Advertisement

Wawancara Kerja: Pertanyaan Apa Saja Yang Sering Muncul Dalam Interview?

pertanyaan yang sering kali muncul di dalam wawancara interview

Pertanyaan apa saja yang sering muncul saat proses interview atau wawancara kerja, sudah pasti semua orang yang ingin melamar pekerjaan selalu dibayangi dengan persoalan ini.

Ketika anda melamar kerja di sebuah perusahaan pastinya akan melalui beberapa tahap mulai dari seleksi administrasi, tes tulis, tes wawancara, tes kesehatan dan sampai pada penerimaan.

Untuk tes wawancara itu sendiri merupakan salah satu tahap ditentukannya anda akan diterima di perusahaan tersebut atau tidak. Untuk bisa diterima di suatu perusahaan tidak cukup hanya dengan mengajukan ijazah dan transkrip nilai saja.

Ketika anda mulai memasuki ruangan wawancara setiap gerak gerik anda dan penampilan busana anda akan sangat diperhatikan dan menjadi penilaian bagi mereka.

Mempersiapkan diri menghadapi proses interview (wawancara kerja)

Selain itu untuk mengantisipasi pertanyaan pertanyaan yang mungkin dan seringkali muncul di dalam wawancara maka anda perlu untuk membuat list pertanyaan apa saja yang mungkin akan dilontarkan kepada anda diantaranya.

Apa pengalaman kerja Sebelumnya?

Salah satu pertanyaan yang sering kali muncul di dalam wawancara adalah pertanyaan mengenai pengalaman kerja anda. Ketika anda sudah mulai ditanya, maka sebaiknya jawablah pertanyaan tersebut dengan sebenar benarnya dan usahakan jangan sampai anda gugup.

Ceritakanlah semua pengalaman kerja anda, hubungan dengan teman kerja serta keberhasilan apa saja yang sudah anda capai selama ini secara personal maupun kesuksesan bersama tim kerja.

Selain itu anda juga bisa menceritakan pengalaman dalam berorganisasi ketika masa kuliah.

Tunjukanlah sikap yang ramah dan sangat antusias dalam menjawab pertanyaan mereka supaya anda terlihat benar benar serius dengan tujuan.

Apa prestasi terbesar Anda?

Pertanyaan kedua yang sering kali muncul dalam wawancara adalah mengenai prestasi terbesar yang pernah anda capai. Metode apa yang pernah anda gunakan sebagai strategi dapat memenangkan bisnis dan persaingan.

Hal ini memang sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk mengetahui seberapa besarkah kemampuan anda. Berikanlah jawaban yang bisa meyakinkan pihak perusahaan sehingga anda bisa diterima di sana.

Ceritakanlah kepada mereka bahwa anda pernah memberikan kesuksesan besar bagi perusahaan tempat anda bekerja sebelumnya. Supaya mereka semakin yakin dengan kemampuan yang anda miliki.

Bagaimana gambaran tentang diri Anda?

Ketika ada pertanyaan mengenai gambaran diri anda maka ungkapkanlah dengan sebenar benarnya. Jangan ada informasi yang di buat buat karena nantinya anda sendiri yang akan kesulitan menjelaskannya.

Berikanlah informasi mengenai sisi positif diri anda. Seperti pekerja keras, teliti dan selalu ingin maju. Ketika anda menjawab dengan penuh keyakinan dan ketenangan ini juga merupakan salah satu nilai plus bagi anda, berarti anda memang benar benar mampu dan bisa jika ditempatkan di perusahaan ini.

Apa kelemahan Anda?

Nah untuk pertanyaan yang satu ini merupakan salah satu pertanyaan yang selalu ada dalam kegiatan wawancara. Pertanyaan ini nantinya akan dijadikan bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima anda atau tidak.

Katakanlah semua kelemahan anda supaya nantinya pihak perusahaan bisa menempatkan anda pada posisi yang sesuai.

Katakanlah bahwa anda merupakan orang yang memiliki banyak kekurangan. Jangan khawatir mengungkapkan hal ini dan jangan terlalu khawatir perusahaan akan langsung menolak anda.

Pastinya pihak perusahaan akan melakukan pertimbangan mengenai jawaban yang anda berikan atau membandingkan dengan pelamar lainnya.

Mengapa memilih posisi pekerjaan ini?

Pertanyaan ini juga merupakan pertanyaan yang pasti akan ditanyakan oleh pihak perusahaan.

Berikanlah jawaban yang bisa meyakinkan mereka untuk bisa menerima anda dan memberikan posisi yang sesuai.

Perlu anda ketahui bahwa pihak pihak yang melakukan wawancara biasanya merupakan orang yang sangat jeli dan detail terhadap seluruh personality para pelamar.

Sehingga untuk tahap ini anda perlu mempersiapkannya dengan maksimal supaya nantinya anda bisa lolos proses wawancara kerja.

Demikian tadi beberapa pertanyaan yang sering kali muncul di dalam wawancara. Usahakan untuk memberikan jawaban yang meyakinkan dan tampilah dengan maksimal. Hindari gerak gerik yang menunjukkan bahwa anda gugup karena sikap  ini akan mengindikasikan bahwa sejatinya anda sosok yang kurang siap.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *