja demi kesuksesannya, namun resiko yang di ambil hanya ketika mereka rasa itu diperlukan.

Faktor itulah yang membuat Alibaba bisa berkembang hingga saat ini.

Jack Ma mengambil langkah dengan cara akuisisi atau membeli perusahaan lain untuk mengembangkan usahanya. Karena tindakan ini tidak sembarangan orang bisa melakukannya.

Resiko yang diambil oleh Jack Ma sangatlah memperhatikan faktor keuntungan yang akan didapat.

Bila keuntungannya tinggi maka resikonya pun tingggi, namun kenyataannya berbeda. Yang terjadi adalah sebaliknya, sehingga setiap langkah yang anda ambil sebaiknya diperhatikan dengan penuh kecermatan.

#4 Gagal berarti menyerah

Ada sisi lain yang perlu anda ketahui dari seorang Jack Ma, ia berprinsip bahwa usaha yang tidak berhasil itu bukan berarti gagal, tapi ia menganggap hal tersebut sebagai suatu proses dalam berusaha.

Dari kegagalan yang pernah ia alami, maka Jack Ma berusaha untuk memperbaiki kesalahannya yang menyebabkan ia gagal.

Kemudian dari kesalahannya itu ia merancang kembali supaya lebih teratur sehingga kegagalan tidak akan menimpanya lagi.

Seperti halnya yang telah dikatakan oleh seorang filsuf Friedrich Nietzsche yang dipopulerkan Kelly Clarkson dan Katy Perry: “What doesn’t kill you make you stronger.”

#5 Kompetitor adalah kawan

Pemikiran Jack Ma memang sungguh luar biasa hal ini terbukti dari kerjanya yang menganggap pesaingnya adalah seorang teman.

Karena ia tidak mau untuk melawan satu sama lain. Kemudian dari hubungan pertemanan tersebut diwujudkan melalui asosiasi atau perkumpulan pengusaha.

Sehingga dari pertemanan itu ia mengetahui sisi lain dari para pesaingnya.

Ia menerapkan prinsip kesukaan dan kegagalan dalam usahanya.

Ia mencoba untuk menekan rasa egoismenya, karena ia tahu bahwa sikap tersebut tidaklah menguntungkan tapi justru malah menjerumuskan.

#6 Sederhana

Faktor terakhir yang menjadi kunci suksesnya adalah hidup sederhana.

Selama hidupnya seorang Jack Ma hampir tidak pernah diberitakan hidup bemewah mewahan.

Karena ia mempunyai keyakinan dari pada uang dibuang buang begitu saja lebih digunakan untuk berinvestasi. Ini merupakan bukti dari keberhasilan seorang Jack Ma.

Simak juga ulasan lain mengenai peluang bisnis dan usaha 2017 yang menjanjikan serta artikel menarik lainnya tentang rahasia menghasilkan uang dari internet untuk pemula.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *