Advertisement

Tempat Pinjam Dana Tunai Tanpa Jaminan: Syarat Wajib dan Resikonya

Pinjaman Dana Tunai Tanpa Jaminan

Ingin mendapatkan pinjaman uang tunai dengan cepat tanpa jaminan tentunya adalah sebuah berita menggembirakan ketika anda sedang menghadapi kondisi keuangan yang sulit dan berharap ingin segera mendapatkan suntikan dana segar.

Membahas tentang pinjam meminjam uang, dan ini untuk memenuhi kebutuhan pribadi, barangkali masih bisa dicoba dengan cara meminjam kepada sudara atau bahkan teman jika memang memungkinkan.

Sangat berbeda ketika anda ingin mengajukan pinjaman dana kepada lembaga keuangan resmi, maka sudah pasti akan diwajibkan untuk memenuhi beberapa persyaratan bahkan dengan menggunakan jaminan.

Tempat mendapatkan pinjaman uang tunai tanpa menggunakan jaminan

Ada dua cara paling populer yang bisa dilakukan untuk memperoleh dana segar tanpa memerlukan jaminan, namun pada umumnya dengan beberapa syarat serta resiko yang cukup ketat diantaranya adalah:

#1 Meminjam uang kepada rentenir

Apa boleh buat jika kondisi teramat mendesak sedangkan telah berusaha meminta pertolongan kepada orang terdekat namun juga tidak membuahkan hasil, maka mendatangi rentenir seringkali menjadi pilihan.

Seorang rentenir akan meminjamkan bantuan uang tunai tanpa jaminan namun tetap dengan syarat yang paling umum harus bisa dipenuhi seperti:

  • KTP yang masih berlaku
  • Kartu keluarga
  • Mengenal secara langsung
  • Tinggal dalam satu lingkup wilayah kecil
  • Belum pernah bermasalah

Beberapa syarat diatas memang terbilang cukup mudah untuk dipenuhi, akan tetapi jangan lupakan satu hal, bahwa ini adalah proses transaksi keuangan yang tidak resmi dan tidak memiliki kekuatan hukum perdata.

Dengan demikian berbagai kemungkinan atau resiko yang dihadapi peminjam maupun pemilik dana sebenarnya sama sama cukup besar.

Misalkan saja peminjam kabur meninggalkan wilayah, maka seorang rentenir akan kesulitan untuk menggugat, paling paling hanya dengan cara menyita barang milik peminjam jika memang masih memungkinkan.

Sedangkan hal tersulit yang harus ditanggung oleh peminjam adalah besarnya bunga yang dibebankan oleh rentenir biasanya sangat tidak masuk akal. Bahkan masih banyak yang menerapkan sistem bunga berbunga, sehingga jika pihak peminjam sering terlambat melakukan cicilan, maka nilai terhutang akan semakin besar dan mencekik.

Dengan demikian, jika ingin memperoleh pinjaman uang tunai tanpa jaminan, pertimbangkan secara matang sebelum anda membuat keputusan untuk mendatangi rentenir.

# Memperoleh dana tunai dengan KTA

KTA adalah kredit tanpa agunan yang biasanya dikeluarkan oleh pihak perbankkan dan ditujukan kepada nasabahnya dan salah satu contohnya adalah KTA Bank Mandiri.

Dana atau uang tunai dari KTA bebas ingin dipakai untuk memenuhi kebutuhan apa saja seperti usaha, pengobatan, membayar hutang, traveling, bahkan untuk kebutuhan pendidikan.

Untuk mengetahui tentang bagaimana prosedurnya, berapa dana maksimum yang bisa dipinjam serta perhitungan bunga yang harus ditanggung, simak selengkapnya pada artikel tetang syarat mengajukan KTA kredit tanpa agunan bank Mandiri.

#3 Pinjaman dana tunai melalui situs online

Ini adalah bentuk transaksi keuangan yang dalam beberapa tahun terakhir ini menjadi trending sejak kemajuan teknologi digital yang semakin pesat.

Banyak situs online yang membuat program keuangan terutama yaitu memberikan pinjaman uang tunai bebas tanpa jaminan.

Adapun syarat dan prosesnya sangat beragam antara masing masing situs penyedia layanan ini sesuai dengan kebijakan yang diterapkan, untuk itu anda harus jeli dan cermat melalukan analisa terlebih dahulu sebelum mentukan pilihan.

Ingin tahu lebih lanjut silakan dibaca ulasan mengenai situs online penyedia pinjaman dana tunai tanpa jaminan.

#4 Dana tunai dengan menggunakan kartu kredit

Yang satu ini memang lebih dulu populer dalam urusan uang tunai meskipun anda sedang dalam kondisi tidak memiliki tabungan atau simpanan.

Dengan memegang kartu kredit yang diterbitkan oleh pihak bank, anda bebas menarik dana tunai dari mesin ATM atau bebas berbelanja dengan catatan akan ada nilai tagihan yang harus siap anda bayar belakangan.

Memiliki kartu kredit memang menyenangkan, namun jangan sampai terlena sehingga menjadi boomerang yang dapat membawa anda pada kehancuran ekonomi pribadi, hanya masalah besarnya tagihan yang membuat anda kesulitan untuk membayarnya.

Berminat ingin memiliki kartu pintar ini, simak ulasan selengkapnya pada artikel tentang proses dan syarat mengajukan kartu kredit.

1 Comment

  1. Dewi mustika

    January 20, 2017 at 10:22 am

    Saya butuh pinjaman dana apakah saya bisa dibantu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *