Advertisement

Proses dan Syarat KPR: Tahap Membeli Rumah Dengan Cara Kredit Bank

Mengajukan kredit kepemilikan rumah (KPR) kepada pihak bank

Membeli rumah denga cara kredit atau istilah umumnya KPR melalui sebuah bank membutuhkan proses serta syarat yang harus dapat dipenuhi oleh pemohonnya.

Rumah merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Memiliki rumah yang bagus dan mewah memang menjadi impian dari banyak orang. Namun masalahnya harga rumah semakin tahun terus meningkat mahal sehingga kerapkali memutuskan harapan mereka yang berekonomi mengengah ke bawah untuk dapat memilikinya.

Melakukan pembelian secara cash memang sangat menyulitkan apalagi kita diharuskan untuk menyediakan uang dengan jumlah yang tidak sedikit. Selain itu rumah banyak di incar oleh para investor karena termasuk dalam jenis investasi yang sangat menguntungkan.

Namun untuk saat ini hal tersebut bukan persoalan yang rumit jika anda benar benar ingin memiliki sebuah hunian sebagai tempat bernaung keluarga.

Caranya yakni dengan membeli rumah secara kredit melalui KPR atau Kredit Kepemilikan rumah.

Dengan menggunakan metode ini maka anda tidak perlu lagi menyediakan uang dalam jumlah yang banyak melainkan cukup dengan mengangsurnya setiap bulan hinggga rumah yang anda idamkan bisa segera tercapai.

Mengajukan kredit kepemilikan rumah (KPR) kepada pihak bank

Anda ingin tahu bagaimana caranya membeli rumah dengan KPR. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Untuk bisa membeli rumah dengan cara KPR anda perlu mengetahui beberapa prosedurnya berikut ini:

#1 Temukan rumah yang akan dibeli secara kredit

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menentukan rumah mana yang ingin anda beli. Untuk bisa memperoleh informasi jelas mengenai hal ini ada dua pilihan yang dapat anda lakukan yakni:

  • Datanglah ke bank untuk bisa mengetahui lokasi rumah yang dijual secara kredit.
  • Cara yang kedua anda bisa melakukan survey sendiri yakni bisa melalui internet, Koran, informasi dari teman, atau mendatangi langsung lokasinya.

Sebaiknya sebelum anda membeli rumah hendaklah memiliki beberapa referensi supaya nantinya bisa untuk membuat perbandingan harganya dan kemudahan dalam proses kreditnya.

#2 Tanyakan segala informasi terkait rumah tersebut

Ketika anda sudah menentukan pilihan mengenai rumah yang ingin anda beli, maka langkah selanjutnya adalah menanyakan semua hal tentang rumah tersebut.

Beberapa hal yang perlu anda tanyakan adalah harga rumah, uang mukanya, besaran angsuran tiap bulan dan lain sebagainya.

Satu hal lagi yang juga penting dipertanyakan adalah apakah rumah tersebut sudah dibangun atau baru akan dibangun ketika uang muka telah dibayarkan.

Memeriksa dengan seksama segala sesuatu mengenai rumah tersebut mulai dari denah rumah dan kebenaran lokasinya.

Jika rumah yang anda maksud baru akan dibangun setelah uang muka dibayarkan maka tanyakanlah juga berapa lama waktu pembangunannya beserta spesifikasi (material yang digunakan untuk  membangunnya).

Simak juga ulasan terkait mengenai cara mengajukan KPR di bank BCA serta cara menghitung suku bunga KPR menurut jenis bunga kreditnya.

#3 Membayar uang tanda jadi

Apabila semua hal yang anda tanyakan telah jelas maka langkah berikutnya adalah membuat tanda jadi sebagai kesepakatan bahwa rumah tersebut telah anda pesan.

Karena bila hal ini tidak segera anda bayar maka harga akan naik atau bahkan rumah bisa diambil oleh orang lain. Hal ini bisa saja terjadi, karena setiap developer mempunai aturan serta kebijakan yang berbeda beda.

#4 Bayar uang muka KPR

Kemudian adalah membayar uang mukanya. Atau bahkan ada yang membuat peraturan bahwa uang tanda jadi tersebut sudah termasuk uang muka pembelian rumah.

Jadi apapun aturan yang telah ditetapkan oleh developer maka sebaiknya anda mengikuti sesuai dengan kebijakannya.

#5 Ajukan KPR kepada pihak bank

Anggap semua proses diatas tadi sudah anda lakukan semuanya maka pada langkah akhir adalah dengan mendatangi pihak bank untuk mengajukan KPR sesuai dengan pilihan anda.

Pada tahap ini biasanya anda akan didampingi oleh pihak developer karena biasanya mereka telah menjalin kerjasama dengan pihak bank pemberi KPR.

Namun jika bank yang anda tunjuk bukan merupakan partner dari developer maka anda akan mengurusnya sendiri dan biasanya ini akan jauh lebih rumit prosesnya.

Beberapa syarat yang harus anda penuhi ketika mengajukan KPR kepada bank adalah sebagai berikut:

  1. Fotocopy rekening koran
  2. Surat keterangan bekerja
  3. Slig gaji anda selama 3 bulan terakhir
  4. Telah menjadi pegawai selama kurang lebih 2 tahun untuk bisa mengajukan KPR
  5. Fotocopy KTP suami istri
  6. Fotocopy Kartu Keluarga
  7. Fotocopy surat nikah
  8. Dokumen lain yang dibutuhkan

Agar dapat segera disetujui KPR yang anda ajukan, maka minimal akan membutuhkan waktu verifikasi kurang lebih 1 bulan sejak masuknya pengajuan kredit rumah.

Selama kurun waktu tersebut biasanya oleh bank digunakan untuk melakukan survey mengenai kondisi finansial anda.

Misalnya mengenai tempat dimana anda bekerja dan kemampuan keuangan anda lainnya.

Pada umumnya pihak bank akan memberikan jumlah angsuran sebesar 30% sampai dengan 40% dari perolehan gaji anda setiap bulannya.

Semua komponen dalam pengajuan KPR akan selalu mempengaruhi prosesnya , jadi sebelum anda melakukan kredit sebaiknya persiapkan dengan matang semua kebutuhannya terlebih dahulu.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *