Bisnis Online Tetap Peluang Usaha Yang Menjanjikan Hingga Ke Masa Depan

Peluang Bisnis Online

Peluang bisnis online akan tetap menjadi usaha yang sangat menjanjikan penghasilan, bahkan untuk saat ini hingga waktu yang akan datang, mencari uang dari internet bukan hal yang baru dan tentunya tidak bisa dianggap remeh lagi akan profit dan keuntungannya.

Dengan perkembangan teknologi internet yang tidak akan pernah berhenti, maka tidak dapat dipungkiri lagi bahwa masyarakat dunia nantinya akan sangat tergantung penuh pada jaringan atau koneksi internet untuk melakukan berbagai macam hal maupun aktifitasnya.

Menyikapi kondisi seperti ini, tidak heran jika kemudian banyak sekali orang yang sudah mulai berpindah haluan dari jenis usaha offline menjadi bentuk bisnis online sebagi lahan mencari penghasilan di antaranya adalah:

  • Membuat Toko Online
  • Media Hiburan dan Informasi
  • Strategi Pemasaran atau Periklanan
  • Jasa atau Layanan Online

Selain dari 4 jenis bentuk bisnis online di atas, sebenarnya masih sangat luas dan beragam lagi macamnya peluang usaha yang bisa dilakukan dengan media internet. Maka dari itu, peluang bisnis online bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk pekerjaan era digital yang cukup menjanjikan hingga ke masa yang akan datang.

Memilih bisnis online yang paling sesuai dengan keahlian

Siapa yang tidak ingin bekerja dengan santai hanya menghadap layar monitor komputer atau laptop namun uang bisa terus mengalir ke tabungan?

Meskipun sekilas tampak mudah, menjalankan bisnis online tetap memerlukan strategi serta teknik yang tidak bisa diperoleh secara instan.

Sangat dibutuhkan ketekunan, pengalaman serta dedikasi yang tinggi guna dapat memahami jenis bisnis online apa yang paling tepat untuk dijalankan.

Pengertian paling sederhana adalah, aktifitas bisnis online merupakan metode atau cara yang dilakukan untuk bisa mendapatkan uang dari internet apapun itu jenis usahanya.

Berikut ini adalah uraian singkat mengenai beberapa bentuk bisnis online yang paling umum dan bisa dipelajari dengan mudah bahkan untuk pemula.

#1 Membangun website toko online (OLSHOP)

Hampir setiap hari bermunculan toko online baru di internet, karena pada dasarnya membuat website untuk kegiatan jual beli ini cukup mudah dengan adanya CMS (Content Management System) yang sudah siap pakai dan disediakan oleh developernya.

Jika ingin mencoba mengerjakan sendiri, kamu bisa belajar dengan menggunakan platform blogger, wordpress, joomla, facebook, ataupun prestashop sebagai wadah toko online nantinya.

Untuk yang ingin lebih simple, cukup dengan memesan kepada jasa pembuatan web, kemudian kamu tinggal mengisinya dengan produk atau konten yang ingin kamu pasarkan.

Dengan memiliki toko online, kita bebas menjual apapun yang ingin di pasarkan melalui internet. Dan beberapa aktifitas toko online yang paling umum diantaranya adalah :

  • Menjual produk sendiri
  • Menjual produk orang lain
  • Menawarkan jasa
  • Menjual produk digital

Apapun jenis produk yang akan di jual, pelayanan terbaik kepada konsumen tetap merupakan prioritas utama yang wajib dijaga.

“Transaksi antara penjual dan pembeli di toko online berdasarkan atas kepercayaan”

Maka segala sesuatunya harus dilakukan atau dikerjakan secara professional, karena sekali saja membuat konsumen kecewa, nama baik toko online kamu yang akan dipertaruhkan.

Mengingat dukungan sosmed yang saat ini mendominasi penyebaran informasi paling cepat, disisi lain juga sangat menguntungkan namun di lain hal juga sangat berbahaya jika kita memicu sesuatu yang berakibat mengecewakan orang lain.

#2 Media hiburan dan informasi digital

Popularitas media digital saat ini menduduki urutan ke 2 setelah media televisi sebagai pilihan masyarakat untuk mencari dan menemukan sumber informasi.

Radio dan media cetak sudah mulai tergusur secara perlahan, keduanya pun mulai diacuhkan oleh masyarakat karena hadirnya media informasi era digital yang begitu mudah didapat hanya dari sebuah gadget digenggaman.

Menyajikan informasi selayaknya memiliki sebuah stasiun TV pribadi sangat mudah dilakukan pada jaman internet sekarang ini.

Siapapun bisa belajar membuat website untuk berbagi berita dengan menggunakan platform CMS yang paling di sukai atau yang dikuasai.

Seorang blogger adalah istilah paling populer untuk menyebut mereka yang menekuni kegiatan online dengan membuat atau menyajikan beragam informasi seperti blog Centrausaha.COM ini.

Blog merupakan sumber informasi yang saat ini paling mendominasi di internet karena ditulis oleh orang yang memang menguasai bidangnya dan tahu bagaimana cara menyampaikannya . Namun juga tidak jarang masih ada beberapa blogger yang cuma melakukan copy paste demi mengisi situs yang dikelolanya.

Dari mana penghasilan seorang blogger?

Tadi sudah disinggung bahwa blog bisa di ibaratkan sebuah media yang menjadi rujukan untuk memperoleh informasi, maka jika banyak pembaca singgah di blog yang kita kelola, inilah aset berharga sebagai sumber penghasilan nantinya.

Mendapatkan uang dari blog yang paling umum adalah dengan pihak pengiklan (sponsor), dimana mereka akan membayar atas iklan yang ditayangkan sesuai kontrak yang disepakati.

Itu hanya salah satunya, masih ada banyak lagi sumber pendapatan yang bisa dihasilkan dari blog seperti program adsense, affiliate marketing, review, atau bahkan kontes, dengan catatan bahwa blog tersebut sudah memiliki kunjungan yang banyak setiap harinya.

Jadi tugas paling berat seorang bloger terletak pada bagaimana ia dapat membawa pembaca sebanyak mungkin untuk bisa singgah di blog tersebut.

#3 Membuat website layanan jasa

Ketika jaman dulu semua bentuk service (layanan) jasa harus dipesan dengan cara langsung antara klien dengan penyedia, maka di saat era digital ini semua telah berubah.

Dukungan internet yang cukup mudah di akses menjadikan para pebisnis layanan jasa beralih ke metode online.

Berbagai bentuk produk yang ditawarkan bisa di order dan dilayani sampai akhir proses transaksi dengan system online.

Contoh layanan jasa yang banyak di lakukan secara online adalah:

  • Jasa desain grafis
  • Konsultan sipil
  • Reservasi Hotel
  • Paket pariwisata
  • Ticket dan masih banyak lagi

Untuk menjalankan jalur bisnis online yang satu ini tetap menggunakan website maupun blog sebagai wadah atau sarana mengelola usahanya.

Apakah memiliki website dan blog itu penting dan memberikan keuntungan?

Kembali pada tingkat kebutuhan saja, jika bentuk usaha yang kita jalankan bisa didukung dengan keberadaan sebuah web, maka tentunya akan memberikan dampak yang baik pula bagi bisnis tersebut.

Sedangkan jika diperhitungkan secara real, melakukan promosi atau metode pemasaran melalui sebuah web dan blog akan jauh lebih murah dibandingkan dengan metode offline.

Selain itu, web juga bisa menjadi asset berharga untuk jangka panjang yang tidak akan pernah habis masa tayangnya. Selama kita terus memperpanjang kontrak domain yang notabene cukup murah hanya berkisar antara 100 ribu sampai 150 ribu per tahunnya.

Berbeda dengan metode beriklan di TV, Radio maupun Reklame, selain dengan durasi yang terbatas dan harga yang mahal, media tersebut juga tidak bisa menjamin akan memperoleh sasaran atau target konsumen secara spesifik.

Dibandingkan dengan web dan blog yang mana konsumen akan dibawa menuju ke sumber informasi yang memang dibutuhkannya secara tertarget, ini hanya akan terjadi karena berdasarkan kata kunci yang konsumen cari melalui google atau search engine lainnya.

Selain itu, website juga dapat menjadi sebuah brand yang akan menggambarkan bentuk usaha kita.

Apakah harus mengikuti pelatihan atau kursus membuat website?

Untuk menjawab hal ini juga kembali pada personal masing masing ingin secepat apa ia menguasai tentang dunia online dan berbagai ragam pendukungnya.

Jika dinilai sulit, kenyataannya sudah banyak orang yang sukses dengan web serta blog tanpa melakukan kursus maupun pelatihan khusus.

Tidak sedikit dari mereka yang sudah berhasil meraih penghasiln melimpah melalui bisnis online hanya bermula dan belajar secara otodidak dengan cara menyerap informasi yang tersedia di internet, dan hal ini tidak akan pernah ada habisnya dari pusat sumber informasi seperti google, yahoo, bing maupun sosial media.

Namun untuk bisa tampil dengan strategy yang lebih professional, mendapatkan bimbingan dari mentor yang sudah berpengalaman akan cenderung menghasilkan langkah kerja yang lebih baik dan efisien dalam memulai belajar bisnis online sebagai karir hingga ke masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *