Advertisement

Perbedaan Antara Software Akuntansi Dengan Software Keuangan

Perbedaan software akuntansi dan keuangan

Apakah anda sudah mengetahui tentang perbedaan software akuntansi dan keuangan yang mana tidak jarang istilah keduanya itu digunakan secara bergantian dalam konteks yang sama.

Namun  perlu anda ketahui bahwa kedua istilah tersebut sejatinya memiliki makna yang berbeda.

Mungkin fakta ini terbilang baru bagi mereka yang masih awam akan tetapi sesungguhnya bagi orang orang yang berkecimpung di bidang ekonomi kebenaran dari kedua istilah ini bukan lagi menjadi sesuatu hal yang baru.

Pada dasarnya istilah akuntansi itu memiliki arti sebuah metode pencatatan, penilaian dan pelaporan transaksi keuangan perusahaan, yang memiliki manfaat sebagai penyedia data, tolok ukur maju mundurnya suatu perusahaan, pelaporan keuangan, memberitahu posisi keuangan perusahaan dan pelaporan pelaporan lain yang dibutuhkan oleh perusahaan dan mereka yang memiliki hubungan dengan perusahaan.

Mengingat betapa pentingnya laporan keuangan untuk perusahaan maka sangatlah dibutuhkan orang orang yang memiliki expert di bidang tersebut.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kesalahan yang terjadi, karena bila ada satu kesalahan saja anda lakukan ketika melakukan pencatatan maka anda harus mengecek dan memperbaiki catatan tersebut dari awal hingga akhir dalam satu periode tersebut.

Selain faktor dari manusianya itu sendiri untuk memperoleh laporan keuangan yang cepat, tepat dan akurat saat ini telah tersedia pula aplikasi atau software akuntansi untuk memudahkan kinerja manusia. Dan software tersebut sekarang telah banyak digunakan di perusahaan perusahaan.

Hal hal mengenai fungsi dan keunggulan software akuntansi

Ketika menggunakan software akuntansi ini seorang akuntan hanya perlu meng input data yang dibutuhkan untuk selanjutnya software akan secara otomatis melakukan pengolahan informasi sehingga terbentuklah laporan keuangan yang terdiri dari:

  1. Laoran laba rugi
  2. Laporan perubahan modal
  3. Laporan arus kas
  4. Neraca saldo

Ke semua laporan keuangan tersebut pada akhirnya akan digunakan oleh perusahaan untuk menganalisis dan mengevaluasi kinerja suatu perusahaan serta dibutuhkan dalam pengambilan keputusan.

Simak juga ulasan bisnis mengenai strategi menaikkan harga jual yang tepat untuk konsumen serta artikel menarik lainnya tentang cara menentukan upah tenaga kerja.

Mengetahui yang termasuk dalam aktifitas keuangan

Untuk istilah keuangan sendiri itu diartikan sebagai suatu aktifitas untuk memperoleh, mengelola dan menghasilkan uang baik untuk kepentingan pribadi maupun perusahaan.

Selain itu keuangan juga digunakan untuk mengendalikan asset perusahaan serta investasi yang menitikberatkan pada pengambilan keputusan perusahaan. Beberapa kegiatan yang terkait dengan keuangan adalah sebagai berikut:

#1 Pengadaan modal bisnis dan usaha

Mencari modal untuk mendirikan suatu usaha. Modal bisa dicari dari dua cara yakni bisa dari modal anda sendiri atau dari pinjaman orang lain.

Disinilah tugas sebenarnya dari petugas keuangan yakni menganalisa dan memutuskan perusahaan untuk memperoleh dana dari mana.

Sebaiknya kegiatan mencari modal itu tidak hanya dilakukan ketika akan mendirikan usaha saja melainkan ketika usaha telah berjalan pun kegiatan mencari modal perlu anda lakukan.

#2 Manajemen keuangan

Kegiatan selanjuntnya adalah mengelola uang. Tahap ini dilakukan untuk mengalokasikan uang yang ada untuk operasional perusahaan.

Semua kegiatan yang dilakukan oleh setiap perusahaan pastinya bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Artinya modal yang telah didapatkan sebelumnya digunakan sepenuhnya untuk aktivitas operasional perusahaan demi mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Sejatinya kegiatan keuangan tersebut terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi atas kinerja perusahaan supaya tidak ada lagi kersalahan yang terjadi.

Setelah semua mengenai akuntansi dan keuangan telah dijelaskan di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa aplikasi atau software akuntansi dan keuangan itu sejatinya berbeda.

Khususnya dalam hal fungsinya yang satu sebagai pengambilan keputusan dan yang satunya lagi pengelolaan dana.

Selain itu ada tujuan lain dalam penggunaan software akuntansi yakni utnuk mengumpulkan dan meyakinkan informasi keuangan. Sedangkan tujuan dari penggunaan dari software keuangan adalah untuk menghimpun, mengelola, mengendalikan dan mengambil keputusan.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *